5 Nilai Hidup dalam Film Batman V Superman yang Begitu Berarti dalam Hidupmu

Photo credit: huffingtonpost.com

5 Nilai Hidup dalam Film Batman V Superman yang Begitu Berarti dalam Hidupmu

2.2K
"Ada kebaikan dan ada juga kejahatan. Dan keduanya justru membuat hidup jadi lebih berwarna."

Satu film yang dinantikan tahun 2016 ini adalah Batman V Superman: Dawn of Justice, yang diangkat dari komik keluaran DC Comics. Sudah cukup lama berita tentang film ini beredar, termasuk juga "cemoohan" atas Ben Affleck yang memerankan Batman.

Tidak sedikit yang mempertanyakan keputusan pihak produser yang memilih Ben Affleck dibandingkan dengan Christian Bale. Tapi, mereka terus berjalan dalam produksi film ini dan Ben Affleck sendiri juga diperingatkan tentang hal ini sejak menandatangani kontrak.

Akhirnya, setelah menunda penayangannya dari akhir tahun 2015 kemarin, bulan ini kita bisa menikmati hasilnya. Apakah yang diberitakan memang benar? Well, untuk satu itu harus coba tonton dan menilainya sendiri. Tulisan kali ini akan lebih mengangkat beberapa nilai dari film Batman V Superman: Dawn of Justice ini yang bisa berarti bagi hidupmu.

Baca juga: 7 Film Indonesia yang Dinantikan di Tahun 2016


1. Akan Selalu Ada Pihak Yang Tidak Suka Pada Kita

Photo credit: theweek.co.id

Sebut saja dalam pengantar di atas, bagaimana banyaknya penggemar yang mempertanyakan Ben Affleck sebagai Batman atau Bruce Wayne. Yang menarik dari hal ini adalah bagaimana seorang Ben Affleck menggunakan pertanyaan-pertanyaan itu dalam membuktikan sebaliknya. Latihan demi latihan dilakukannya dengan diet ketat agar sosoknya cocok dalam memerankan Batman - si Manusia Otot. Dan hasilnya terlihat dalam film. Bagaimana seorang Ben Affleck berhasil membentuk tubuhnya dan menjadi millioner usia 40 tahunan yang juga pahlawan super pembasmi kejahatan.

Mungkin masih akan tetap ada yang tidak menyukainya sebagai Batman, tapi satu yang perlu kita tiru adalah usahanya merubah dirinya dan membentuknya menjadi sosok itu. Bukan hal yang mudah dan sering pula kita mengalaminya dalam hidup ini.

"Jangan pernah menyerah pada apa yang dikatakan orang lain kepada kita."

Karena apapun yang dikatakan orang terhadap kita, yang terpenting adalah bagaimana kita bereaksi pada ucapan itu.


Baca juga: 15 Daftar Film yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2016


2. Selalu Ada 2 (Dua) Sisi Mata Uang dalam Kondisi Apapun

Photo credit: screenrant.com

Dalam film Batman V Superman, kita diajak melihat satu sudut pandang baru dari sosok sang Superhero - Superman. Di awal film kita diajak melihat pertarungan Superman melawan Jenderal Zod dalam Man of Steel melalui mata seorang Bruce Wayne.

Bruce Wayne alias Batman melihat dari sisi lain. Di mana gedung miliknya menjadi salah satu gedung yang rusak akibat pertarungan. Anak buahnya ada yang meninggal dan ada juga yang kehilangan kedua kakinya. Inilah sudut pandang baru. Sejak itulah, Batman merasa Superman bukanlah pahlawan. Melainkan seseorang yang perlu diawasi karena kemampuannya. Di saat Superman dipuja-puja sedemikian rupa oleh banyak orang, terutama di kota Metropolis, sebagai pahlawan hingga dibuatkan patung besar.

Di sini kita bisa melihat bahwa suatu kejadian apapun, baik besar maupun kecil, akan selalu memiliki (setidaknya) dua sudut pandang. Dalam hidup kita pun demikian, selalu ada Yin dan Yang dalam hidup ini.

"Ada kebaikan dan ada juga kejahatan. Dan keduanya justru membuat hidup jadi lebih berwarna."

Baca juga: Berikut Alasan Akhirnya Leonardo DiCaprio Berhasil Membawa Pulang Piala Oscar 2016


3. Ada yang Lebih Besar dari yang Terlihat

Photo credit: screenrant.com

Dalam cerita film ini, ada banyak kebencian antara Batman dan Superman. Kita diajak mengenalinya sejak awal. Hingga pada pertengahan? Semua terjawab dengan peran seseorang yang licik. Semua yang terjadi sudah diatur sedemikian rupa oleh orang ini hingga akhirnya keduanya harus bertarung.

Seperti itu juga dalam hidup. Kita seringkali terlalu fokus pada apa yang ada di hadapan kita hingga tidak dapat memperhatikan adanya skenario yang lebih besar di balik semua yang sedang atau sudah terjadi.

"Get the bigger picture. Apapun yang terjadi dalam hidup kita, cobalah mundur sebentar dan melihat segalanya dari sudut pandang yang lebih luas. Mungkin kita terlewat pada hal yang seharusnya kita syukuri dari keadaan tersebut."

Baca juga: 7 Pelajaran Hidup Yang Menginspirasi Dari Film The Martian Yang Bisa Kamu Terapkan Dalam Hidupmu


4. Kita Tidak Sendiri!

Photo credit: techinsider.io

Dalam film yang memang direncanakan sebagai pembuka untuk DC Universe - Justice League, kita dikenalkan pada satu sosok baru yaitu Wonder Woman. Selama ini, terutama penggemar Superman, pasti sering merasakan bahwa Clark Kent selalu merasa sendiri di bumi. Tapi ternyata, dia tidak sendiri. Ada Wonder Woman yang juga memiliki kekuatan super. Ada juga Batman, yang walaupun tidak memiliki kekuatan super, sama seperti dirinya ingin membuat dunia yang lebih aman.

Selain itu, kita dikenalkan sekilas juga pada jagoan-jagoan super lainnya di dalam film ini. Sebut saja The Flash, yang memiliki kekuatan kecepatan seperti listrik. Aquaman, seorang pria yang mampu hidup di dalam air tanpa bantuan alat. Dan juga Cyborg yang merupakan robot yang dihidupkan dengan teknologi. Mereka berjuang bersama dalam menjaga dunia ini. Mungkin diri kita sekarang merasa sendiri dan tidak ada siapa-siapa lagi di sisi kita. Tapi kenyataannya, kita tak pernah sendiri.

"Akan selalu ada mereka yang siap membantumu."

Baca juga: 5 Film yang Bisa Mengingatkan Kita Akan Kasih Sayang Seorang Ayah. Karena Ayah Juga Sama Hebatnya Seperti Ibu Kita


5. Pada Akhirnya Cinta pada Ibu adalah Segalanya


Sejak dulu, kita sudah dikenalkan pada sosok Clark Kent alias Superman yang sangat menyayangi ibunya. Setiap ada yang berusaha menyakitinya, seperti yang dilakukan Jenderal Zod pada Man of Steel, Superman akan selalu menolongnya. Martha, adalah sosok yang akan selalu menjadi tokoh utama dalam hidup Superman. Di dalam film Batman V Superman ini, kita akhirnya juga dikenalkan bagaimana cinta Bruce Wayme terhadap sang ibu pun ternyata ada dan sangat besar.

Pada akhirnya, cinta kedua Ibu bernama sama itu menjadi penolong dalam hidup kedua superhero ini. Sosok seorang Ibu memang tak akan pernah ada yang bisa mengalahkan. Cinta seorang Ibu akan selalu ada dalam hati setiap anak.

"Kasih Ibu sepanjang hidup tak akan lekang oleh waktu."

Bahkan seorang superhero pun akan tunduk pada sosok seorang Ibu. Apakah kita mau meremehkan sosok Ibu kita sendiri? Katakan betapa sayangnya kita padanya. Itu pasti akam menjadi hadiah terindah baginya.

Baca juga: 7 Kisah Kasih Sayang di Film Harry Potter yang Bisa Jadi Inspirasi Hidupmu


Itulah 5 nilai yang bisa kamu dapatkan dari Batman V Superman. Semoga menginspirasimu.


Baca juga: 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Pelajari dari Spongebob




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Nilai Hidup dalam Film Batman V Superman yang Begitu Berarti dalam Hidupmu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Febriyan Lukito | @febriyanlukito

Blogger Indonesia, content writer and life learning blogs: febriyanlukito.com - tulisanbloggerindonesia.com - tempatnongkrongseru.com - pikiranrandom.com

Silahkan login untuk memberi komentar