Selamat Hari Blogger Nasional. Berikut Ini Resep Menjadi Blogger Sukses ala 5 Blogger Internasional

Selamat Hari Blogger Nasional. Berikut Ini Resep Menjadi Blogger Sukses ala 5 Blogger Internasional

9.3K
Sesuaikan saja dengan karakter dan gayamu dalam ngeblog! Ambil yang cocok dan bermanfaat buatmu, tinggalkan yang kurang oke.

Mau menjadi blogger yang sukses? Tapi, kok rasa-rasanya ngeblog sejauh ini kok ya gitu-gitu saja ya hasilnya? Visitor tak pernah bertambah, kolom komentar sepi, tak pernah kebagian job review, pun tak pernah menang lomba.

Apa yang salah ya? Kurangkah kemampuan blogging kita?

Mungkin saja. Sebenarnya juga bukan kurang mampu ya, tapi kurang maksimal saja.

Kalau mau upgrade kemampuan blogging, salah satu caranya adalah dengan ‘mencuri’ ilmu dari blogger yang sudah lebih dulu terjun ke dunia blogging (istilahnya lebih senior), yang lebih banyak pengalaman, dan yang punya ‘area jangkauan’ lebih luas, misalnya seperti para blogger internasional.

Kok mesti yang internasional? Memang kurang blogger dalam negeri yang bisa dijadikan guru? Banyak malah! Tapi, sekali waktu bagus juga lho, melihat apa saja yang blogger internasional lakukan dalam aktivitas bloggingnya. Lain ladang lain belalang, bukan? Barangkali ada satu dua atau banyak hal yang bisa kita tiru dan adopsi lalu dimodifikasi dan diterapkan saat kita blogging.

Nah, kali ini coba lihat yuk, resep-resep kesuksesan para blogger internasional.


1. Jon Morrow: Konsistensi Konten dan Konsistensi Posting!

Photo credit: getbusymedia.com

Jon Morrow adalah pemilik blog SmartBlogger (smartblogger.com), yang kontennya berisi semua tools dan berbagai tips blogging keren yang memungkinkanmu menjadi blogger yang sukses. Jon sendiri mampu menghasilkan $100,000 per bulan hanya dari blog SmartBlogger ini saja, yang pasti semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu professional blogger terkaya saat ini.

Apa sih rahasia sukses Jon dalam menulis blog? John menyebutkan, bahwa hanya dua saja hal yang menjadi prinsipnya ngeblog selama ini, yaitu konsisten konten dan konsisten posting.

Jon tidak pernah publish artikel lebih dari sekali seminggu. Itu pun dia lakukan HANYA di hari Kamis. Jon tidak pernah publish artikel setiap hari, atau minggu ini di hari Selasa, minggu depan di hari Jumat (dengan alasan Selasa sibuk) dan seterusnya. Selalu ada artikel baru di blog Jon pada hari Kamis, bukan di hari yang lain.

Tak hanya waktu ngeblognya, Jon juga konsisten dengan konten, bahkan dengan gaya menulisnya. Kalau dicermati, Jon selalu membuka tulisannya (bahkan tulisan para guest blogger yang dieditnya) dengan pertanyaan. Hampir tidak pernah tidak.

So, kesimpulannya apa nih?

Bahwa kita harus konsisten. Saat Jon konsisten posting di setiap Kamis, maka pada setiap Kamis pula orang-orang akan menantikan artikel baru di blognya. Saat Jon konsisten menulis mengenai niche yang telah dipilihnya, maka orang akan percaya bahwa dia memang expert di bidangnya.

The more familiar and consistent it is, the more likely they are to return. Begitu kata Jon Morrow.


2. Chiara Ferragni: Ngeblog Teratur dan Fokus!

Photo credit: theblondesalad.com

Chiara Ferragni, si pemilik blog The Blond Salad, adalah seorang fashion blogger sekaligus pemilik butik online dengan nama brand “Chiara Ferragni”. Dia adalah model untuk produk Guess dan seperti yang sudah bisa ditebak, blognya ‘hidup’ juga karena Guess. Namun, hal ini sama sekali tak mengurangi kualitas dari tulisannya meski selalu bersponsor.

Setidaknya fakta bahwa setiap artikelnya selalu punya jumlah share 2.000 lebih, tentu sudah bisa bukti betapa artikelnya memang disukai dan dicari oleh banyak orang.

Chiara punya strategi ngeblog yang berbeda dengan Jon Morrow di atas. Menurut Chiara, semakin sering kita ngeblog, maka kita akan dapat membentuk lingkaran pembaca yang loyal dengan lebih cepat. Apalagi kalau kita menyajikan konten yang fokus pada satu niche.

Selain itu, Chiara juga menyarankan kita untuk fokus saja ke satu platform media sosial saat kita mempromosikan konten blog kita. Chiara menggunakan Facebook, yang dianggapnya mampu menarik traffic paling besar untuk lingkaran pembacanya dibandingkan media sosial yang lain, seperti Twitter, Google+ maupun Pinterest. Tentu saja, dia bisa menemukan fakta ini setelah melalui riset dan pengamatan yang cukup lama. Dia membandingkan semua media sosial yang ada, termasuk pada jam-jam berapa paling efektif untuk share konten.

So, kalau memang memungkinkan, ngebloglah sesering mungkin. Chiara juga tak mengharuskan kita menulis artikel yang terlalu panjang, yang penting harus memberikan value (nilai tambah) dan benefits (manfaat) untuk pembaca setia blog.

One step at a time. Fokus ke satu media sosial dulu, agar bisa lebih fokus juga dalam branding diri sendiri. Setelah dirasa lingkaran pembaca kita kuat di satu media sosial tersebut, baru merambah ke media sosial lain.


3. Matthew Woodward: Kenali Pembacamu dan Keep in Touch!

Photo credit: vimeo.com

Blogpost yang ditulis Matt mungkin tidak seviral Chiara, kisarannya hanya sekitar 600 – 1.000 share saja pada setiap artikelnya. Namun, Matt punya lingkaran pembaca yang sangat loyal dan kuat.

Apa yang membuat Matt menjadi seorang blogger yang sedemikian dicintai oleh pembacanya?

Jawabannya adalah engagement yang selalu Matt lakukan pada setiap komen yang datang di blognya, www.matthewwoodward.co.uk. Matt ‘berbicara’ pada pembaca blognya sebagai teman. Matt menjawab setiap komen yang masuk dengan sangat ramah.

Matt sering sekali melakukan survey dan polling, menanyai para pembacanya apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka ingin dia tulis di blognya. Dan saat menulis, Matt benar-benar melakukannya dengan serius, dia akan menulis konten yang panjang, mendalam dan insightful. Dia memastikan artikelnya akan bermanfaat bagi pembacanya. Tak heran, komen yang mampir di setiap blogpostnya selalu dikomentari oleh lebih dari 60 orang.

Matt juga sangat rajin melakukan guest blogging. Dia menulis guest post di Yahoo Finance, Enterpreneur, Inc., Problogger, Search Engine Journal, dan banyak lagi website besar keren lainnya. Dari situlah, blog Matt mendapatkan backlink yang sangat berkualitas yang kemudian bisa mendongkrak performa blognya.

Kesimpulannya, mau seberapa ahlinya kita menulis, tetap saja pembaca adalah kuncinya. Jadilah penulis blog yang tidak egois, yang memerhatikan pembaca blog kita, apa yang mereka butuhkan, research for them, dan kemudian menyediakan jawaban bagi permasalahan mereka.


4. Benny Lewis: Personalized User Experience

Photo credit: fluentin3months.com

Kalau Matthew Woodward mampu melakukan engagement pembaca blognya dengan berinteraksi lewat komentar, Benny Lewis mampu membangun komunitas pembaca blog loyal melalui newsletter atau email marketing.

Benny Lewis adalah pemilik blog Fluent in 3 Months (www.fluentin3months.com), blog ini khusus membahas pembelajaran bahasa-bahasa asing. Benny sendiri menguasai 11 bahasa, lho!

Dalam pengelolaan blog, Benny mengharamkan aktivitas spamming dalam engaging pembaca blog (yang juga merupakan calon customernya). Benny akan menanyai calon customer tentang apa yang mereka butuhkan, bahasa apa yang ingin mereka pelajari, dan hal-hal yang berkaitan secara personal. Kemudian, dia akan mempersiapkan materi berdasarkan data yang dia dapatkan pada saat ‘interview’ pertama tersebut.

Tak heran, abusing dan spamming report dalam laporan performa Mailchimp (salah satu penyedia layanan newsletter) yang digunakan oleh Benny sangat rendah. Jarang sekali ada orang yang menolak atau unsubscribe dari newsletter yang dia kirimkan (yang berisi berbagai materi berbayar).

Kalau mau mengadopsi resep sukses Benny, just be personalized! No spamming! Perlakukan setiap pembaca blog secara unik, karena masing-masing punya karakter dan kebutuhan sendiri-sendiri. Kita yang harus menyesuaikan diri dengan mereka dan bukan “ini blog gue, lo dateng ke sini ya harus nurut sama gue.”

Benny juga menekankan, bahwa navigasi blog juga merupakan hal yang sangat penting agar pembaca tak sampai bingung dan navigasi ternyata juga menjadi faktor penting dalam menurunkan bounce rate kunjungan blog.


5. Gretchen Rubin: Tulis Konten yang Unik dan Original

Photo credit: msblueprint.com

Gretchen sehari-hari menulis di personal blognya di gretchenrubin.com. Gretchen tak hanya seorang blogger. Dia juga seorang penulis buku. Salah satu bukunya berjudul The Happiness Project.

Banyak blog membahas topik mengenai personal development dalam kontennya, namun tak ada yang sesukses Gretchen. Selain artikelnya yang published setiap hari, Gretchen juga mempergunakan dirinya sendiri sebagai objek studi kasus untuk setiap topik yang dibahasnya.

Gretchen juga punya sense yang kuat dalam menentukan headline dan judul blogpostnya. Misalnya, alih-alih mempergunakan judul “5 Ways To Be Happier Today”, Gretchen akan menulis judul “Agree, Disagree? Forming New Habits Can Actually Be Fun.” Kemudian, dia akan menulis artikel berdasarkan pengalamannya sendiri dan menjadikan dirinya sendiri sebagai objek studi kasusnya.

Real stories of real life people.

Hal tersebut menjadikan artikelnya unik dan tidak dapat ditemukan di blog lainnya.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat blog kita dibaca oleh banyak orang, kalau mau mengadopsi resep sukses Gretchen di atas, adalah dengan mengamati teman-teman blogger yang lain. Pelajari apa yang mereka lakukan dengan blog mereka, baca tulisan mereka. Kemudian, masaklah menjadi menu baru yang lebih enak. Beri pembaca blog kita informasi yang lebih banyak dan lebih bagus, yang tak akan mereka dapatkan di tempat lain.

BACA JUGA


Kamu Tak Harus Berlatarbelakang Fashion untuk Jadi Fashion Blogger! 7 Fashion Blogger Ini Membuktikannya!

Kamu Tak Harus Berlatarbelakang Fashion untuk Jadi Fashion Blogger! 7 Fashion Blogger Ini Membuktikannya!

Fashion dan style itu masalah kemauan, ketekunan, dan kreativitas, sehingga tidak harus kamu pelajari di kelas. Kamu bisa menjadi fashion ...

Read more..

Nah, jadi gimana? Siap untuk menjadi seorang blogger sukses sekarang setelah mengetahui resep-resep sukses 5 blogger internasional top di atas? Tak masalah resep yang mana yang kamu ambil. Yang penting, sesuaikan saja dengan karakter dan gayamu dalam ngeblog! Ambil yang cocok dan bermanfaat buatmu, tinggalkan yang kurang oke.


Happy blogging, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Hari Blogger Nasional. Berikut Ini Resep Menjadi Blogger Sukses ala 5 Blogger Internasional". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Carolina Ratri | @carolinaratri

An INFJ-T sarcastic sagittarian Managing Editor of Rocking Mama. Deeply passionate about writings, graphic designs, hand-drawings, and hand-letterings. Read her journal at www.CarolinaRatri.com

Silahkan login untuk memberi komentar