6 Makanan Mengandung Serat Tinggi Ini Dapat Kamu Konsumsi Ketika Sarapan. Bye Bye, Sembelit!

constipation

6 Makanan Mengandung Serat Tinggi Ini Dapat Kamu Konsumsi Ketika Sarapan. Bye Bye, Sembelit!

738
Nah, kebetulan banget kali ini Trivia akan kasih tips ke kamu supaya terhindar dari sembelit lagi dan hal ini dapat dilakukan ketika sarapan.

Aktivitas yang sangat padat kadang membuat kita nggak makan secara teratur. Biasanya makanan yang sering kita jumpai di sekitar kita adalah makanan yang berminyak dan mengandung banyak lemak. Nah, pola makan yang tidak teratur memang seringkali menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah sembelit. Gejala ini ditandai dengan buang air besar yang tidak lancar dan sesak di perut. Itu tandanya bahwa kamu kurang makan makanan yang mengandung serat. Nah, kebetulan banget kali ini Trivia akan kasih tips ke kamu supaya terhindar dari sembelit lagi dan hal ini dapat dilakukan ketika sarapan.


1. Roti tawar adalah sumber serat yang bagus lho

Resep Masakan Indonesia

Mulai sekarang kurangi roti panggang atau roti bakar ya karena makanan tersebut mengandung karbohidrat yang berlebihan sehingga memperlambat proses penggiingan makanan. Solusinya ganti dengan roti tawar tanpa olahan apapun. Apabila kamu ingin lebih berasa, tambahkan selai buah favoritmu.


2. Oats selain rasanya gurih dan lezat juga sangat kaya akan serat

StyleCraze

Oats adalah salah satu olahan gandum utuh yang kaya akan serat. Oleh karena itu, apabila kamu sedang buru-buru ketika sarapan, banyak kok oats yang dijual sachets. Tinggal seduh deh!


3. Sereal juga disarankan buat menyuplai kandungan serat dalam tubuh


Cocok buat kamu yang ingin sarapan dengan rasa yang lezat dan juga mengenyangkan nih. Sangat disarankan juga untuk menambahkan susu agar lebih mengenyangkan dan suplai kalsium tetap terjaga.


4. Jagung selain mengenyangkan juga sangat disarankan untuk sarapan

Reference.com

Jagung adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks sehingga kita merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jagung mengandung banyak serat sehingga pencernaan kita juga lancar. Tapi, hati-hati lho cek gigimu apabila akan berangkat beraktivitas ya kerena serabut jagung tersebut rawan tersangkut disela-sela gigi yang bisa mengganggu penampilan dan kenyamananmu.


5. Kamu harus makan sayur

webMD

Susah sih kalau kamu tipe orang yang nggak doyan sayur karena selain mempunyai segudang nutrisi, sayur juga salah satu sumber serat yang dapat membuat pencernaan kita makin baik. Sekarang banyak kok produk-produk berbentuk kapsul dari berbagai jenis sayur atau jus sayuran.


6. Buah-buahan jangan lupa ya

stuff

Selain enak dan menyegarkan, mitos buah yang tidak boleh dikonsumsi sebelum makan adalah tidak benar. Justru mengonsumsi buah saat perut kosong sangat disarankan karena proses penyerapan nutrisinya lebih cepat. Tapi, jangan kelewat asam ya buah-buahan yang kamu konsumsi.

BACA JUGA


Makanan Ini Akan Membuat Tubuhmu Tetap Bugar Saat Pancaroba. Asupan Sederhana yang Manfaatnya Besar Banget!

Makanan Ini Akan Membuat Tubuhmu Tetap Bugar Saat Pancaroba. Asupan Sederhana yang Manfaatnya Besar Banget!

Musim pancaroba telah tiba. Cuaca yang tidak menentu membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk mengantisipasinya, 5 ...

Read more..

Itulah beberapa makanan yang dapat kamu jadikan referensi untuk dikonsumsi untuk mencegah sembelit ya, Sahabat Trivia. Terapkan pola hidup sehat agar kita lebih aktif dan produktif dalam beraktivitas.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Makanan Mengandung Serat Tinggi Ini Dapat Kamu Konsumsi Ketika Sarapan. Bye Bye, Sembelit!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week