7 Alasan Para Traveler Traveling Ke Luar Negeri

7 Alasan Para Traveler Traveling Ke Luar Negeri

3.6K
7 Alasan Para Traveler Traveling Ke Luar Negeri

Banyak orang bermimpi bisa bepergian keliling dunia, melihat berbagai sudut dunia yang lain, dan merasakan pengalaman hidup yang berbeda. Banyak orang memiliki kesempatan yang mudah untuk bepergian ke luar negeri. Ada juga yang harus berusaha mencari beasiswa atau berburu tiket promo dari berbagai perusahaan maskapai penerbangan yang saat ini sangat banyak ditawarkan. Pergi ke luar negeri pun kini menjadi kegiatan yang lebih mudah dilakukan. Apalagi untuk ke negara-negara bebas Visa. Tetapi, masih banyak juga orang yang menganggap bepergian ke luar negeri itu sulit, menakutkan, membutuhkan banyak uang, dan kemudian menjadikannya hanya sebatas angan-angan.


Berikut ini ada beberapa kisah, pengalaman, alasan para traveler traveling ke luar negeri. Setelah membaca ini, yakinlah bahwa kamu harus melakukan traveling ke luar negeri. Paling tidak sekali seumur hidupmu.


1. Keluar dari Zona Nyamanmu



Photo credit: whiteboardjournal.com


Trinity, salah satu traveler beken Indonesia ini juga rela untuk meninggalkan pekerjaan kantorannya, keluar dari zona nyamannya, dan rajin keliling dunia. Dari banyaknya perjalanan yang dia lakukan, pastinya dia menjadikan dirinya lebih mandiri, cakap, belajar untuk bertumbuh dan menyikapi ketidaknyamanan dalam hidupnya.


Traveling ke luar negeri pastilah menghadapkan kamu kepada banyak sesuatu yang baru dan di luar zona nyamanmu. Tapi, percayalah bahwa hal itu akan mengajarkan kamu banyak hal baru tentang kehidupan. Seperti misalnya, belajar bagaimana bersikap kepada orang dengan berbagai macam perbedaan, belajar nilai hidup dari bangsa lain, dan belajar beradaptasi dengan lingkungan baru.



2. Traveling Bisa Membangun Kepercayaan Dirimu



Photo credit: foter.com


Traveling ke luar negeri membuatmu menemui lingkungan yang baru. Ketika kamu pernah berpengalaman dalam beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu akan menjadi lebih percaya diri ketika menghadapi hal-hal baru dan menantang dalam hidupmu.


3. Mengembangkan Sensibilitas Budaya



Photo credit: thejakartapost.com


Riyani Djangkaru lakukan ketika sedang melakukan perjalanan yang sering bepergian ke berbagai tempat seperti hutan-hutan di Sumatera, Kalimantan, hingga Papua ini, mengharuskan dirinya untuk memperhatikan kultur dan budaya destinasi setempat. “Jangan sampai salah mengenakan baju, nanti bisa saja dijutekin sama orang setempat.” Baginya, traveling adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk mengalami dan memahami perbedaan. Dari memahami perbedaan, kita akan jadi orang yang lebih memahami satu sama lain pula.


Traveling pastilah membuatmu bertemu dengan banyak orang dengan budaya berbeda dan belajar budaya baru. Makin banyak kamu bertemu dengan orang-orang dengan budaya yang berbeda, kamu akan belajar banyak tentang nilai budaya lain, belajar dari berbagai macam perspektif budaya, dan kamu akan berkembang menjadi orang yang peka dan menghargai perbedaan manusia.


4. Beradaptasi dengan Era Globalisasi



Di Era Globalisasi, orang dengan mudahnya berhubungan dengan yang lain dengan menggunakan teknologi digital, seperti misalnya sosial media. Interaksi dan hubungan untuk melakukan aktifitas (bekerja dan belajar) pun akan meluas antar negara. Bepergian untuk kerja dari satu negara ke negara lain pun menjadi hal yang biasa. Ketika kamu sudah pernah memiliki pengalaman bepergian ke negara lain dan berhubungan dengan orang yang berbeda bangsa, budaya, bahasa, kamu pun akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan Era Globalisasi.


5. Belajar Bahasa Asing



Photo credit: yukpiknik.com


Menurut Dina Rosita, seorang traveler yang kini hidup nomaden sejak tahun 2009 bersama suaminya untuk berkeliling dunia, traveling tak hanya mengenalkannya pada beragam budaya, dan negara, tetapi juga keanekaragaman bahasa di berbagai negara.


Sudah jelas kamu akan mengasah kemampuan bahasa asingmu ketika traveling karena kamu langsung mempraktikanya dalam kehidupan sehari-hari selama traveling. Kamu juga akan belajar bahasa baru dan menemukan ketertarikan lebih serta terpacu untuk belajar bahasa baru. Apalagi setelah kamu traveling ke Eropa. Di Eropa, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang mampu berbicara 2 atau lebih dari 2 bahasa dengan baik.


6. Kesempatan untuk Mengembangkan Jaringan Pertemanan



Photo credit: kaskus.co.id


Nadine Chandrawidata sering mendapatkan informasi tentang tempat menarik yang harus didatangi dari jaringan pertemanan yang dia miliki antar sesama traveler yang dia sudah kenal atau bertemu di suatu perjalanan atau hasil berbincang dengan warga lokal.


Dengan traveling, kamu punya kesempatan untuk berteman dengan banyak orang baru. Ajaklah orang lain berkenalan selama traveling. Kamu bisa berkenalan dengan sesama traveler atau mengajak mengobrol warga lokal. Mereka bisa jadi teman travelingmu berikutnya ataupun menjadi orang yang bisa kamu temui ketika kamu mengunjungi negara tersebut lagi.



7. Temukan Dirimu dalam Sebuah Perjalanan



Photo credit: cekricek.co.id


Nadine Chandrawinata menyukai traveling karena traveling itu perjalanannya untuk intropeksi diri, untuk mengenal diri sendiri, perbedaan, budaya dan menjadi sebuah pelajaran hidup.


Ketika melakuka traveling, kamu akan terbebas dengan batasan-batasan yang kamu miliki selama ada di negara asalmu. Seperti misalnya norma-norma sosial maupun tuntutan orang yang ada di sekitarmu. Ketika traveling ke negeri baru, kamu akan memiliki kesempatan untuk menjadi dirimu sendiri. Orang baru yang kamu temui akan menilaimu sebagai dirimu yang sesungguhnya. Kamu pastinya akan menemukan sebuah kebahagiaan bisa menjadi dirimu seutuhnya.


Jadi, apakah sekarang masih berpikir panjang untuk menikmati pengalaman baru, traveling ke luar negeri? Kapan kamu akan traveling ke luar negeri? Rencanakan mulai dari sekarang!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Alasan Para Traveler Traveling Ke Luar Negeri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Resty Amalia | @restyamalia

Writer, Managing Editor of Trivia.id, teacher, reader, learner, Penikmat Seni, enjoy music, love Jazz, photography, cooking, traveling and day-dreaming. My blog: restyamalia.com

Silahkan login untuk memberi komentar