Kamu Bisa Mencontoh 5 Artis Berikut Ini yang Membuktikan bahwa Pendidikan Tak Kalah Penting dari Karir!

Kamu Bisa Mencontoh 5 Artis Berikut Ini yang Membuktikan bahwa Pendidikan Tak Kalah Penting dari Karir!

6.2K
Hidup jadi artis kelihatannya enak sekali. Bisa melakukan yang disukai, sambil dibayar pula! Tak perlu susah-susah kuliah dan cari kerja. Meskipun sudah terkenal dan punya karir bagus, artis-artis ini rela meninggalkan karirnya sementara untuk melanjutkan pendidikan. Karena menurut mereka, pendidikan itu penting sekali.

Ya, kelihatannya memang begitu. Artis, sudah punya ketenaran, namanya dikenal banyak orang. Menurut kita, tak perlulah susah-susah kuliah, tenggelam di antara tugas-tugas yang menumpuk, dan bolak-balik ke dosen untuk merevisi skripsi atau tugas. Kalau mau pun, ya tak perlu dengan usaha maksimal. Kuliah seperti orang biasa saja lah. Apalagi aktivitasnya sebagai artis pasti sudah membuat jadwal mereka padat, mana sempat membuat essay berlembar-lembar.

Tapi, 5 artis di bawah ini berpikir sebaliknya. Mereka malah niat sekali untuk kuliah, sampai meninggalkan karirnya sementara. Kuliahnya sudah di universitas terkenal, di luar negeri lagi. Seleksinya ketat dan harus belajar mati-matian belajar.

Artis-artis di bawah ini sangat sadar bahwa dengan bakat, skill, dan wajah saja tidak cukup untuk meningkatkan kualitas diri. Dengan menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan mencari ilmu, mereka tahu mereka punya daya saing yang lebih di berbagai bidang. Tidak cukup dengan hanya berkarya di industri hiburan, belajar di universitas ternama dan dapat nilai besar pun mereka lakukan. Beberapa dari mereka bahkan sudah mempraktekan ilmu yang didapat selama kuliah demi membanggakan keluarga dan Indonesia!

Yuk, simak kisah mereka!


Vidi Aldiano

Photo credit: Vidi Aldiano

Sudah lama sekali tidak dengar kabar Vidi. Kapan sih lihat dia terakhir manggung? Mungkin sekitar tiga tahun yang lalu. Vidi seperti sembunyi dari dunia entertainment, padahal sebelumnya dia punya banyak fans berkat lagunya, 'Nuansa Bening' yang ngehits sekali.

Ternyata, selama ini Vidi tak niat sembunyi. Kebetulan, dia diterima di University of Manchester di Inggris untuk melanjutkan kuliah S2-nya. Karena masuknya susah sekali, akhirnya dia memutuskan untuk serius menjalani kuliahnya dulu dan vakum untuk beberapa saat.

Vidi mengaku, kalau dia suka sekali belajar. PR dan tugas yang diberi dosen bukannya membuat Vidi stres, dia malah senang. Ilmu, bagi Vidi adalah sesuatu yang membuat wawasannya bertambah dan hatinya terbuka untuk menerima hal-hal baru. Vidi juga senang sekali kerja kelompok bersama teman-temannya. Dengan belajar kelompok, ilmu yang didapat akan lebih banyak karena kita jadi bisa melihat masalah dari berbagai sisi, tak cuma pandangan pribadi saja.

Sambil menyelam minum air, Vidi yang lulus dari Innovation and Management Enterpreneurship, tak hanya senang bersosialisasi ketika belajar saja. Dia mengembangkan network dan berkenalan dengan orang-orang dari seluruh dunia. Menurutnya, network itu salah satu investasi buat mengembangkan bisnis ayahnya.

Hmm, bahkan sebelum lulus, Vidi sudah mempraktekan jiwa enterpreneurshipnya dengan menjembatani ayahnya dengan calon-calon klien baru. Tak heran, Vidi jadi salah satu kebanggaan keluarga.


Maudy Ayunda

Photo credit: Maudy Ayunda

Siapa sih yang tak kenal Maudy Ayunda? Sudah main film bahkan dari dia masih kecil. Punya suara yang bagus, bisa bermain gitar juga. Sekarang, dia kuliah di Oxford. Tapi, masih tetap produktif di industri hiburan. Wah, tak terbayang betapa sibuknya dia.

Maudy bilang, awalnya dia tidak percaya diri untuk daftar di Oxford karena masuknya susah sekali. Tapi, kenyataannya dia diterima di jurusan Philosophy, Politics and Economics. Maudy senang sekali. Tanpa buang-buang waktu dan berpikir dua kali, dia langsung pergi ke Inggris.

Mendalami politik dan ekonomi, tak cuma terjadi di ruang kelas atau di antara Maudy dan buku-buku tebal yang dibacanya. Juli lalu, Maudy sempat mendampingi Perdana Mentri Inggris, David Cameron yang mengunjungi Indonesia. Masih muda, kenalannya sudah dengan Perdana Mentri.

Bahkan sebelum keterima di Oxford, kabarnya Maudy pernah jadi pembicara termuda di Forum Ekonomi Global 3 tahun yang lalu. Salut, deh!


Gita Gutawa

Photo credit: Gita Gutawa

Gita Gutawa yang kuliah dengan beasiswa di London School of Economics ini mengaku kalau kuliah di UK adalah cita-citanya dari kecil. Tak heran kenapa Gita rela merelakan meninggalkan karirnya sejenak demi menempuh pendidikan jauh di luar sana. Gita termasuk orang yang konsisten dan sadar akan mimpinya yang bisa dia capai.

Tak cuma memimpikannya, Gita membuktikan bahwa keinginannya serius. Dari SMA, dia aktif berorganisasi dan nilai akhirnya pun termasuk tinggi di sekolah. Selain belajar dengan tekun, Gita bilang bahwa bahasa punya peran besar dalam bersosialisasi di luar negeri. Kursus Bahasa Inggris dari SD pun sudah dia jalani.

Dapat beasiswa di negeri sendiri saja sudah terbilang cukup susah. Nah Gita ini, dapat beasiswa di luar negeri. Meskipun sudah pintar dan terbukti hebat, Gita tak lantas sombong. Dia senang berbagi. Salah satunya dengan menjadi pembicara di acara-acara anak muda. Salah satunya di Southeast Asian Leaders Youth Summit yang diadakan di Bandung minggu lalu.


Sherina Munaf

Photo credit: Sherina

Siapa sih yang tak kenal Sherina? Gadis yang multitalenta ini ngehits sekali di jaman 2000-an. Bisa menyanyi, main film, memainkan alat musik, dan melukis. Kelihatannya tak ada yang tak bisa dia lakukan. Tapi sekarang dia ke mana ya?

Sherina diterima di University of Sydney jurusan Science tahun 2004 lalu. Jarang mengupdate kegiatan sehari-hari, Sherina jadi terasa 'tenggelam' dari dunia entertainment. Tak ada lagi kabar atau gosip tentang dia.

Tapi, kalau kamu penggemar Sherina dan follow akun instagramnya, pasti tahu Sherina suka sekali dengan manga dan hal-hal yang berbau Jepang. Sekarang, Sherina bahkan sudah bisa menggambar dan membuat komik strip sendiri. Kelihatannya sih, Sherina sudah lulus ujian sekolah Bahasa Jepang dan mau belajar tentang seni dan manga di Jepang.

Kelihatannya banting setir sekali ya? Dulu kuliah di jurusan Science, sekarang mengambil seni. Tapi, kalau sudah menemui sesuatu yang disuka dan membuat bahagia, kenapa tidak dijalani? Sherina termasuk orang yang berani dan punya rasa percaya diri yang besar. Patut dicontoh nih!


Cinta Laura

Photo credit:: VOA Indonesia

Tidak seperti perannya di televisi yang sering Cinta mainkan. Dalam dunia nyata, Cinta ini anak yang punya tekad kuat. Dia bilang, kalau dia ingin mendapatkan sesuatu, dia akan berusaha sampai berhasil. Di Universitas Columbia, Cinta tak hanya mengambil satu jurusan. Dia mengambil dua jurusan sekaligus dan berhasil lulus dalam 3 tahun dengan IPK yang tinggi.

Menurut pengalaman teman-teman yang saya dengar, kuliah di luar negeri itu mata kuliahnya hanya sedikit. Satu semester paling bisa mengambil tiga atau empat mata kuliah saja. Ya mataskuliahnya sedikit. Tugasnya itu loh yang menumpuk. Bahan bacaan ada satu lemari. Harus dibaca semua. Membuat essay saja minimal 10 lembar. Cinta ini di Universitas Columbia, satu semesternya mengambil enam mata kuliah.

Kuliah yang super sibuk membuat Cinta terbiasa melakukan banyak hal dalam sehari. Tak ada kata malas-malasan. Ketika waktu liburan tiba, Cinta tak lantas memilih untuk bersantai. Dia mencari peluang untuk show dan shooting di waktu liburan. Cinta yang selama ini kita tahu manja dari perannya di TV, ternyata punya karakter sebaliknya!


Jadi, bagaimana?

Artis-artis di atas punya latar belakang sendiri kenapa mereka menganggap pendidikan tak kalah penting dibanding karir. Bisa dilihat kalau mereka semua senang sekali menuntut ilmu. Terlebih kalau ilmu tersebut menyangkut hal yang mereka sukai.

Kita yang mungkin tak sesibuk mereka, tidak boleh kalah semangat belajar! Ilmu, bisa membantu kita dalam melakukan berbagai hal. Ketika kita mau melakukan sesuatu, tapi tak punya ilmunya, sesuatu itu akan terasa sulit dijalani. Kita butuh bekerja keras melakukan sesuatu tersebut. Tapi, ketika sudah tahu ilmu untuk melakukan sesuatu, hal tersebut jadi lebih mudah.

Contoh kecil, kita ingin membuat kue, nih. Tapi, kita tak tahu bahan apa yang harus kita sediakan, alat apa yang dibutuhkan, berapa lama kita mengolahnya. Kue tersebut bisa jadi gagal, rasanya aneh, teksturnya tidak jelas, dan gosong. Tapi, ketika kita tahu ilmunya, tahu apa yang harus dipersiapkan, dan bagaimana cara membuatnya. Kue tersebut akan lebih mudah dibuat. Tak berarti bisa berhasil 100%, tapi kita lebih mudah mengerjakannya.

Kalau dipikir, ilmu itu seperti life hacks ya. So, work smarter, not work harder!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Bisa Mencontoh 5 Artis Berikut Ini yang Membuktikan bahwa Pendidikan Tak Kalah Penting dari Karir!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


S Safira Shofatunnisa | @safiranys

Student who likes to eat, to write, to play with many things; cats, social media, camera, and beauty things. Currently traveling around Bandung to stop by 1000 Pokestops. Personal blog: www.safiranys.blogspot.co.id

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week