9 Duta Pariwisata Korea Selatan Ini Pasti Membuatmu Semakin Ingin Mengunjungi Negara Ginseng

photo credit: pennstudio.co.kr

9 Duta Pariwisata Korea Selatan Ini Pasti Membuatmu Semakin Ingin Mengunjungi Negara Ginseng

15K
Peran duta pariwisata dalam perkembangan sebuah negara memang cukup penting. Terbukti, Korea Selatan sangat ahli dalam memanfaatkan kepopuleran artis untuk mempromosikan industri pariwisatanya. Ngaku deh, kamu pasti ingin mengunjungi Korea Selatan bila mengikuti kiprah tujuh duta pariwisata berikut ini.

Korea Selatan terkenal dengan k-pop, k-drama, dan pariwisatanya. Oleh karena itu, jangan heran bila Korea Selatan sangat serius memperhatikan industri musik, drama, dan pariwisata. Keseriusan Korea Selatan dalam menggarap ketiga bidang tersebut, terbukti membuat negeri ginseng ini semakin terkenal di seluruh dunia. Salah satunya adalah boyband dan girlband dari Korea Selatan yang memiliki banyak penggemar di luar negeri. Selain grup musik, dramanya juga ditonton oleh jutaan pasang mata dari luar Korea Selatan. Wajar bila industri pariwisata Korea Selatan maju pesat; karena secara tidak langsung k-drama turut mempromosikan budaya dan lokasi-lokasi indah di Korea. Oleh karena itu, tidak jarang selebriti yang berhasil mempromosikan Korea Selatan melalui drama atau musiknya, akan didaulat menjadi duta pariwisata. Kamu juga ingin ke Korea Selatan karena sering menonton k-drama atau mendengarkan lagu k-pop? Simak dulu tujuh duta pariwisata Korea Selatan berikut ini.

1. Song Joong Ki

Photo Credit: Tripzilla

Drama Descendants of The Sun melesatkan nama Song Joong Ki dan Song Hye Gyo. Drama ini sukses di pasaran dengan rating mencapai 33.5%. Bukan hanya ditayangkan di negara asalnya, Descendants of The Sun juga ditayangkan di China. Tidak bisa dipungkiri drama ini berpengaruh besar pada pariwisata Korea Selatan. Bahkan, para penonton dari Indonesia rela streaming online drama ini karena Indonesia belum memiliki hak tayangnya. Atas pertimbangan itulah, baru-baru ini Song Joong Ki dipilih oleh Kementerian Pariwisata Korea Selatan sebagai duta pariwisata. Joong Ki akan tampil dalam iklan cetak maupun elektronik untuk mempromosikan ‘Visit Korea’ selama tahun 2016-2018. Iklan ini akan dibuat di Jeongseon, Taebaek, dan provinsi Gangwon-do. Tiga tempat itu merupakan lokasi syuting drama Descendants of The Sun. Rencananya iklan tersebut akan tayang pada bulan Juli tahun ini di Jepang dan negara Asia Tenggara lainnya.

2. Lee Joon Gi

Photo Credit: Kimchi Soju

Lee Joon Gi terpilih menjadi duta pariwisata Korea Selatan pada tahun 2009. Lee Joon Gi meraih kepopuleran setelah bermain di film The King and The Clown dan drama Time Between Dog and Wolf. Selain bermain drama, Lee Joon Gi juga dikenal sebagai penyanyi yang sering menggelar konser. Hampir sepuluh ribu fans memadati konser Asia Tour Lee Joon Gi. Hal ini membuat Kementerian Pariwisata akhirnya menobatkan Lee Joon Gi sebagai duta pariwisata yang mempromosikan Korea Selatan kepada negara-negara tetangga.

3. Jung Rye Won

photo credit: dramafever.com

Pada tahun 2011, Jung Rye Won terpilih sebagai duta pariwisata Korea Selatan bersama Park Si Hoo. Jung Rye Won mulai terkenal sejak bermain di drama My Name Is Kim Sam Soon. Selain bermain drama, Jung Rye Won juga berperan dalam film layar lebar. Fashion style-nya yang keren juga semakin membuatnya terkenal. Menurut Kementerian Pariwisata, dipilihnya Jung Rye Won sebagai duta pariwisata disebabkan oleh foto-fotonya yang selalu bagus. Oleh karena itu, Jung Rye Won dirasa mampu mempromosikan Korea Selatan kepada negara-negara Asia Tenggara.

4. Kim Soo Hyun

Photo Credit: Mwave

Kim Soo Hyun mulai dikenal luas setelah membintangi drama populer Dream High. Setelah itu, ia membintangi drama The Moon That Embrace The Sun yang juga meledak di pasaran. Bahkan, drama itu ditayangkan di tujuh negara. Oleh karena itu, Soo Hyun dipilih sebagai duta pariwisata pada tahun 2012. Soo Hyun kembali terpilih sebagai duta pariwisata kota Seoul pada tahun 2014, setelah drama My Love From Another Star juga sukses besar.

5. PSY

Photo Credit: CNN Travel

Masih ingat dengan lagu hits Gangnam Style yang dipopulerkan oleh PSY? Lagu yang memiliki koreografi khas itu menjadi video klip paling banyak ditonton di youtube pada tahun 2012. Hingga detik ini, video klip lagu Gangnam Style telah ditonton sebanyak 2 miliar kali. Kementerian Pariwisata Korea Selatan menilai PSY pantas untuk mempromosikan negara itu, terutama untuk daerah Gangnam. Berdasarkan survei yang dilakukan kepada para turis, ditemukan 27 ikon yang merepresentasikan Korea. Salah satunya adalah PSY. Iklan pariwisata yang dibintangi PSY saat itu disebarkan ke 76 negara melalui channel National Geographic, Discovery, dan CNN.

6. Jun Ji Hyun

photo credit: koreabreak.com

Jun Ji Hyun secara resmi dipilih sebagai duta pariwisata pada 13 Agustus 2014. Kementerian Pariwisata Korea Selatan menilai Ji Hyun berhasil mempromosikan Korea Selatan melalui drama yang dibintanginya bersama Kim Soo Hyun, My Love From Another Star. Kebudayaan, fashion, dan lokasi syuting drama tersebut menjadi sangat populer di Korea Selatan. Oleh karena itu, iklan promosi yang dibintangi Jun Ji Hyun pun mengambil lokasi yang sama dengan lokasi syuting drama My Love From Another Star.

7. Big Bang

Tidak hanya PSY, Big Bang juga mengisi tempat sebagai musisi yang mempromosikan pariwisata Korea melalui program "Imagine Your Korea". Pada tahun 2014 tersebut, Big Bang baru saja menyelesaikan world tour hingga ke Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Dengan menggunakan Big Bang sebagai ambassador, Korea memfokuskan pada aktivitas wisata yang trendy dan inovatif. Big Bang turut 'menjual' Korea dari sisi aktivitas belanja dan menonton konser K-pop. Saat program bersama Big Bang pertama kali di-launching, Korea Tourism Organization mengadakan kompetisi berhadiah tiket penerbangan ke Korea!

8. Krystal

Photo Credit: Omona They Didnt

Tak mau ketinggalan, Krystal f(x) juga dinobatkan sebagai duta pariwisata Korea pada program "Imagine Your Korea". Spesifiknya, Krystal f(x) mempromosikan sebuah project dimana pemenang kontes berkesempatan mengabadikan namanya diukir di sebuah daerah bernama Sang Sang Gil. Menarik sekali ya? Sayang kompetisi ini sudah berakhir pada bulan September 2015.

9. Lee Min Ho

Popularitas Lee Min Ho tidak perlu diragukan lagi. Meski termasuk senior, ia baru dipilih sebagai duta pariwisata Korea Selatan pada tahun 2015 lalu. Ia dinilai cocok untuk mempromosikan Korea Selatan kepada turis asing. Menurut Kementerian Pariwisata Korea Selatan, Lee Min Ho memiliki banyak sekali fans dari luar negeri karena perannya pada drama Boys Over Flowers dan The Heirs. Oleh karena itu, iklan yang akan dibintangi Min Ho difokuskan untuk turis dari China, Jepang, Taiwan, Thailand, dan Amerika Utara. Iklan promosi itu juga ditayangkan di YouTube. Hingga kini, iklan promosinya sudah mendapat lebih dari 20 juta views di YouTube.


Adanya duta pariwisata tentu membantu sebuah negara untuk mempromosikan potensi wisatanya. Terbukti jurus ini cukup ampuh hingga membuat Korea Selatan menjadi destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Siapa duta pariwisata favoritmu?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Duta Pariwisata Korea Selatan Ini Pasti Membuatmu Semakin Ingin Mengunjungi Negara Ginseng". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sofiati Mukrimah | @sofiatimukrimah

Penyuka kucing, keju mozzarella di pizza, dan make up. Enggak baperan, kecuali dipancingnya keterlaluan.

Silahkan login untuk memberi komentar