7 Pekerjaan Kreatif dalam Drama Korea. Mulai dari Reporter Sampai Fotografer Bisa Jadi Inspirasimu dalam Menentukan Pilihan Karier

Photo credit: Scattered Joonni

7 Pekerjaan Kreatif dalam Drama Korea. Mulai dari Reporter Sampai Fotografer Bisa Jadi Inspirasimu dalam Menentukan Pilihan Karier

27.4K
Bisa dipastikan drama Korea selalu berkisah tentang cinta. Perbedaannya terletak pada latar belakang kisah cinta para tokohnya yang berasal dari beragam pekerjaan.

Inspirasi bisa datang dari mana saja, termasuk film. Sahabat Trivia yang gemar menonton drama Korea juga bisa memetik banyak pelajaran dari sana selain menikmati kisah cintanya yang romantis. Jika kamu sedang mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja maka tak ada salahnya menengok pekerjaan-pekerjaan yang dilakoni oleh para tokoh drama Korea ini. Terutama bagi kamu yang menyukai hal-hal kreatif, karier para tokoh dalam film-film berikut bisa jadi sumber motivasimu.


1. Musisi | Dream High 1 (2011)

Photo credit: Academy Chronicle

Ada banyak sekali drama Korea yang mengangkat keseharian para musisi, di antaranya yang paling banyak dikenal orang adalah Dream High. Mengisahkan tentang persaingan yang ketat dan persahabatan yang erat di antara Song Sam-Dong (Kim Soo-Hyun), Go Hye-Mi (Bae Suzy), Jin-Kuk (TaecYeon), Yoon Becky (Ham Eun-Jung), Jason (Wooyoung), dan Kim Pil Suk (IU). Mereka adalah murid-murid di sebuah sekolah seni yang sedang meniti karier di dunia musik.


2. Fotografer | Love Rain (2012)

Photo credit: Pinterest

Jang Geun Suk yang memerankan tokoh Seo Jun dalam drama korea ini berprofesi sebagai fotografer. Melalui pekerjaan itulah ia akhirnya terlibat kisah cinta dengan Jung Ha Na (Yoona) karena ekspresi fotogeniknya ketika bermain-main dengan salju. Namun seperti kebanyakan kisah cinta lainnya, mereka harus mengalami banyak tantangan sebelum menuju jenjang pernikahan.


3. Advertiser | Ad Genius Lee Tae Baek (2013)

Photo credit: AsianWiki

Drama korea yang dibintangi oleh Jin Goo ini menceritakan tentang lika-liku kehidupan Tae Baek sebagai seorang pekerja di dunia advertising. Tae Baek terlibat cinta dengan Baek Ji Hyun (Park Ha Sun) yang sedang magang di sebuah agensi iklan. selama mengikuti kisah mereka dalam enam belas episode, penonton diajak untuk meihat proses kreatif mereka dalam membuat iklan yang mampu menarik minat dan menyentuh hati banyak orang. Selain bekerja untuk mencari uang, Tae Baek juga memikirkan nasib orang-orang yang kurang beruntung terbukti ketika ia membuat halaman khusus di koran berbentuk selimut bagi para gelandangan.


4. Reporter | Pinocchio (2014)

Photo credit: Scattered Joonni

Selain kisah cinta, drama korea yang dibintangi Lee Jong Suk dan Park Shin Hye ini juga penuh dengan intrik politik. Drama korea dua puluh episode ini seakan meneguhkan bahwa media memang sangat dekat dengan permainan politik. Ceritanya berada di seputar kehidupan Ki Ha Myong yang mengubah identitasnya menjadi Choi Dal Po setelah insiden tragis menimpa keluarganya akibat laporan seorang reporter. Ia kemudian bertemu dengan Choi In Ha dan keduanya sama-sama bekerja sebagai reporter meskipun berada di perusahaan media yang berbeda. Perlahan-lahan rahasia yang tersembunyi di antara keluarga Dal Po dan In Ha pun terkuak.


5. Novelis | It’s Okay, That’s Love (2014)

Photo credit: Pinterest

Drama Korea yang satu ini mempertemukan seorang penulis novel misteri dengan seorang psikiatri. Jang Jae Yeol (Jo In Sung) memang diketahui mengidap penyakit mental sehingga Ji Hae Soo (Kong Hyo Jin) membantunya untuk sembuh. Penonton akan diajak mengikuti perjalanan seorang penulis dalam drama korea enam belas episode ini, mulai dari proses kreatif Jae Yeol yang harus menyendiri saat menulis sampai ketika ia melakukan acara book launching maupun jumpa penulis.


6. Produser, The Producer (2015)

Photo credit: Soompi

Lebih khusus lagi, drama korea ini tentang mereka yang terlibat dalam pembuatan acara televisi, mulai dari serial televisi, acara musik, sampai acara reality show. Drama korea dua belas episode ini mengisahkan suka duka para pekerja di dunia pertelevisian. Sebut saja PD Joon Mo (Cha Tae Hyun) yang kalang kabut saat rating acaranya turun, PD Ye Jin (Kong Hyo Jin) yang sering dibuat pusing dengan kelakuan musisi seperti Cindy (IU), serta Seung Chan (Kim So Hyun) yang merupakan seorang rookie di dunia broadcasting.


7. Editor Majalah Fashion, She Was Pretty (2015)

Photo credit: Kites

Kim Hye Jin (Park Jung Eum) bernasib kurang bagus karena memiliki wajah yang tidak rupawan. Namun nasib pula yang membawanya menjadi tim sebuah majalah fashion yang di sana ada Ji Sung Joon (Park Seo Jun) sebagai editor yang juga merupakan teman masa kecilnya. Mereka pun sering terlibat pertengkaran karena penampilan Hye Jin jauh dari kata fashionable.

BACA JUGA


Drama Korea Jadul yang Tak Tergantikan. Kamu Kangen Nggak Sih Sama 7 Drama Ini?

Drama Korea Jadul yang Tak Tergantikan. Kamu Kangen Nggak Sih Sama 7 Drama Ini?

Bisa dibilang, drama-drama ini masih selalu punya tempat di hati para pecintanya, bahkan tidak tergantikan sampai sekarang

Read more..

Itulah tujuh pekerjaan kreatif yang terdapat dalam drama Korea. Para pemerannya berhasil membawakan karakter-karakter tersebut dengan baik. Dari mereka kita tahu bahwa ada banyak ruang kreatif yang bisa diubah menjadi ladang mencari uang. Mereka juga mengajari kita untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan pekerjaan. Jika Sahabat Trivia punya daftar lain pekerjaan kreatif yang ada dalam drama Korea, boleh sharing di kolom komentar.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Pekerjaan Kreatif dalam Drama Korea. Mulai dari Reporter Sampai Fotografer Bisa Jadi Inspirasimu dalam Menentukan Pilihan Karier". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week