7 Transportasi Umum Negara Lain yang Dijamin Membuatmu Tak Ingin Membawa Kendaraan Pribadi

7 Transportasi Umum Negara Lain yang Dijamin Membuatmu Tak Ingin Membawa Kendaraan Pribadi

3.4K
Lupakan sejenak soal taksi online yang didemo. Yuk, keliling dunia dengan transportasi umum yang keren sekali berikut ini.

Sudah dengar soal demo sopir taksi menentang layanan taksi online? Berita layanan taksi atau ojek online memang lumayan heboh ya karena dinilai praktis dan lebih murah. Tapi tahukah kamu jika transportasi umum di Indonesia dianggap masih kurang berkualitas? Selain kurang aman (maka dari itu ojek dan taksi online laris, karena bisa langsung memberikan penilaian ke supirnya), transportasi di Indonesia juga masih tergolong mahal dan sering terlambat. Makanya sebagian masyarakat lebih memilih membawa kendaraan pribadi yang akhirnya malah membuat macet. Beda halnya dengan 7 tranpsortasi umum di negara lain berikut. Dijamin membuatmu tak ingin membawa kendaraan pribadi.


1. Kereta Ekspress Glacier di Swiss, Pemandangan di Luar Pasti Membuatmu Merasa Sayang Untuk Tidur

photo credit: swissholidayco.com

Kereta satu ini melayani rute dari St. Moritz ke Zermatt di Swiss. Pemandangan yang kamu dapat selama naik kereta ini pasti membuatmu terkagum-kagum. Kereta ini melayani kelas 1 dan kelas 2 yang dua-duanya sudah dilengkapi fasilitas yang bagus sekali. Di kereta ini dilarang membawa binatang peliharaan demi kenyamanan seluruh penumpang. Informasi soal rute yang dilewati pun tersedia dalam Bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Italia, China, dan Jepang yang bisa didengarkan lewat headphone. Menarik sekali, kan? Tapi, tentunya hal ini sepadan dengan tiket yang harus kamu beli. Untuk kelas 1, kamu diharuskan membayar 262 EUR untuk full rute St. Moritz ke Zermatt, atau sekitar 3,7 juta rupiah. Sedangkan untuk kelas 2, kamu diharuskan membayar sebesar 149 EUR atau sekitar 2,1 juta rupiah.


2. Berkunjung ke Budapest? Jangan Lewatkan Asyiknya Naik ke Castle Hill dengan Funicular

photo credit: tripadvisor.com

Transportasi umum yang satu ini terbilang paling unik dibanding yang lain. Kereta mungil ini berfungsi untuk membawa penumpang naik ke Castle Hill atau sebaliknya, turun dari Castle Hill. Hal ini dimaksudkan agar wisatawan tidak perlu lagi naik tangga yang jauh dan melelahkan. Tiket untuk naik Funicular pun cukup murah. Untuk dewasa hanya dikenakan biaya HUF 1.100 atau sekitar 15.000 rupiah. Satu funicular mampu menampung maksimal 24 orang. Hmm, mirip kereta gantung versi besar ya?


3. Kereta Cepat Dengan Desain Warung Teh Korea? Ada di Kereta Korail

Kereta yang satu ini unik karena fasilitas yang ada di dalamnya. Selain menyediakan tempat duduk ‘umum’ layaknya kereta lain, kereta ini juga menyediakan ruang minum teh dan ruang bermain anak. Ruang minum teh sengaja didesain sedemikian rupa sampai kamu tak akan sadar jika kamu sedang ada di dalam kereta. Tentunya kereta ini nyaman sekali untuk berlibur bersama keluarga. Harganya pun tidak mahal dan cukup terjangkau. Dari stasiun Seoul sampai destinasi terakhir di stasiun Yeosu, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 47.600 Won atau sekitar 520.000 rupiah.


4. Jalan-Jalan Ke New Zealand? Jangan Lupa Naik Kereta

photo credit: new zealand.com

Jangan lupakan New Zealand yang memang memiliki panorama alam yang indah sekali. Tentunya kamu bisa melakukan kunjungan untuk mengitari panorama alam di sana dengan kereta. Kamu bisa memilih rute mana yang ingin kamu lewati. The Northern Explorer contohnya. Di rute ini, kamu akan dibawa dari Auckland, kota terbesar di New Zealand, ke Wellington. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan dari lahan pertanian hingga Raumiru Spiral yang sudah mendunia. Fasilitas dari The Northern Explorer juga tak kalah menariknya dengan pemandangannya. Di kereta ini kamu bisa memilih layanan cafe beralkohol atau non alkohol. Bahkan ada salon juga lho di dalam kereta ini.


5. Pride of Africa, Kereta Mewah Yang Akan Membawamu ke Savannah

photo credit: greatrail.com

Kamu bisa menjelajah Savannah di Afrika yang terkenal dengan kehidupan liarnya. Maka dari itu, banyak fotografer handal yang menaiki kereta Pride of Africa ini karena ingin memotret kehidupan liar di Afrika. Meskipun ini kereta umum, tapi satu kereta ini hanya diperuntukkan untuk 75 orang penumpang saja. Selain Afrika Selatan, kereta ini juga melayani rute ke Zimbabwe, Zambia, dan Tanzania.


6. Ingin Merasakan Naik Bus Terpanjang di Dunia? Temukan di Jerman

photo credit: dailymail.co.uk

Jangan heran melihat bus terpanjang di dunia ini. Bus ini merupakan gabungan dari tiga bus sekaligus dan beroperasi di Jerman. Panjangnya mencapai hampir 101 kaki atau sekitar 30 meter. Bus ini bisa menampung penumpang sebanyak 256 penumpang. Beijing dan Shanghai sudah memesan bus ini untuk keperluan tranportasi umumnya lho. Mau coba naik?


7. Merasakan Asyiknya Naik Bus Dua Lantai? Ayo Ke Tokyo

photo credit: veltra.com

Tokyo memang bukan kota asing lagi bagi transportasi umum yang cepat dan aman. Apalagi dengan teknologi kereta super cepatnya. Tapi, bus dua lantai atau yang biasa disebut double decker di Tokyo ini juga tak kalah menarik lho. Sky Bus Tokyo salah satunya. Bus ini menawarkan wisata ke Skytree, Asakusa, dan Odaiba. Bus ini datang setiap jam. Jadi jangan khawatir gagal berlibur jika ketinggalan bus pertama yaa. Di dalam bus ini juga akan diberi petunjuk audio dalam Bahasa Inggris, China, dan Korea, dan Jepang.

  

Gimana? Asyik kan melihat transportasi umum negara lain yang keren-keren sekali ini? Semoga Indonesia cepat menyusul yaa. Bukan tidak mungkin tranportasi umum yang layak, nyaman, dan aman ada di Indonesia. Kita tunggu saja.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Transportasi Umum Negara Lain yang Dijamin Membuatmu Tak Ingin Membawa Kendaraan Pribadi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sofiati Mukrimah | @sofiatimukrimah

Penyuka kucing, keju mozzarella di pizza, dan make up. Enggak baperan, kecuali dipancingnya keterlaluan.

Silahkan login untuk memberi komentar