Academy Awards Segera Digelar, Ternyata Inilah 5 Kriteria Menjadi Nominasi  Film Terbaik Academy Awards, Para Sineas  Harus Tahu Nih!

Photo Credit: smashcutreview

Academy Awards Segera Digelar, Ternyata Inilah 5 Kriteria Menjadi Nominasi Film Terbaik Academy Awards, Para Sineas Harus Tahu Nih!

1.5K
Film yang ingin masuk nominasi harus mengikuti beberapa aturan teknis. Aturan teknis ini berkaitan dengan resolusi gambar serta jumlah frame tiap detiknya.

Tanggal 26 Februari mendatang, perhelatan Academy Awards yang ke-89 akan digelar. Film-film yang masuk ke dalam nominasi pun telah diumumkan, termasuk La La Land dan Manchester by the Sea. Salah satu nominasi yang sangat ditunggu-tunggu hasilnya adalah nominasi Best Picture atau Film Terbaik. Nominasi ini merupakan nominasi paling bergengsi karena pemenangnya berpotensi besar untuk dikenang sepanjang masa.

Kamu tentu sempat bertanya-tanya apa yang menjadi kriteria sebuah film dapat masuk ke dalam nominasi Film Terbaik. Ternyata, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar sebuah film dapat mendaftar dan dinominasikan menjadi Film Terbaik dalam penghargaan Oscar.

Berikut Trivia bagikan pesyaratannya. Bagi kamu yang sudah terjun atau masih bercita-cita terjun di dunia film, simak baik-baik ya!


Durasi Film

Photo Credit: catchnews

Film yang ingin masuk ke dalam nominasi Film Terbaik harus berdurasi lebih dari 40 menit. Jadi, film pendek yang berdurasi kurang dari 40 menit tidak dapat dinominasikan.


Perilisan

Photo Credit: hollywood reporter

Setelah diproduksi, film tidak boleh ditayangkan perdana dalam format non-teater sebelum dirilis di Los Angeles. Artinya, film tidak boleh dirilis di televisi, DVD, atau internet. Film tersebut harus dirilis di layar lebar atau dalam kegiatan film festival agar dapat dinominasikan untuk Film Terbaik.


Durasi Penayangan

Photo Credit: the wrap

Apabila film dirilis di Amerika Serikat, film harus mampu bertahan diputar di bioskop Los Angeles selama tujuh hari berturut-turut. Apabila tiket tidak laku terjual dan film harus berhenti diputar sebelum berhasil mencapai tujuh hari, film tersebut tidak dapat dinominasikan.


Format Teknis

Photo Credit: Thrillist

Film yang ingin masuk nominasi harus mengikuti beberapa aturan teknis. Aturan teknis ini berkaitan dengan resolusi gambar serta jumlah frame tiap detiknya. Selain itu, kualitas audio juga harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan.


Sub Judul

Photo Credit: Washington Post

Untuk film yang tidak menggunakan bahasa Inggris, sub judul dalam bahasa Inggris harus dicantumkam dalam film. Selain pesyaratan-persyaratan tersebut, ada beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi saat mendaftarkan film.

BACA JUGA


Di Golden Globes Awards, La La Land Raih Penghargaan Terbanyak. Inilah 7 Alasan  La La Land Pantas Memboyong 7 Penghargaan Sekaligus!

Di Golden Globes Awards, La La Land Raih Penghargaan Terbanyak. Inilah 7 Alasan La La Land Pantas Memboyong 7 Penghargaan Sekaligus!

Kemenangan La La Land dalam 7 penghargaan sekalius mengalahkan pendahulunya yaitu film 'One Flew Over the Cuckoo's Nest' (1975) dan Midnight ...

Read more..

Film-film yang memenuhi kualifikasi lantas lolos seleksi awal. Kemudian, film yang didaftarkan akan disaring lebih lanjut oleh anggota panel Academy Awards untuk menentukan nominasi setiap kategorinya. Prosesnya cukup panjang yah, Sahabat Trivia. Kamu tertantang untuk mendaftarkan film buatan kamu juga?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Academy Awards Segera Digelar, Ternyata Inilah 5 Kriteria Menjadi Nominasi Film Terbaik Academy Awards, Para Sineas Harus Tahu Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoana WK | @YoanaWida

In love with stars, sea, and woods. Addicted to exchange currency with experience. Full time traveler, part time social worker. Follow my journey on Instagram: yoana.widkris

Silahkan login untuk memberi komentar