Ada Salju di Bandung. Apa yang Sebenarnya Terjadi? Berikut Tempat Lain di Indonesia yang Pernah Mengalami Kejadian Serupa

Photo credit: Tribun Style

Ada Salju di Bandung. Apa yang Sebenarnya Terjadi? Berikut Tempat Lain di Indonesia yang Pernah Mengalami Kejadian Serupa

5.8K
Salju di Bandung hampir menutupi sebagian kawasan Sukasari. Wah, Indonesia bersalju!

Belum lama ini fenomena langka kembali terjadi di Indonesia, tepatnya di kota Bandung, Jawa Barat. Pada Rabu, 19 April 2017, kota Bandung terguyur hujan angin disertai es yang membuat Bandung menjadi bersalju. Kawasan yang tertutup oleh butiran-butiran es ini tepatnya di Sukasari, Bandung. Meski ada beberapa atap rumah yang roboh akibat hujan angin disertai es ini, warga mengaku tidak panik. Justru mereka merasa senang karena fenomena langka ini terjadi di kota mereka.

Ternyata, tidak hanya di kota Bandung saja fenomena salju ini terjadi. Beberapa kota di Indonesia juga pernah mengalami fenomena langka seperti ini loh, Sahabat Trivia. Berikut ini tempat lain di Indonesia yang pernah mengalami kejadian serupa. Apakah salah satunya pernah terjadi di kotamu?


Surabaya, Jawa Timur

Photo credit: Gogirl

Hujan yang disertai angin kencang dan butiran-butiran es ini juga pernah terjadi di Surabaya, Jawa Timur. Tepatnya pada 7 Maret 2017. Ukuran butiran es sendiri hampir sebesar butiran kelereng yang turun bersamaan dengan hujan deras dan angin kencang.


Sleman, Jawa Tengah

Photo credit: KabarMakkah

Awal tahun lalu, Sleman, Yogyakarta dan Magelang, Jawa Tengah juga sempat dikabarkan terjadi fenomena hujan es pada 25 Januari 2016. Hujan es juga terjadi di Wonokerto, Sleman, dan sekitar lereng Merapi. BMKG Yogyakarta menyatakan fenomena itu terjadi karena awan Cumulonimbus, dan es bisa terjatuh karena terpental akibat petir atau angin yang sangat kencang.


Jakarta Selatan dan Jakarta Timur

Photo credit: Kumparan

Jakarta ternyata juga pernah mengalami hujan es loh, Sahabat Trivia. Hujan es di Jakarta ini terjadi pada Selasa, 28 Maret 2017 lalu. Jakarta yang mengalami fenomena ini adalah Jakarta bagian Selatan dan Timur. Butiran-butiran es ini berjatuhan bersamaan dengan angin kencang dan hujan deras. Fenomena hujan ini disebut-sebut karena tropis Debby yang terjadi di Timur Laut Australia dan menyebabkan terjadinya konvergensi dari Sumatera sampai Nusa Tenggara Timur. Hal inilah yang membuat awan menjadi labil kemudian terjadilah hujan es.


Bekasi

Photo credit: gogirl

Bekasi yang dikenal sebagai kota yang sangat panas pun pernah loh mengalami hujan es. Tepatnya fenomena ini terjadi pada Minggu, 25 September 2016. Butiran-butiran es ini merusak beberapa atap rumah warga sekitar sejak pukul 7 malam. Sebenarnya hujan terjadi pada pukul 5 sore, namun mulai turunnya butiran es serta angin dan derasnya hujan itu pukul 7 malam.


Cimahi

Photo credit: Metrotvnews

Kota Cimahi juga pernah mengalami fenomena langka ini tepatnya pada Sabtu, 26 Maret 2016 lalu. Gumpalan awan yang saat itu berada cukup dekat dengan bumi membuat butiran-butiran es ini tidak melebur dan jatuh ke bumi masiih dalam bentuk gumpalan yang cukup besar.

BACA JUGA


Fenomena Hujan Es Wajar Lho Ternyata. Berikut Penjelasannya!

Fenomena Hujan Es Wajar Lho Ternyata. Berikut Penjelasannya!

Malahan, hujan es yang terjadi beberapa hari yang lalu, menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah dapat terlihat ciri ...

Read more..

Fenomena hujan es atau bahkan salju di Indonesia merupakan kejadian yang sangat tidak biasa, mengingat Indonesia merupakan negara tropis yang sangat kecil kemungkinan dihujani dengan salju. Maka, tidak heran jika banyak orang yang merasa fenomena ini menakjubkan dan tidak sedikit yang mengabadikannya. Nah, apakah kota-kota di Indonesia yang pernah bersalju ini salah satunya adalah kota tempat tinggalmu, Sahabat Trivia?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ada Salju di Bandung. Apa yang Sebenarnya Terjadi? Berikut Tempat Lain di Indonesia yang Pernah Mengalami Kejadian Serupa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week