Aksi Sederhana untuk Selamatkan Bumi Kita, Tips dari Google Buat Kamu di Hari Bumi

Photo credit: Google

Aksi Sederhana untuk Selamatkan Bumi Kita, Tips dari Google Buat Kamu di Hari Bumi

625
Google memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin dengan merilis sebuah cerita tentang Serigala dan kawan-kawan serta sejumlah tips untuk menjaga kelestarian bumi kita.

Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April kemarin diperingati oleh Google dengan merilis sebuah cerita dan sejumlah tips untuk menjaga kelestarian bumi kita. Cerita tersebut mengisahkan seekor serigala yang bermimpi buruk tentang bumi. Isi mimpi tersebut di antaranya adalah ikan yang sekarat berikut terumbu karang yang mati karena pencemaran laut serta penguin di kutub yang hampir kehilangan pijakan habitatnya karena bongkahan es terus mencair. Si Serigala kemudian terbangun, mengambil sekop, dan segera menanam pohon. Ia dibantu oleh Momo si Kucing. Berikutnya mereka bertemu si Kodok yang biasa hadir di Google Weather. Lalu ketiganya bersama-sama menjalani gaya hidup yang cinta lingkungan. Ini sketsa awal cerita tersebut.

Photo credit: Google

Gaya hidup tersebut kemudian dijelaskan lebih lanjut ke dalam lima buah tips. Tips ini bisa kita ikuti sebagai bentuk keikutsertaan kita dalam upaya menyelamatkan bumi. Bagi kamu yang kemarin terlewat membacanya, inilah rangkuman lima tips dari Google pada Hari Bumi, Sahabat Trivia.

GIF credit: Google

1. Let’s start simple. Remember to turn off the lights when you leave a room (Mulailah dari hal yang sederhana. Selalu ingat ya buat mematikan lampu kalau kamu meninggalkan ruangan)

Photo credit: The Spruce

Sebelum keluar rumah, pastikan seluruh lampu dan aliran listrik yang tidak perlu berada dalam kondisi mati. Selain menghemat energi, ruangan juga akan terasa lebih dingin atau segar ketika kamu kembali.


2. Find a way to get outside and help plant a tree in your community (Ajak orang-orang sekitarmu untuk menanam pohon)

Photo credit: MEANS

Lakukan kerja sama dengan tetangga atau komunitas yang ada di daerah tempat tinggal untuk menghijaukan lingkungan. Selain mendapatkan kualitas udara yang lebih baik, pepohonan juga akan mengurangi kemungkin terjadinya longsor saat hujan.


3. Try carpooling, walking, biking or taking public transit for a day (Coba untuk naik kendaraan bareng orang lain, jalan kaki, naik sepeda, atau naik kendaraan umum dalam sehari)

Photo credit: Huffington Post

Sesekali tinggalkan kendaraan pribadi dan gunakan jasa transportasi umum atau gunakan sepeda. Kamu bisa melakukannya seminggu sekali. Anggap saja sebagai olahraga sekaligus mengurangi polusi udara.


4. Eating fruits, veggies or locally sourced foods can reduces emission and waste (Makan buah, sayuran, atau makanan-makanan asli daerahmu agar mengurangi emisi dan limbah)

Photo credit: IdealMD

Sertakan selalu buah dan sayur dalam daftar belanja bulanan kamu. Sehat bagi tubuh sekaligus mengurangi emisi dan limbah.


5. Support coral reef conservation/wildlife conservation/rainforest conservation (Mendukung usaha konservasi terumbu karang/binatang liar/hutan)

Photo credit: Mission Blue

Dukung terus lembaga-lembaga konservasi seperti World Wild Life (WWF) yang konsen pada penyelamatan hewan-hewan terancam punah, Jane Goodal Institute (JGI) yang konsen pada kelestarian hutan hujan, atau The Ocean Agency yang konsen pada terumbu karang. Dukungan bisa berbentuk donasi atau menjadi tenaga volunteer.

BACA JUGA


Ulang Tahun Taman Nasional Komodo ke-37, Google Doodle Tes Pengetahuanmu Tentang Komodo, Berani Coba?

Ulang Tahun Taman Nasional Komodo ke-37, Google Doodle Tes Pengetahuanmu Tentang Komodo, Berani Coba?

Saat membuka laman pencarian Google hari ini, 6 Maret 2017, akan kamu dapati Google doodle-nya berupa komodo yang sedang bersantai di atas ...

Read more..

Itulah lima tips penyelamatan bumi dari Google yang disampaikan pada Hari Bumi 2017 kemarin. Tips-tips sederhana ini mengingatkan kepada kita bahwa aksi sekecil apapun untuk menyelamatkan bumi akan berdampak besar di kemudian hari.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Aksi Sederhana untuk Selamatkan Bumi Kita, Tips dari Google Buat Kamu di Hari Bumi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week