Alanda Kariza, Sosok Muda yang Inspiratif. Anak Muda Kekinian Harus Tahu Sosok Ini, Nih!

Alanda Kariza, Sosok Muda yang Inspiratif. Anak Muda Kekinian Harus Tahu Sosok Ini, Nih!

632
Tokoh anak muda yang memberi inspirasi dan bisa menjadi motivasi banget nih!

Pertama kali saya mengenal sosok ini adalah dari sebuah buku tulisannya yang berjudul ‘Travel Young’. Nama lengkapnya adalah Alanda Kariza, salah satu sosok perempuan muda yang saya kagumi karena prestasinya yang sangat gemilang. Mungkin di antara kamu ada yang sudah pernah mendengar namanya. Dia adalah perempuan muda asal Jakarta kelahiran tahun 1991 yang memiliki segudang bakat dan prestasi dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia. Dia adalah perempuan yang cerdas dan mandiri yang bisa memberikan inspirasi bagi anak muda Indonesia.

Alanda adalah seorang aktivis dan penulis. Ia sempat menjadi finalis termuda majalah Cosmo Girl saat berusia 15 tahun. Dia memiliki banyak prestasi dalam bidang akademik. Prestasi akademiknya adalah mendapatkan Beasiswa Pendidikan Jaya Foundation selama dua tahun, menjadi siswi lulusan terbaik jurusan Ilmu Pengetahuan Alam di tahun 2009 di SMA Negeri 82 Jakarta, dan mendapatkan beasiswa penuh selama tiga tahun di Binus International University Jakarta, Jurusan Bisnis Internasional. Saat ini, Alanda sedang berdomisili di London untuk menempuh studi magisternya.

photo credit: blog adi nugraha

Alanda adalah pelopor dari Indonesian Youth Conference (IYC)

IYC bertujuan sebagai wadah bagi anak muda Indonesia untuk berbagi ide, pemikiran, dan meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu terkini. IYC diadakan setiap tahun guna membangkitkan semangat anak muda untuk tertarik dan berkontribusi nyata dalam perubahan positif di Indonesia. Di usianya yang masih sangat muda, dia menjadi perwakilan Indonesia untuk Global Change Makers. Prestasinya yang lain adalah mewakili Indonesia dalam Global Change Makers, G-20 London Summit. Alanda mewakili Indonesia dalam One Young World di Pittsburgh, Amerika Serikat. One Young World adalah forum sosial untuk membahas masalah dunia dengan anak muda dari berbagai negara serta para pemimpin dunia. Dia juga pernah menjadi panelis di salah satu konferensi ILO di General Assembly Hall, Palais des Nations, Jenewa, Swiss.

Alanda memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Dia membuat sendiri komunitas sosial bernama The Cure for Tomorrow yang memiliki kegiatan mengumpulkan donasi untuk bencana, membuat workshop tentang daur ulang, mengampanyekan global warming, dan lain-lain.

“When you take risks, you learn that there will be times when you succeed and there will be times when you fail, and both are equally important" ("Ketika kau mengambil resiko, kau akan belajar bahwa akan ada saat ketika kau berhasil dan akan ada saat ketika kau gagal, dan keduanya sama pentingnya ") - Buku Travel Young


Berkarya dan berbagi melalui tulisan

photo credit: photobucket

Alanda juga seorang penulis buku. Dia memulai karier kepenulisan sejak Sekolah Dasar. Buku pertamanya berjudul Mint Chocolate Chips. Buku lainnya adalah Dream Catcher (2012), Travel Young (2014), Antologi Jika dan Hanya Jika, Beats Apart (2015), serta yang terbaru Sophismata (2017). Dia juga aktif menjadi kontributor di dalam The Jakarta Post.

Dalam beberapa tulisan di blognya, Alanda mengaku bahwa dia tidak meraih prestasinya dengan mudah, tetapi melalui perjuangan yang tekun dan pantang menyerah.

BACA JUGA


Hal inilah yang patut kamu contoh dan ambil pelajaran. Bahwa kamu bisa mewujudkan mimpimu. Apapun itu! Asalkan tekun dan giat berusaha karena perjuangan keras tentunya tidak akan menghianati hasil.

#30DayWritingChallenge #UltahnyaTrivia


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!








Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Alanda Kariza, Sosok Muda yang Inspiratif. Anak Muda Kekinian Harus Tahu Sosok Ini, Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yanti Nurhida | @Yantinurhida

Aku suka membaca dan suka nulis juga suka dengerin musik dan nonton drama korea

Silahkan login untuk memberi komentar