ASEAN Literary Festival 2017 Kenalkan Sastra ke Masyarakat Umum. Berikut Rangkuman Kegiatan Seru Acara Ini Buat Sahabat Trivia

photo credit: tmpo

ASEAN Literary Festival 2017 Kenalkan Sastra ke Masyarakat Umum. Berikut Rangkuman Kegiatan Seru Acara Ini Buat Sahabat Trivia

283
Buku merupakan alat politik yang bisa berpengaruh besar untuk kehidupan.

Pergelaran sastra bergengsi di Indonesia salah satunya adalah ASEAN Literary Festival 2017. Penggagas utama dari acara ini adalah Okky Puspa Madasari, penulis Indonesia yang memiliki konsep yang berbeda daripada ASEAN Literary Festival tahun-tahun sebelumnya. Acara yang diadakan untuk keempat kalinya tahun ini digelar pada 3-6 Agustus 2017 di Kota Tua dan memiliki tujuan lain selain berbagi perkembangan buku dan sastra di lingkup ASEAN, yaitu mengenalkan sastra untuk masyarakat umum. Tepat sekali, Kota Tua menjadi tempat acara akbar ini berlangsung. Tahun sebelumnya, ASEAN Literary Festival diadakan di Taman Ismail Marzuki.

Sebagai tempat terbuka umum pertama, Kota Tua menjadi saksi sejarah baru di dunia sastra. Kota Tua yang di hari biasa digunakan sebagai tempat rekreasi warga, kumpul komunitas, maupun tempat untuk menelusuri sejarah ampak berbeda dengan adanya acara ini. Kali ini, masyarakat yang datang ke Kota Tua dikenalkan dengan dunia literasi.

Booth-booth dari negara Malaysia, Brunei, Filipina, Vietnam, dan masih banyak lagi negara-negara di ASEAN menghadirkan warna yang berbeda. Tak lupa, Indonesia juga sangat antusias, mulai dari booth penulis, penerbit, dan komunitas buku di Indonesia.

Rangkaian acaranya sangat seru. Hari pertama pembukaan oleh Okky Madasari dan beberapa tamu undangan serta peserta residensi. Selain itu, acara lain tentang dunia kepenulisan mulai dari workshop dari Gramedia untuk penulis pop, puisi, novel sastra, maupun jurnalistik membuat semakin banyak pecinta buku mengikuti kegiatan yang diadakan.

Berikut ini acara-acara yang juga menarik masyarakat umum untuk menghadiri workshop maupun booth-booth yang ada di ASEAN Literary Festival 2017.


Opening ASEAN Literary Festival 2017(ALF 2017)

Acara ini dibuka oleh penggagas, Okky Madasari. Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid pun ikut meresmikan dibukanya ASEAN Literary Festival. Panji, seorang seniman tari juga meramaikan panggung ALF 2017 dan masih banyak lagi. Mereka membuat semakin penasaran masyarakat umum, apa sebenarnya ASEAN Literary Festival ini.


Jambore Nasional Sastra

Acara ini terbuka untuk murid-murid SD hingga sekolah menengah. Tanpa biaya pendaftaran, mereka bisa menikmati dunia buku dengan baik.


Workshop kepenulisan

Banyak sekali orang suka menulis, tetapi tidak tahu harus bagaimana dan diapakan ide yang tertampung. Gramedia Pustaka Utama mengadakan workshop menulis bagai pemula di hari kedua. Banyak sekali penulis pemula yang tertarik mengikuti acara ini.

photo credit: tmpo

Soft launching buku-buku

Ini merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu sebab selain menghadirkan penulis buku-buku yang meluncurkan bukunya, ada juga sesi pembagian hadiah bagi peserta yang beruntung. Salah satu soft launching yang sangat menarik perhatian masyarakat umum serta penikmat buku adalah soft launching Anak Rantau oleh A. Fuadi.


Ruang berpuisi

Di sini, banyak sekali pengunjungnya karena pembicaranya antara lain para penulis puisi muda, Aan Mansyur dan beberapa penulis dari luar, Jerman dan Brunei.

Masih banyak lagi acara menarik, antara lain adalah makan siang untuk pembaca setia buku-buku Okky Madasari yang sangat intim, serta penutup acara yang sangat memukau dari penyair Candra Malik, pengumuman pemenang lomba menulis cerita tentang gender, serta penampilan yang seru oleh Jkt48.

BACA JUGA


Festival Entrepreneur Indonesia (FEI) 2017 Akan Segera Hadir. Siapkan Dirimu untuk Datang ke Acara Kece Ini! Berikut Keseruan yang Mungkin Bisa Kamu Dapatkan!

Festival Entrepreneur Indonesia (FEI) 2017 Akan Segera Hadir. Siapkan Dirimu untuk Datang ke Acara Kece Ini! Berikut Keseruan yang Mungkin Bisa Kamu Dapatkan!

Dilaksanakan pada 15-16 Agustus 2017, Festival Entrepreneur Indonesia 2017 ini akan membuat kita semakin mantap untuk membuka usaha sendiri ...

Read more..

Tentu acara ini bisa terselenggara dengan baik atas koordinasi tim yang luar biasa solid. Kota tua tahun ini memiliki kenangan yang tak akan terlupakan, baik untuk masyarakat Jakarta ataupun para penikmat buku yang datang dari berbagai penjuru tanah air dan negara tetangga untuk mengikuti beberapa rangakaian acara yang ingin diikuti.

Salam literasi! Sampai ketemu di ASEAN Literary Festival tahun selanjutnya. Tentu dengan acara yang lebih seru lagi.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "ASEAN Literary Festival 2017 Kenalkan Sastra ke Masyarakat Umum. Berikut Rangkuman Kegiatan Seru Acara Ini Buat Sahabat Trivia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bare Kingkin Kinamu | @barekingkinkinamu

Penikmat hujan di musim kemarau panjang ini hobi sekali menghabiskan weekendnya dengan menikmati alam, buku, dan pena. Sesekali boleh mengintip kesehariannya lewat kingkinkinamu.wordpress.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week