Bagaimana Jadinya Kalau Internet Tidak Ada? Berikut Dampak Positif dan Negatif yang Kita Rasakan BIla Tidak Ada Internet. Kamu Setuju Sahabat Trivia?

Bagaimana Jadinya Kalau Internet Tidak Ada? Berikut Dampak Positif dan Negatif yang Kita Rasakan BIla Tidak Ada Internet. Kamu Setuju Sahabat Trivia?

828
Apakah tanpa internet kita akan baik-baik saja, Sahabat Trivia?

Tahu dong kita sekarang hidup di zaman apa? Zaman yang hampir setiap kegiatannya melibatkan internet. Meski dulunya internet hanya sebagai alat pasukan elite tentara. Tapi, kebayang nggak sih gimana rasanya kalau internet kembali tidak ada? Disaat semua orang dari yang muda hingga yang tua sudah sangat terbiasa dengan keberadaan internet guna membantu kegiatan sosial dan menambah pengetahuan, secara tiba-tiba internet lumpuh dan ikut melumpuhkan pula segala aktivitas sosial, pekerjaan dan sebagainya. Apakah tanpa internet kita akan baik-baik saja, Sahabat Trivia? Nah, dibawah ini merupakan kemungkinan-kemungkinan jika internet kembali tidak ada. Sudah siap membacanya?


1. Orang - orang akan kesulitan beradaptasi

Photo credit: Nilni

Internet saat ini sudah menjadi candu bagi hampir setiap orang, bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa internet. Nah, apabila orang-orang yang candu internet ini kehilangan internet, maka dia akan 'sakau' internet. Bagaimana tidak, internet sudah hampir seperti nafas untuknya, sehingga mereka akan kesulitan untuk beradaptasi dengan keadaan barunya.


2. Tak ada lagi individualis

Photo credit: Universitas Ciputra

Ketika internet tidak ada, maka manusia akan melakukan segalanya serba langsung dan nyata. Tak ada lagi jaringan komunikasi maya. Sehingga setiap orang akan bertegur sapa secara langsung, mau tidak mau. Karena, jika kamu tidak bersosialisasi kamu akan jadi manusia yang kesepian. Bahkan akan sulit untuk menjalani hidup.


3. Musnahnya istilah 'asyik sendiri'

Photo credit: packardfamilyorthodontics

Masa muda biasanya memiliki hobi untuk nongkrong sana nongkrong sini, kopdar sana kopdar sini. Tapi, sering pula kamu seperti tak tahu arti kebersamaan di balik kumpulnya kamu bersama teman-teman. Dalam acara kumpul tersebut pasti ada yang asyik sendiri dengan kegiatannya, bahkan tak jarang pula hampir semua asyik sendiri. Hingga, acara kumpul itu tak bermakna. Hanya sekadar berbekas sebuah jepretan foto yang dibagikan ke media sosial untuk menunjukan kalau kamu terlihat anak yang asyik dan bahagia dengan mengunjungi banyak tempat kece yang kekinian.


4. Permainan lama dan adat lama akan selalu dilestarikan

Photo credit: Good News from Indonesia

Semenjak ada internet, permainan lama mulai terlupakan. Budaya tradisional seolah terlupakan, anak kecil yang biasanya diperkenalkan permainan tradisional malah diperkenalkan game elektronik, dengan alasan lebih praktis. Bahkan ketika sekumpulan anak bermain, yang mereka mainkan adalah game online.


5. Pelajar lebih rajin dan cerdas

Photo credit: Youthmanual

Sebelum ada internet, pelajar menulis apapun dikertas. Dulu mencari materi di buku, mendatangi perpustakaan, perpustakaan ramai, sekarang mungkin mencari dan menyalin dari internet. Dulu, kalau ada tugas apa pun pasti dengan tekun kita akan membaca buku, sekarang mencari jawabannya langsung di internet. Bukan berarti hal ini tidak baik, hanya saja ketika membaca buku kemungkinanan informasi hoax yang didapatkan kecil ketimbang mencarinya melalui internet.


6. Menjadi lebih sehat

Photo credit: Harianpost

Ketika lebih sering bermain di luar dan beraktivitas fisik, tentunya kamu akan lebih sehat. Daripada di rumah seharian dengan menggenggam gadgetnya untuk bermain.

Nah, sudah siapkah Sahabat Trivia kehilangan jaringan internet sekarang? Sebenarnya banyak sekali dampak positif bila internet tidak ada, namun tidak kalah banyak juga dampak negatif yang timbul akibat hilangnya jaringan internet dalam hidup kita. Terlebih sekarang orang-orang sudah sangat terbiasa bahkan bisa dibilang bergantung ke internet untuk urusan duniawi kita.


#30DayWritingChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bagaimana Jadinya Kalau Internet Tidak Ada? Berikut Dampak Positif dan Negatif yang Kita Rasakan BIla Tidak Ada Internet. Kamu Setuju Sahabat Trivia?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Halimatu Sadiah | @halimatusadiah

Silahkan login untuk memberi komentar