Bagong Kussudiardja Muncul di Google Doodle Hari Ini. Kenalan Yuk dengan Koreografer Sekaligus Pelukis Kondang Satu Ini!

Photo credit: Tempo

Bagong Kussudiardja Muncul di Google Doodle Hari Ini. Kenalan Yuk dengan Koreografer Sekaligus Pelukis Kondang Satu Ini!

152
Bagong belajar di Amerika dan dididik oleh Martha Graham sebagai mentornya saat itu.

Hari ini Google Doodle kembali menampilkan sosok yang patut dikenang jasa dan kinerjanya selama ini dari berbagai bidang. Sosok itu adalah Bagong Kussudiardja, seorang koreografer sekaligus pelukis dunia. Bagong Kussudiardja lahir pada 9 Oktober 1928 di Yogyakarta, dan Google Doodle memperingati hari lahir Bagong Kussudiardja yang ke-89. Dalam melukis, Bagong Kussudiardja tidak terpaku dengan satu aliran saja, namun pelukis andal satu ini pandai melukis beberapa aliran seperti, impresionis, abstrak, hingga realis. Dirinya meninggal dunia pada 15 Juni 2004 di usianya ke 75 tahun. Bagong memulai kariernya sejak tahun 1954 di Yogyakarta. Saat belajar tari dirinya pun belajar melalui penari yang sangat andal, Pangeran Tedjokusumo di Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo. Jadi tidak heran kalau hingga kini nama Bagong Kussudiardi ini begitu melambung, sama seperti gurunya. Nah, kalau kamu ingin kenal lebih dekat lagi dengan sosok yang kini sedang terpampang di Google Doodle hari ini, langsung saja yuk kepoin seniman keren satu ini!


Sebelum menjadi pelukis, Bagong Kussudiardja mengawali kariernya sebagai penari

Photo credit: Tempo Foto

Tari adalah kesian pertama yang ia geluti. Dirinya memulai karier sebagai penari Jawa pada tahun 1954. Bagong belajar tari saat dirinya belajar di Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo. Saat itu dirinya belajar dari seorang penari yang juga terkenal pada masanya, Pangeran Tedjokusumo.


Karya tarinya sudah lebih dari 200 tarian

Photo credit: Tekno

Tercatat sudah lebih dari 200 tarian yang sudah diciptakan oleh seniman tari ini, beberapa di antaranya adalah Bedaya Gendeng yang ia ciptakan pada pertengah tahun 1980-an, Satria Tangguh, Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih yang ia ciptakan pada tahun 1968, dan Layang-layang pada tahun 1954.


Pernah melakukan pementasan di 7 negara yang ada di Eropa juga loh!

Photo credit: profil

Selain dikenal andal di dalam negeri, kemampuannya pun ia tunjukkan di melalui petas tari yang ia hadiri di 7 negara di Eropa. Di Eropa sendiri dirinya mengadakan pentas tari, seminar, lokakarya, demonstrasi, pameran batik, dan menulis batik pada Desember 198. Selain itu, selama 5 bulan ia sudah berkeliling ke 7 negara yang ada di Eropa. Bahkan dirinya juga membawa serta 14 penari dan mengadakan 69 kegiatan seni di sana.


Bagong juga mendirikan padepokan seni loh, Sahabat Trivia

Photo credit: Fimela

Pada tahun 1958, tepatnya 5 Maret 1958 dirinya membuka Pusat Latihan Tari. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2 Oktober 1978 ia juga mendirikan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja. Nah, kamu yang penasaran seperti apa padepokan yang Bagong dirikan, kamu bisa melihat film Ada Apa Dengan Cinta 2 yang rilis tahun 2016 lalu. Karena padepokan milik Bagong merupakan salah satu lokasi yang digunakan untuk syuting.


Tentu sebagai seniman besar, dirinya mendapatkan berbagai penghargaan

Photo credit: Seleb Tempo

Hebat dan berbakat sejak dahulu membuat Bagong mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi. Beberapa di antaranya adalah Hadiah Senei Pemerintah Indonesia tahun 1985, penghargaan Sri Paulus VI atas fragmen perjalanan Yesus Kristus, medali emas berkat karyanya yang dipamerkan di Daka, Bangladesh tahun 1980.


Ilmu yang didapatkannya tentang kesenian juga ia terima dari Amerika Serikat

Photo credit: Pikiran Rakyat

Pada tahun 1957-1958, Bagong belajar di Amerika dan dididik oleh Martha Graham sebagai mentornya saat itu. Martha Graham merupakan seorang pakar tari legendaris dan terkenal karena tekniknya yang luar biasa dan mampu mendobrak saat itu.


Selain dikenal sebagai salah satu perintis seni lukis, dirinya juga pernah bermain film

Photo credit: Satu Jam

Meski dikenal sebagai penari dan pelukis, ternyata dirinya juga pernah bermain dalam film Kugapai Cintamu. Selain itu, ayah dari Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto ini juga dikenal sebagai perintis seni lukis batik kontemporer.


Keturunan Sri Hamengkubuwono VIII

Photo credit: Indobos

Bagong Kussudiardja merupakan cucu dari kakak Sri Hamengkubuwono VIII. Tidak heran kalau darah seni dan semangat kerja kerasnya juga tinggi seperti layaknya keluarga kerajaan lain.

BACA JUGA


Hal-Hal Bikin Ngakak yang Hanya Bisa Dialami Setelah Ada Google Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Hal-Hal Bikin Ngakak yang Hanya Bisa Dialami Setelah Ada Google Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Berkat Google, inilah segala tingkah laku manusia yang absurd, konyol, dan bikin geleng-geleng kepala

Read more..

Sudah kenal, jadi semakin kagum dengan sosok seniman ini ya, Sahabat Trivia. Selamat ulang tahun salah satu pelopor seni Jawa yang serba bisa!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bagong Kussudiardja Muncul di Google Doodle Hari Ini. Kenalan Yuk dengan Koreografer Sekaligus Pelukis Kondang Satu Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar