Bahagia Itu Sederhana. Begini Caranya Bahagia dengan Cara yang Sederhana

Bahagia Itu Sederhana. Begini Caranya Bahagia dengan Cara yang Sederhana

699
Orang selalu bilang bahagia itu sederhana. Lalu bagaimana cara menjadi bahagia? Ternyata ada penelitian ilmiah mengenai cara membuat kita lebih bahagia.

Alex Korb, seorang peneliti neuroscience di UCLA menemukan apa yang benar-benar berhasil membuat kita lebih bahagia. Beberapa langkah untuk membuat kita lebih bahagia di bawah ini diambil dari buku Emotional Intelligence 2.0 karya Dr. Travis Bradberry.

Jika kamu termasuk orang yang mencari kebahagiaan, cobalah cara-cara berikut ini, buatlah dirimu lebih peka agar bisa lebih menyadari hal-hal kecil berikut yang bisa membuatmu bahagia, atau bisa juga mencoba lakukan hal-hal sederhana ini. Meski sederhana, ternyata ini bisa membuatmu bahagia lho.


Mengucap syukur

Mengucap Syukur - Be grateful no matter what. Photo credit: Huffington Post
Be grateful no matter what. Photo credit: Huffington Post

Mengucap syukur menghasilkan kebahagiaan. Sekalipun manusia cenderung untuk baper karena merasa bersalah, khawatir, ataupun malu, bersyukur adalah kunci sederhana untuk bahagia. Ketika kita bersyukur, kita berhenti melihat segala yang salah dan melihat banyak hal positif lainnya.


Sebutkan perasaan apa yang sedang kamu alami

Sebutkan Perasaan Apa Yang Sedang Kamu Alami - Bingung sedang merasakan apa?
Bingung sedang merasakan apa?

Sebutkan secara spesifik perasaan yang kamu alami.  Jangan sebentar-bentar bilang baper. Itu tidak dipahami sistem otak. Bilang saja ‘malu’, ‘patah hati’, ‘iri’, dan secara otomatis ketika kita jujur menyebutkan emosi yang kita rasakan. Bagian otak kita akan mengatur emosi menjadi lebih tenang.


Tawarkan bantuan kepada orang lain

Tawarkan Bantuan Kepada Orang Lain -

Seringkali ketika kita sedang dirundung masalah, kita memilih untuk menyendiri dan tenggelam dalam perasaan mellow. Padahal, cara untuk kembali merasa bahagia adalah dengan membantu orang lain. Ketika kita memberikan bantuan sederhana ke orang lain, sistem otak kita melepas oksitosin, serotonin, dan dopamin yang bertugas menghasilkan perasaan positif.


Berikan sentuhan

Berikan Sentuhan - Tahukah kamu sistem otak kita membutuhkan sentuhan?
Tahukah kamu sistem otak kita membutuhkan sentuhan?

Sistem otak kita membutuhkan sentuhan. Manusia sebagai mahluk sosial membutuhkan orang lain sebagai sumber dukungannya. Hal ini dapat dilakukan hanya dengan menepuk bahu ataupun pelukan. Ketika kita menepuk bahu orang lain ataupun memperoleh pelukan dari orang terdekat kita, secara otomatis, sistem otak kita pun menjadi rileks dan berbahagia.


Jadi sudah tahu cara bagaimana bahagia dengan cara yang sederhana?

Jadi Sudah Tahu Cara Bagaimana Bahagia Dengan Cara Yang Sederhana? -

Untuk menimbulkan bahagia itu ternyata memang sederhana. Menerapkan empat langkah di atas membantu kita menjalani hidup yang lebih semangat lagi. Selamat mencoba.

BACA JUGA


Ilustrasi Ini Mengingatkanmu untuk Selalu Bahagia. Bahagia Itu Sederhana dan Kamu Dapat Menciptakannya Sendiri!

Ilustrasi Ini Mengingatkanmu untuk Selalu Bahagia. Bahagia Itu Sederhana dan Kamu Dapat Menciptakannya Sendiri!

Siapa sih yang tidak ingin hidupnya bahagia? Pastinya semua ingin bahagia, kan? Nah, kalau kamu merasa belum bahagia atau sedang mencari ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bahagia Itu Sederhana. Begini Caranya Bahagia dengan Cara yang Sederhana". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Vivi Sebayang | @vivipindah

saya adalah kitab yg terbuka. Telusuri blog, Instagram, Youtube, Linkedin anda sudah dpt data lengkap tentang saya. Bagaimana? atur jadwal ngopi di masa depan ?

Silahkan login untuk memberi komentar

Kim Kim | @kimkim

PROMO TANPA di undi freebet 100.000,- BBM #7AC8D76B gak ada syarat banyak.. (s1288poker. com)

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week