Baru Lulus SMA dan Belum Tahu Kuliah di Mana dan Ngambil Jurusan Apa? Inilah Pertimbangan-Pertimbangan yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Kampus dan Jurusan

Baru Lulus SMA dan Belum Tahu Kuliah di Mana dan Ngambil Jurusan Apa? Inilah Pertimbangan-Pertimbangan yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Kampus dan Jurusan

1.9K
Selangkah lebih dekat menjadi anak kuliahan dan masih bingung milih jurusan apa? Ini dia pertimbangan-pertimbangan yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih jurusan.

Sahabat Trivia, beberapa orang yang baru lulus SMA masih bingung untuk memilih jurusan apa pas kuliah nanti. Maka dari itu, penting banget nih, bagi kamu yang memiliki rencana melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi untuk mulai memikirkan jurusan apa yang akan kamu pilih. Yup, bagi kamu yang memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan kamu ke tingkat perguruan tinggi, mulai dari sekarang kamu harus rajin-rajin mencari informasi dan menentukan universitas dan jurusan apa yang ingin kamu pilih. Pilihan universitas dan jurusan merupakan faktor yang sangat penting sebelum kamu melanjutkan pendidikan kamu ke tingkat perguruan tinggi. So, jangan asal pilih dan berpikiran yang penting kuliah. Kenapa memilih jurusan itu penting? Untuk menghindari rasa ketidakcocokan kamu dengan jurusan yang sudah telanjur kamu pilih nantinya, Sahabat Trivia.

Ketika kamu merasa tidak cocok atau merasa salah pilih jurusan, hal itu bisa memberatkan proses belajar kamu semasa kuliah nanti. Jika kamu tidak cocok atau merasa salah pilih jurusan, kamu hanya memiliki dua pilihan. Pertama, kamu harus memaksakan diri untuk terus lanjut belajar pada jurusan yang sudah telanjur kamu pilih atau kamu harus mendaftar ulang jurusan baru yang benar-benar sesuai dengan kamu, artinya kamu harus memulai dari awal perkuliahan. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih jurusan, Sahabat Trivia. Bagi kamu yang masih bingung milih jurusan yang sesuai dengan kamu, coba perhatikan pertimbangan-pertimbangan ini sebelum memilih jurusan.


Tips memilih jurusan

Bagi kamu yang masih bingun milih jurusan apa, kamu bisa mempertimbangkan jurusan apa yang akan kamu pilih berdasarkan hal-hal berikut ini, Sahabat Trivia.

photo credit: mcgilluniversity

Memilih jurusan berdasarkan passion atau hobi

Kamu bisa memilih jurusan berdasarkan passion atau hobi kamu karena jika kamu memang memiliki passion atau hobi yang sesuai dengan jurusan yang kamu pilih, pastinya kamu akan senang hati dan lebih mudah untuk menangkap pelajaran-pelajaran yang diajarkan karena memang itu yang kamu inginkan atau yang kamu benar-benar kamu nikmati untuk lakukan. Panggilan jiwamu banget deh. Berikut contoh-contohnya yang bisa kamu pertimbangkan. (Sumber: halokampus, tekoneko)


1. Berhubungan dengan komunikasi

Bagi kamu yang memiliki passion atau hobi yang berhubungan dengan komunikasi, seperti kamu yang hobi menulis blog, hobi ngevlog di YouTube, memiliki kemampuan berbahasa yang baik, atau memiliki minat di bidang public speaking seperti MC atau penyiar, ini dia jurusan yang bisa kamu pilih. Kamu pun bisa masuk ke Jurusan Sastra, Ilmu Bahasa, Ilmu Komunikasi, Ilmu Sosial, Filsafat, Studi Perpustakaan.


2. Berhubungan dengan menggambar

Mahir dalam menggambar dan selalu tertarik dalam dunia menggambar? Jurusan ini bisa jadi salah satu pilihan kamu yang memang memiliki minat dan hobi dengan menggambar, mendesain, dan melukis, Sahabat Trivia. Kamu pun bisa masuk ke Jurusan Arsitektur, Desain Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk.


3. Berhubungan dengan seni dan musik

Kamu memiliki passion terhadap seni dan punya hobi yang juga berhubungan dengan seni dan musik? Nggak perlu khawatir, beberapa perguruan tinggi memiliki jurusan yang berhubungan dengan seni atau kamu juga bisa memilih perguruan tinggi yang memang khusus untuk jurusan seni dan musik, seperti IKJ (Institut Kesenian Jakarta), ISI (Institut Seni Indonesia), Institut Musik Daya Indonesia. Jika kamu memang memiliki dedikasi yang tinggi dalam bidang seni dan musik, jurusan-jurusan berikut ini bisa menjadi pilihan kamu. Kamu pun bisa masuk ke Jurusan Administrasi Seni, Kerajinan Tangan, Musik, Seni Rupa, Seni Rupa Kreatif dan Desain, Seni Tari, Teater, dan Seni Drama.


4. Berhubungan dengan ilmu pengetahuan

Memiliki passion atau hobi dalam bidang ilmu pengetahuan, seperti Matematika, IPA, IPS, kesehatan, atau ilmu pengetahuan lainnya, kamu bisa memilih jurusan-jurusan ini, Sahabat Trivia, Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Geofisika, Geologi, Astronomi, Statistika, Ilmu Kesehatan, Ilmu Lingkungan Hidup, Ilmu Olah Raga.


Memilih jurusan berdasarkan pekerjaan impian

Sahabat Trivia, bagi kamu yang memang sudah mantap memiliki cita-cita ingin bekerja di mana, cita-cita kamu bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk memilih jurusan saat di perguruan tinggi nanti nih. Pilihlah jurusan yang berhubungan dengan cita-cita kamu. Berikut contoh-contohnya yang bisa kamu pertimbangkan. (Sumber: halokampus, tekoneko)

photo credit: gettyimage

1. Cita-cita kerja di bidang kesehatan

Bagi kamu yang memiliki cita-cita atau memiliki perkerjaan impian di bidang kesehatan, jurusan-jurusan ini bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum memilih jurusan yang benar-benar kamu inginkan. Farmakologi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Mata, Kesehatan Keselamatan Keamanan, Kesehatan Umum, Kesehatan Tambahan, Konseling, Pekerjaan Sosial, Perawatan, Psikologi.


2. Cita-cita sebagai guru dan di bidang pendidikan

Memiliki cita-cita dan pekerjaan impian yang mulia seperti guru, daftar jurusan berikut ini bisa membantu kamu untuk mewujudkan pekerjaan impian kamu menjadi guru. Banyak jurusan yang berhubungan dengan pekerjaan sebagai guru, kamu tinggal pilih saja jurusan yang sesuai dengan keinginan kamu menjadi guru apa. Jurusan PGSD, PG PAUD, Bimbingan, Konseling tentang Karir, Manajemen Pendidikan, Pedagogi, PGCE, Pembelajaran Pendidikan, Pengajaran, Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Pengajaran Bahasa Inggris kepada Penutur Bahasa Lain, Pendidikan bagi Orang Dewasa, Pendidikan Khusus, Penelitian Pendidikan, Pengembangan Profesi Berkesinambungan, Perubahan Karir, Psikologi Pendidikan, dan pendidikan guru dengan bidang keilmuan yang spesifik bisa jadi pilihanmu.


3. Cita-cita sebagai arkeolog dan ahli sejarah

Memiliki cita-cita sebagai arkeolog atau pengamat sejarah, why not? jika kamu memang memiliki pekerjaan impian yang berhubungan dengan sejarah, jurusan ini pastinya bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih, Sahabat Trivia. Misalnya, Jurusan Arkeologi, Filsafat, Humaniora, Sejarah, Filologi.


Jadi, kamu mau kuliah apa?

Masih bingung mau kuliah apa dan di mana? Mungkin kalau kamu masih galau dengan cara di atas, bisa banget nih kamu pertimbangkan dari pelajaran yang kamu suka. Ini cara paling simple yang bisa kamu lakukan, Sahabat Trivia.

photo credit: newcastle

1. Buat kamu yang suka pelajaran matematika dan science

Sahabat Trivia bagi kamu yang suka dengan pelajaran-pelajaran matematika dan science, kamu bisa memilih Jurusan Akuntansi, Ekonomi, Matematika, Statistik, Manajemen, Bisnis, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Geofisika, Geologi, Astronomi, Teknik, Sistem informasi, IT, Farmasai, Kedikteran, Keperawatan, Kebidanan.


2. Buat kamu yang suka pelajaran sosial

Kalau kamu suka pelajaran sosial, jurusan-jurusan berikut ini bisa jadi pertimbangan untuk kamu pilih, seperti Jurusan Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Filsafat, Sejarah, Ilmu Hukum, Kesejahteraan Sosial, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ilmu Hubungan Internasional, Kriminologi, Psikologi.


3. Buat kamu yang suka pelajaran bahasa

Suka pelajaran bahasa? kamu bisa memilih jurusan Sastra, Bahasa dan Kebudayaan, Bahasa Asing, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Sastra Nusantara, Sahabat Trivia.


4. Buat kamu yang suka pelajaran seni

Suka dengan pelajaran seni jurusan-jurusan ini, pastinya bisa kamu pertimbangkan Jurusan Seni Rupa, Seni Kriya, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Musik, Seni Tari, Teater dan Seni Drama untuk jadi pilihanmu.


photo credit: utseus


Jurusan dengan biaya termahal

Kalau sudah tahu mau kuliah di jurusan apa, lalu sekarang gilirannya kamu tentukan nih mau kuliah di mana. Biaya kuliah juga jadi salah satu bahan pertimbangan selanjutnya. Sahabat Trivia, ini dia beberapa jurusan yang dikenal termahal, alias yang paling menguras kantong menurut youthmanual.

• Kedokteran, dengan biaya kuliah berkisar antara Rp 10 jt - 20 jt per semester

• Teknik berkisar, dengan biaya berkisar Rp 10 jt per semester


Jurusan, dengan potensial gaji pekerjaan tertinggi

Ketika lulus kulaih nanti, kamu ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi, pilih saja daftar jurusan-jurusan versi teen dan aturduit berikut ini. Menurut riset mereka, jurusan-jurusan ini akan mendapatkan gaji yang tinggi setelah lulus nanti.

• Teknik Komputer, dengan gaji berkisar ( Rp 885 juta per tahun)

• Akuntansi, dengan gaji berkisar ( Rp 733 juta per tahun)

• Ilmu Politik, dengan gaji berkisar (Rp 590 juta per tahun)

• Teknik Perminyakan, dengan gaji berkisar (Rp 907 juta per tahun)

• Teknik Pertambangan dengan gaji berkisar (Rp 907 juta per tahun)

• Kedokteran, dengan gaji berkisar (Rp 10 - Rp 50 juta per bulan)

• Financial, dengan gaji berkisar (Rp 60 - Rp 80 juta per bulan)


Daftar universitas unggulan yang bisa jadi pilihanmu

Kualitas dan reputasi universitas juga harus diperhatikan, Sahabat Trivia. Hal-hal ini berpengaruh terhadap kualitas dosen, teknik mengajar, bahan ajar, dan jaringan setelah lulus. Inilah daftar universitas unggulan di Indonesia yang dilansir oleh webometrics. Bisa jadi referensi kamu sebelum memilih universitas dan jurusan yang pas buat kamu.

photo credit: staticflickr

Univeristas unggulan di Indonesia

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada berada di urutan 817 dalam kategori universitas terbaik di dunia dan berhasil menempati posisi no. 1 di Indonesia sebagai universitas terbaik. Pada tahun ini UGM merupakan perguruan terbaik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang didapatkan dari mahasiswanya serta para tenaga pengajarnya, Sahabat Trivia.

Menurut ketentuan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan yang diterapkan sejak tahun 2013 tahun yang lalu, biaya kuliah UGM menggunkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). UKT adalah jumlah biaya kuliah berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi orang tuanya atau mahasiswa jika sudah memiliki penghasilan sendiri. Besar kecilnya biaya UKT akan ditentukan ketika kamu sudah sah diterima di UGM, Sahabat Trivia. Berikut ini merupakan jurusan yang paling diminati di universitas nomer satu di Indonesia ini, Jurusan Pendidikan Kedokteran, Ilmu Hukum, Pendidkan Dokter Gigi, Psikologi, Teknik Elektro. (Sumber: berkuliah dan biayakuliah)


Universitas Indonesia (UI)

Universitas ini menepati ranking ke 861 untuk universitas terbaik di dunia dan menjadi universitas terbaik nomer dua di Indonesia. Yup, Universitas Indonesia memang sudah terkenal menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Jadi, nggak heran kalau banyak yang ngantri untuk masuk universitas ini. Biaya kuliah di UI menggunakan sistem Biaya Operasional Pendidikan (BOP). BOP ini terdiri dari (BOP-B), yaitu biaya kuliah di sesuaikan dengan kamampuan penangung jawab biaya kuliah mahasiswa, misalnya berdasarkan pendapatan orang tua dan ada (BOP-P) di mana biaya kuliah ditentukan sendiri oleh penanggung jawab biaya kuliah mahasiswa yang didasarkan pada keiginan berpartisispasi membantu biaya operasioanl pendidikan di UI. Berikut ini jurusan yang paling diminati di Universitas Indonesia, Kedokteran, Psikologi, Ekonomi, Hukum, Komunikasi, dan Hubungan Internasional. (Sumber: biayakuliah)


Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) berada pada posisi 987 pada peringkat universitas terbaik di dunia dan berhasil menempati posisi ketiga di Indonesia. Biaya kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) sama dengan biaya kuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan menggunakan sistem UKT, Sahabat Trivia. Jurusan yang paling diminati di ITB adalah Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM), Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), Teknologi Industri (FTI). (Sumber: okezone dan biayakuliah)


Bogor Agricultural University (IPB)

Bogor Agricultural University atau Institut Pertanian Bogor (IPB) berada pada urutan ke 1538 untuk universitas terbaik di dunia dan menduduki posisi ke empat di Indonesia. Institut Pertanian Bogor (IPB) bergerak di bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika. IPB juga memiliki banyak prestasi yang dicapai oleh dosen sekaligus mahasiswanya. Biaya kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) juga menggunakan sistem UKT sama seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Jurusan yang paling diminati di IPB adalah Jurusan Ilmu Gizi, Kedokteran Hewan, dan Statistik. (Sumber: biayakuliah)


Universitas Brawijaya

Universita Brawijaya berada pada posisi ke 1614 dalam kategori universitas terbaik di dunia dan menduduki posisi ke 5 di Indonesia. Biaya kuliah di (UB) juga menggunakan UKT, biaya kuliah UKT di Universitas Brawijaya dibayar satu kali setiap awal semester, Sahabat Trivia. Jurusan yang paling diminati di UB adalah Pendidikan Dokter, Teknik Informatika, Manajemen, Akuntansi, Ilmu Hukum (Sumber: biayakuliah dan quipper).



Universitas terbaik di dunia

Masih ingat dengan pepatah "Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina"? Pepatah ini bukan berarti kamu harus ke negeri Cina untuk menuntut ilmu. Maksud dari pepatah tersebut adalah belajarlah sebanyak-banyaknya, setinggi-tingginya. Cina pun dianggap sebagai standar tinggi akan keilmuan karena peradabannya yang sangat maju dari zaman duhulu, bahkan di kala negara-negara lain belum maju peradabannya.

Kamu dapat mencari ilmu sejauh apapun, nggak harus di negeri kamu sendiri. Kamu bisa mencari ilmu di luar negeri, Sahabat Trivia. Banyak sekali kesempatan-kesempatan kamu untuk berkuliah di perguruan tinggi di luar negeri, seperti melalui jalur beasiswa. Jika kamu memiliki dedikasi yang tinggi, keberanian, kemandirian, dan semangat untuk mengusahakannya, kamu bisa banget menuntut ilmu di universitas-universitas ternama di dunia. Jika kamu memiliki tujuan untuk melanjutkan pendidikan di universitas di luar negeri, berikut ini daftar jurusan yang banyak diminati di beberapa universitas terbaik di luar negeri versi topuniversities yang bisa menjadi referensi kamu, Sahabat Trivia.


Harvard University

Harvard University merupakan universitas terbaik di dunia. Harvard Univeristy berhasil menududuki peringkat pertama dalam kategori universitas terbaik di dunia. Harvard University berada di Cambridge, Masschusetts, Amerika Serikat. Untuk berkuliah di Harvard University ini biaya kuliah yang harus dikelurkan berkisar $11500. Tapi tentunya dengan biaya semahal itu fasilitas yang kamu dapat nggak akan mengecewakan.

Kamu juga nggak perlu khawatir Harvard University sering membuka jalur beasiswa. Maka dari itu bagi kamu yang ingin menajdi mahasiswa di universitas terbaik di dunia ini, rajin-rajinlah mencari inofrmasi beasiswa dan pastinya butuh kerja keras yang maksimal karena pasti banyak peminatnya, Sahabat Trivia. Jurusan yang paling diminati di Harvard University yaitu, Social Sciences, General Biology/Biological Science, General History, General Mathematic, General and Physical Sciences. (Sumber: berkuliah dan usnews)


Stanford University

Stanford University berada di posisi kedua untuk universitas terbaik di dunia. Standford University berada di San Francisco, tepatnya di bagian barat laut Santa Clara Valley (Silicon Valley). Biaya pendaftaran di Universitas Stanford adalah $90. Seleksi ini sangat ketat dengan tingkat penerimaan 5,7 % dari jumlah pendaftaran yang artinya persaingan sangat ketat di antara para pendaftar. Kamu harus benar-benar memiliki persiapan yang ekstra jika ingin mendaftar menjadi salah satu mahasiswa Stanford University. Jurusan yang paling diminati di univeristas ini adalah Human Biology, Economics, International Relations, Biology, Computer Science. (Sumber: berkuliah dan quora)


University of Oxford

University of Oxford berhasil masuk dalam 10 universitas terbaik di dunia. University of Oxford menduduki peringkat ke delapan untuk universitas terbaik di dunia. University of Oxford berada di Britania Raya, Inggris. Biaya kuliah di University of Oxford ini berkisar £8.000 – £30.000 untuk tahun pertama. Jurusan yang paling diminati di University of Oxford adalah Humanities, Science, Combined, Social Sciences, Engineering and Technology. (Sumber: berkuliah dan collegeview)


Masalah yang mungkin kamu hadapi untuk meraih jurusan impian kamu

photo credit: confidencelearningservice

Ketika jurusan pilihan kamu nggak sesuai dengan keinginan orang tua

Sahabat Trivia, ketika kamu sudah memiliki pilihan jurusan apa yang akan kamu ambil, kemungkinan dapat terjadi bisa saja orang tua kamu tidak menyetujui jurusan yang kamu pilih. Tidak menutup kemungkinan kalau orang kamu tidak menyetujui atau tidak mendukung jurusan yang kamu pilih, hal tersebut bisa saja terjadi karena orang tua kamu memiliki sudut pandang yang berbeda dengan kamu terhadap jurusan yang kamu pilih tersebut, Sahabat Trivia. Berbeda sudut pandang bisa terjadi oleh siapapun, tidak terkecuali dengan orang tua kamu. Kalau sudah begini apa yang harus dilakukan?

Solusinya adalah tanyakan alasan orang tua kamu tidak menyetujiui jurusan pilhan kamu. Ini yang pertama kali bisa kamu lakukan. Hal ini untuk mencari tahu hal apa yang membuat orang tua kamu tidak setuju. Setelah itu, kamu bisa bicarakan alasan kamu memilih jurusan itu. Pada saat ini, kamu harus memiliki argumen atau bukti yang kuat untuk membujuk orang tua kamu. Misalnya, kamu bisa menunjukkan bukti jika kamu memang memiliki passion dan menunjukkan kesungguh-sungguhan pada jurusan itu. Kamu juga bisa memberitahu informasi-informasi mengenai jurusan yang kamu pilih yang mungkin orang tua kamu belum mengetahuinya, misalnya bukti bahwa jurusan kamu merupakan jurusan yang paling banyak memiliki lapangan pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Dengan melakukan hal tersebut, kemungkinan orang tua kamu dapat mempertimbangkan kembali jurusan pilihan kamu, Sahabat Trivia.


Ketika terhalang biaya

Tidak jadi memilih jurusan yang kamu inginkan karena terhalang biaya memang bisa saja terjadi. Seperti misalnya, kamu ingin mengambil jurusan kedokteran. Sudah tidak asing lagi ya bahwa jurusan kedokteran memang memerlukan biaya yang cukup banyak dan mahal. Tapi, jangan putus asa. Sekarang ini banyak sekali universitas dalam maupun luar negeri yang membuka jalur beasiswa, Sahabat Trivia. Jangan jadikan biaya menjadi alasan untuk kamu tidak dapat meraih jurusan yang sesuai dengan keinginan kamu. Sekarang ini apapun bisa dicari dengan cepat dengan menggunakan internet begitupun mencari informasi tentang beasiswa dan masih banyak lagi sumber lain juga yang memberikan informasi mengenai beasiswa. Kamu jadi nggak perlu khawatir untuk tidak bisa memilih jurusan impian kamu. Rajin-rajinlah untuk mencari informasi mengenai beasiswa kuliah.

Ketika kamu tidak memiliki halangan untuk meraih jurusan yang kamu impikan, jangan ragu buat melangkah dan usaha dengan tekun dan gigih. Kamu pasti bisa. Terkadang tanpa kamu sadari, diri kamu sendirilah yang menahan kamu untuk selalu berusahaa dan mencari kesempatan. Padahal jika kamu memang memiliki dedikasi, keinginan, serta kerja keras yang tinggi kamu, kamu akan dengan mudah mendapatkan kesempatan-kesempatan untuk meraih jurusan, pekerjaan, dan cita-cita yang kamu impikan.

BACA JUGA


Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Sebetulnya Potensial. Bisa Jadi Pertimbanganmu Kuliah Nih!

Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Sebetulnya Potensial. Bisa Jadi Pertimbanganmu Kuliah Nih!

Kamu sedang bingung memilih jurusan masuk kuliah? Jarang dilirik tak berarti bukan pilihan baik. Berikut beberapa jurusan kuliah yang bisa ...

Read more..

Jika kamu sudah memiliki pilihan jurusan yang akan kamu pilih, mulailah untuk mencari informasi-informasi mengenai jurusan yang kamu pilih, kamu bisa menanyakan senior-senior kamu yang berada di jurusan tersebut, atau kamu juga bisa mencari informasi di web univeritas yang kamu pilih mengenai jurusan tersebut. Mencari informasi mengenai jurusan yang kamu pilih bermanfaat untuk kamu mendaptkan gambaran mengenai pelajaran-pelajaran apa saja yang akan dibahas dalam jurusan yang akan kamu pilih. So, Sahabat Trivia yang akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi, apakah kamu sudah memiliki bayangan jurusan apa yang akan kamu pilih? Kamu juga bisa menanyakan seputar jurusan-jurusan di atas pada kolom komentar di bawah artikel ini ya!


Penulis: Irma Rosita

Editor: Resty Amalia & Ulfa Sekar Langit

Graphic designer: Mita Rizki




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Baru Lulus SMA dan Belum Tahu Kuliah di Mana dan Ngambil Jurusan Apa? Inilah Pertimbangan-Pertimbangan yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memilih Kampus dan Jurusan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar