Battle of Surabaya, Film Animasi Terbaik di Milan International Filmmaker Festival 2017. Berikut 7 Fakta Menarik Filmnya yang Perlu Kamu Tahu

Image source: KBRI Roma

Battle of Surabaya, Film Animasi Terbaik di Milan International Filmmaker Festival 2017. Berikut 7 Fakta Menarik Filmnya yang Perlu Kamu Tahu

230
Film Battle of Surabaya terpilih sebagai Best Animation or Animated Sequenced dalam ajang Milan International Filmmaker Festival 2017.

Sudah dua tahun berlalu sejak penayangan perdananya, namun film Battle of Surabaya masih terus menorehkan prestasi. Kali ini film tersebut terpilih sebagai Best Animation or Animated Sequenced dalam ajang Milan International Filmmaker Festival 2017. Pada acara penghargaan film yang digelar pada tanggal 25 November sampai 2 Desember lalu di Milan, Italia ini Battle of Surabaya bersaing dengan 6 nominator lain yaitu film Requiem for Greed, The Hunt, Nephilim, Outside, The Moment, dan Unmasked.

Nah, berikut adalah fakta-fakta menarik seputar film Battle of Surabaya yang disutradarai oleh Aryanto Yuniawan.


1. Bermula dari naskah serial televisi yang dipandang sebelah mata

Image source: Theatersatu

Berdasarkan penuturan Eksekutif Produser film Battle of Surabaya, M. Suyanto, sebetulnya cerita Peristiwa 10 November itu dipersiapkan untuk serial televisi berjumlah 13 episode. Namun, naskah serialnya yang berjudul 'Petualangan Abdan' tersebut ditolak oleh banyak televisi nasional.


2. Tayang dalam tiga bahasa

Image source: Aryanto Yuniawan

Film yang melibatkan aktor Reza Rahadian dan aktris Maudy Ayunda ini ditayangkan dalam tiga bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, dan Jepang.


3. Penerima tropi kemenangan di Milan

Image source: Instagram/kbriroma

Penyerahan tropi kemenangan film Battle of Surabaya di ajang Milan International Filmmaker Festival ini dilakukan pada hari puncak pagelaran festival tersebut, yaitu hari Sabtu, 2 Desember 2017. Namun, pihak produser film, MSV Pictures, berhalangan hadir, sehingga diwakili oleh ketua PPI Italia, Bashofi.


4. Melibatkan banyak animator Indonesia

Image source: Indonesian Film Center

Para animator Indonesia ini berasal dari kalangan alumnus, dosen, animator profesional, serta mahasiswa AMIKOM. Semuanya berkolaborasi untuk menghasilkan film animasi yang menceritakan peristiwa 10 November 1945 di Surabaya ini.


5. Punya segudang prestasi

Image source: IMDb

Selain menang di Milan, ini dia deretan prestasi lain film Battle of Surabaya:

  • Best Feature Animation, Noida International Film Festival 2016 di Noida, India
  • Feature Films Grand Prize, Seoul International Cartoon & Animation Festival 2016
  • Nominee Best Foreign Animation Trailer, The 15th Annual Golden Trailer Award 2014
  • Winner People's Choice Award, International Movie Trailer Festival (IMTF) 2013
  • Winner Digital Animation, INAICTA 2012
  • Winner Indigo Fellowship, PT Telkom Indonesia 2012
  • Nominee Appreciation Film of Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) 2012


6. Tersedia dalam stiker Line

Image source: Line

Buat kamu yang suka menggunakan layanan chatting di Line, ada stiker Battle of Surabaya kreasi MSV Pictures, nih. Kamu bisa memilikinya dengan menukar 50 poin atau seharga Rp12.000. Sampai saat ini, ada 8 versi stiker, yaitu Battle of Surabaya Friends, Battle of Surabaya Friends Part 2, Yumna sosok perempuan Jawa-Cina yang cantik dan mandiri, Musa pemuda penyemir sepatu yang jadi kurir surat tentara perang, Danu si jahat yang akhirnya menyadari kejahatannya, Solehudin alias Cak Soleh yang kocak, dan John Wright si kapten yang bengis.


7. Akan dibuat versi 4DX

Image source: IMDb

Kabarnya, film ini akan dibuat versi 4DX yang memungkinkan penonton bisa ikut merasakan sensasi yang sama dengan tokohnya. Jadi, ketika ada adegan pesawat menukik, maka penonton merasakan sensasi ketika pesawat menukik. Juga ketika Yumna, wajahnya tertiup angin, penonton bisa merasakan hal serupa. Misalnya lagi, ketika Musa sedang berwudhu dan ada gelembung air, penonton juga akan merasakan adanya gelembung air tersebut.

Di Indonesia, bioskop yang menyajikan suguhan teknologi tersebut baru ada di empat kota, yaitu masing-masing satu di Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya, serta tiga bioskop di Jakarta. Sedangkan di luar negeri sudah ada di sekitar 34 negara. Battle of Surabaya diharapkan bisa tayang di sekitar 300 bioskop 4DX mancanegara. Untuk memuluskan rencana tersebut, pihak MSV Picture akan menjalin kerjasama dengan perusahaan film besar dari Korea Selatan, CJ Entertainment.

BACA JUGA


Film Indonesia yang Akan Rilis di Tahun 2018. Ada Film yang Bikin Kamu Nostalgiaan Loh!

Film Indonesia yang Akan Rilis di Tahun 2018. Ada Film yang Bikin Kamu Nostalgiaan Loh!

Tidak hanya film-film luar saja yang sudah ditunggu-tunggu, film Indonesia pun punya banyak stok film yang akan rilis tahun 2018 dan sudah ...

Read more..

Wah, film animasi garapan anak bangsa ini bikin bangga!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Battle of Surabaya, Film Animasi Terbaik di Milan International Filmmaker Festival 2017. Berikut 7 Fakta Menarik Filmnya yang Perlu Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and knitter based in Ngawi, East Java

Silahkan login untuk memberi komentar