Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian dan Juga Menghasilkan Banyak Uang

photo credit: genhq

Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian dan Juga Menghasilkan Banyak Uang

1.9K
Berikut beberapa daftar pekerjaan yang paling diminati anak muda dan juga menghasilkan banyak uang.
Jika dirimu ditanya mengenai pekerjaan impian, jawaban apakah yang akan kamu berikan?

Apakah jawabanmu sama seperti jawaban masa kecilmu dulu, ketika pertama kali ibumu atau kerabat dekatmu menanyakan pertanyaan itu? Jika iya, sebaiknya kamu meninjau kembali jenis pekerjaan apa yang tepat untuk dirimu, mengingat sangat banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi. Internet, telah merubah cara orang Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan dan pemasukan.

Memang tak bisa dipungkiri, pekerjaan kantoran di perusahaan besar jelas telah dianggap sebagai ‘pilihan terbaik’ bagi sebagian orang yang telah lama berkecimpung dalam pekerjaan tersebut. Apalagi bagi para lulusan mahasiswa yang ingin bekerja, mereka lebih memilih pekerjaan ini sebagai jenjang awal karier mereka.

Namun, nyatanya pekerjaan kreatif yang lebih berhubungan dengan dunia kreatif dan internet lebih menggiurkan dibandingkan dengan pekerjaan konvensional yang harus menempuh proses studi yang cukup lama. Tak hanya studi yang lama, pekerjaan konvensional juga memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mencapai jenjang karier dan gaji yang tinggi. Berbeda dengan pekerjaan ‘masa kini’ yang menjanjikan mendapatkan uang tanpa bekerja di kantor.

Lantas apa sajakah daftar pekerjaan konvensional dan masa kini yang paling diinginkan anak muda Indonesia? Simak daftar lengkapnya berikut ini, Sahabat Trivia!



Daftar pekerjaan konvensional yang paling dicari anak muda Indonesia


1. Akuntan Publik


Bagi para mahasiswa lulusan Sarjana Ekonomi (SE), profesi untuk menjadi akuntan publik merupakan profesi yang diidam-idamkan. Namun, untuk menjadi seorang akuntan publik diperlukan proses panjang dan melalui beberapa tes yang sulit. Hal itulah yang dialami oleh Ilya Avianti. Hingga sekarang, Ilya masih tetap berkarier di bidang ekonomi. Keterlibatannya dalam Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sejak 1995 silam membawa pakar ilmu akuntansi yang menjabat Komisaris PT. Tuban Petro Industry ini dilantik menjadi Anggota Kehormatan IAPI pada 2011.

Kamu pun juga bisa menjadi akuntan yang sukses seperti Ilya Avianti. Asalkan kamu bersabar dalam meniti karier sebagai akuntan. Pasalnya setelah kamu lulus menjadi sarjana ekonomi, diperlukan waktu yang sedikit lebih lama lagi yaitu 9-24 bulan hingga akhirnya kamu menerima gelar sebagai akuntan setelah mengikut PPA (Pendidikan Profesi Akuntansi).

Keuntungan:

- Memahami pola perekonomian perusahaan dengan baik

- Mengelola keuangan dengan baik

Tantangan:

- Masa studi yang lama dan tidak mudah

- Proses untuk menjadi akuntan publik sangat banyak

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Mempunyai gelar S1 ekonomi

- Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPAk)

- Proses register negara

- Mengikuti ujian aaring akuntan publik untuk mendapat gelar Certified Public Accountant (CPA)


2. Arsitek


Berbicara soal arsitek, sosok Ridwal Kamil yang kerap disapa Kang Emil ini tentu langsung terlintas di benakmu. Ridwan Kamil berprofesi sebagai arsitek yang telah menghasilkan banyak karya terkenal seperti Museum Tsunami Aceh, Rasuna Epicentrum Jakarta, Masjid Al Irsyad Bandung, dan berbagai taman tematik di kota yang ia pimpin serta rumah botol yang menjadi tempat tinggalnya. Namun, jangan melihat kesuksesannya saja, Sahabat Trivia. Pasalnya, untuk mendapat gelar arsitek, kamu akan lebih banyak melewatkan tidur malammu karena mengerjakan berbagai tugas maket dan sebagainya. Kalau kamu sedang menempuh jurusan arsitektur di universitas, kamu pasti mengalami hal tersebut kan?

Setelah lulus pun kamu belum benar-benar dianggap sebagai arsitek karena kamu perlu mendapatkan sertifikasi arsitek terlebih dahulu. Namun segala proses tersebut, tentunya akan mampu kamu jalani asal kamu memiliki passion yang besar di bidang ini.

Keuntungan:

- Mengetahui tata ruangan dan desain rumah yang baik seperti apa

Tantangan:

- Melalui proses panjang. Oleh karena itu diperlukan ketekunan dan kerja keras dalam menjalani proses untuk menjadi arsitek

- Modal yang diperlukan untuk menjadi seorang arsitek cukup besar

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Menempuh program studi S1 Teknik Arsitektur

- Lulus pendidikan profesi arsitek yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi penyelenggara pendidikan profesi arsitek

- Mendaftar sebagai anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

- Mengikuti program sertifikasi arsitek profesional


3. Dokter Umum


Dokter adalah profesi yang paling diidam-idamkan ketika kita masih kecil. Apakah kamu juga salah satu dari banyak orang yang menjawab "ingin menjadi dokter", ketika ditanya ingin menjadi apa saat besar nanti? Seiring dengan berjalannya waktu, apakah pekerjaan impianmu itu masih sama? Atau jangan-jangan kamu sudah menjalani proses utuk menjadi dokter?

Jika ya, maka sedikit lagi kamu akan menjadi dokter sama seperti dr. Ryan Thamrin nih. Meskipun diakuinya untuk menjadi dokter memiliki banyak risiko dan tanggung jawab yang besar, tapi ia tetap menjalani pekerjaannya dengan penuh dedikasi. Salut deh sama dokter ganteng yang satu ini!

Keuntungan:

- Dapat menyembuhkan penyakit yang diderita orang lain

- Menyelamatkan banyak orang

Tantangan:

- Modal yang diperlukan untuk menjadi dokter besar

- Proses studi lebih lama dibandingkan program studi yang lainnya

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Mengikuti program studi S1 Kedokteran

- Menjalankan Koas

- Mengikuti Uji Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)

- Mengikuti Pelaksanaan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI)


4. Advokat


Pasti kamu familiar kan dengan pengacara kondang Hotman Paris Hutapea? Yup, pengacara kondang yang telah mendirikan kantor advokat itu dikenal sebagai pengacara para selebritis. Namun, apakah kamu tahu bahwa jalan untuk menjadi advokat seperti Hotman tidaklah mudah? Apalagi kamu diharuskan untuk menghafal pasal-pasal hukum pada saat kamu kuliah lho.

Selain itu, tantangan yang harus kamu hadapi untuk menjadi advokat yaitu mengikuti tes ujian profesi. Nah lho, bagi kamu yang ingin jadi advokat, siap-siap ya menjalani serentetan proses yang panjang ini!

Keuntungan:

- Mengetahui tata hukum yang berlaku di negara

- Membela orang lain

- Pamor akan meningkat apabila menangani kasus publik figur

Tantangan:

Jika sekali tertimpa kasus, maka akan mempengaruhi nama baik

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Mengikuti program S1 Hukum

- Mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)

- Mengikuti Ujian Profesi Advokat (UPA)

- Mengikuti magang di kantor advokat sekurang-kurangnya 2 tahun secara terus-menerus di kantor advokat

- Pengangkatan dan sumpah advokat


5. Psikolog


"Ah mau jadi psikolog aja ah karena bisa baca pikiran orang lain." Itulah stereotype yang sering dimiliki oleh orang-orang tentang psikolog. Namun ternyata semua itu salah besar lho.

Sebenarnya menjadi psikolog bukan berarti kamu dapat membaca pikiran orang, tapi kamu dapat memahami lebih baik perilaku orang lain dibandingkan orang yang tidak belajar psikologi. Nah, meskipun kamu menjadi lebih peka dengan keadaan orang lain, namun pekerjaan konvensional ini nyatanya juga membutuhkan waktu studi yang lama lho. Untuk benar-benar menjadi seorang psikolog, kamu wajib mengambil program S1 jurusan psikologi dan melanjutkan ke program S2 alias Magister Psikologi.

Kasandra Putranto, seorang pendiri perusahaan konsultan Kasandra & Associates telah melewati ini semua nih, Sahabat Trivia. Walau sebelumnya dia sempat menjadi public officer di hotel Hilton Jakarta dan general manager di Lembah Hijau Resort Hotel.

Keuntungan:

- Memahami berbagai perilaku orang lain

- Membantu menyelesaikan masalah orang lain

Tantangan:

- Masa program studi yang panjang, yaitu S1 dan S2

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Harus melalui program S1 dan S2 di bidang psikologi



Daftar pekerjaan kreatif anak muda masa kini


1. YouTuber

Jika mendengar kata YouTuber, siapa tokoh yang langsung muncul di benakmu pertama kali? Kini menjadi seorang YouTuber yang memiliki banyak viewers dan subscribers tak hanya dapat dilakukan segelintir orang yang memiliki talenta tertentu saja. Melainkan mereka yang memiliki ide dan kreativitas serta pandai dalam memanfaatkan kesempatanlah yang dapat meraih kesuksesan dan ketenaran melalui YouTube.

Mungkin kamu berpikiran untuk menjadi seorang YouTuber, kamu harus pandai bernyanyi dan berakting atau pun memiliki wajah yang cantik dan tampan. Sekarang pun sudah begitu banyak anak muda Indonesia yang membuktikan untuk sukses menjadi seorang YouTuber tidak hanya karena ukuran-ukuran tersebut, kreativitaslah yang menjadi nilai utama.

Beberapa YouTuber yang sukses karena konten-konten videonya yang super kreatif misalnya Agung Hapsah yang saat ini sudah memiliki lebih dari 350 ribu subscribers, Raditya Dika dengan 2 juta subscribers, dan Chandra Liow dengan akun Tim2One dengan 900 ribu subscribers. Tren untuk mendokumentasikan kehidupan sehari-hari melalui YouTube pun mulai menjamuri para YouTuber Indonesia. Rasanya bukan hal yang aneh lagi untuk membagikan kehidupan sehari-hari untuk dilihat banyak orang.

Kamu pun juga bisa menjadi seorang YouTuber yang terkenal dan meraup banyak uang, Sahabat Trivia. Kamu hanya perlu menemukan bidang yang sesuai dengan passionmu. Kamu pun bisa berkarya di hal-hal yang paling kamu sukai dan jadilah YouTuber yang unik atau berbeda dari yang lainnya.

Kelebihan:

- Penontonnya tidak hanya masyarakat Indonesia, namun dunia

- Mendapatkan banyak dollar dari YouTube seiring dengan bertambahnya viewers

- Terkenal dan menjadi trendsetter di kalangan anak muda

Tantangan:

- Menerima banyak kritik dan memiliki haters

- Kehidupan pribadi diketahui banyak orang

- Harus mencari topik kreatif dan selalu up to date dengan perkembangan tren saat ini

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Kreatif dan percaya diri

- Membuat tayangan yang menghibur

- Walaupun kadang-kadang kritik tidak menyenangkan atau menyakitkan, mampu menerima kritik dan saran dari orang lain itu penting bagi seorang YouTuber


2. Influencer a.k.a.Endorser


Tidak seperti YouTuber yang tidak diharuskan memiliki camera face. Menjadi seorang influencer, rata-rata harus memiliki wajah yang cantik dan ganteng agar menarik banyak orang untuk mengikuti akunnya. Hal tersebut ibarat sudah menjadi patokan dasar untuk menjadi influencer. Influencer atau endorser dituntut untuk mengupload foto-foto sempurna mereka di Instagram bersama produk yang diendorse. Foto sempurna bagai sebuah tuntutan bagi pekerjaan mereka.

Influencer Rachel Vennya yang tengah digandrungi anak muda Indonesia sekarang, selalu tampil bak model cantik di setiap postingannya di Instagram. Lain lagi dengan Ria Ricis yang lebih memilih untuk menonjolkan sosoknya yang kocak, namun tetap tampil cantik. Kini ia telah memiliki 5,5 juta followers dan dengan akun yang sudah diverified oleh Instagram. Ria mendapatkan uang dengan kisaran yang sesuai jumlah followers yang ia miliki untuk 1 kali posting produk endorse.

Merupakan profesi yang menjanjikan bukan, Sahabat Trivia? Pasalnya kamu tidak perlu bersusah payah mendapatkan gelar sarjana untuk menjadi influencer. Kamu bisa mengikuti jejak mereka dengan mempromosikan produk jualan teman secara gratis dan ketika followers kamu semakin meningkat. Barulah kamu akan merasakan pemasukan yang besar dari profesi ini.

Kelebihan:

- Mendapatkan uang dan barang gratis

- Terkenal sehingga followers media sosial akan semakin bertamah

- Pendapatan akan meningkat seiring dengan followers yang meningkat

Tantangan:

- Siap-siap gayanya ditiru oleh banyak orang

- Akan muncul haters yang mengkritik berbagai hal

- Harus tampil sempurna di setiap postingan untuk menyenangkan klien

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Memiliki banyak followers dan likers

- Camera face

- Harus menjaga citra diri agar selalu positif


3. Blogger (Food Blogger dan Fashion Blogger)


Dunia kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya. Berbagai makanan dan jajanan khas daerah-daerah di Indonesia saling berlomba-lomba untuk menjadi tren di tengah masyarakat. Belum lagi ditambah hadirnya berbagai restoran yang mengangkat masakan luar negeri menjadikannya momentum bagus pagi para pecinta kuliner di Indonesia. Hal itulah yang dimanfaatkan Julia dan Marius dengan akun Instagram ANAKJAJAN untuk menjadi food blogger.

Tak hanya food blogger, fashion blogger pun mulai menjamur seiring dengan masyarakat Indonesia yang melek fashion. Anastasia Siantar misalnya. Ia termasuk salah satu fashion blogger yang sukses diterima masyarakat Indonesia dengan followers di Instagram yang lebih dari 300 ribu atau Sonia Eryka dengan 100 ribu lebih followers. Kebanyakan orang memulai kegiatan blogging karena kesukaannya akan sesuatu hal. Jika kamu fans berat fashion ala Jepang, kamu bisa membagikan perpaduan outfit ala kamu sendiri di blog dan Instagram. Lakukan hal tersebut dengan sungguh-sungguh ya karena dengan hobi tersebut kamu bisa mendapatkan pemasukan.

Kelebihan:

- Terkenal dan berkesempatan untuk menjadi influencer

- Menjadi trendsetter di tengah masyarakat

- Mendapatkan uang dari para viewers

Tantangan:

- Harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai tren yang tengah atau akan berkembang di masyarakat

- Harus membuat konten review yang menarik

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Kreatif

- Senang mencoba hal-hal baru

- Mengerti fotografi atau paling tidak basicnya untuk menghasilkan foto yang menarik


4. Photographer & Videographer


Menjadi seorang photographer dan videographer memang memerlukan modal yang cukup besar untuk membeli segelintir perlengkapan kamera dan lighting. Selain itu kemampuan yang kamu miliki juga harus mumpuni dalam menemukan angle dan pencahayaan yang bagus agar menghasilkan gambar atau pun video yang bagus. Kamu pasti mengenal photographer terkenal, Rio Motret. Ia seringkali dipilih untuk mengabadikan momen-momen pernikahan para artis Indonesia. Ada juga Last Day Production a.k.a. LDP yang booming dengan berbagai video-video kocak dan menyentuh hati. Kamu juga bisa seperti mereka, Sahabat Trivia. Jika kamu memiliki passion di bidang ini, kamu harus belajar dan menekuninya dengan sungguh-sungguh. Siapa tahu ini akan menjadi pekerjaan masa depanmu.

Kelebihan:

- Sering mengunjungi tempat-tempat indah untuk mendapatkan foto atau video yang bagus

- Memiliki jaringan koneksi luas

Tantangan:

- Modal yang diperlukan besar karena untuk membeli kamera, lighting, dan video camera yang mumpuni

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Harus memiliki skill dan pengetahuan yang baik di bidang fotografi dan videografi

- Kreatif dalam menemukan angle foto dan video yang unik


5. Business (Food & Clothing Line)

Sahabat Trivia, siapa yang pernah makan di Cafetaria by Mono? Cafetaria ini merupakan food business dari JKT GO yang dimiliki Ian Eryanto. Sekarang ini bisnis kuliner di kalangan anak muda memang tengah digandrungi. Namun tak hanya bisnis kuliner saja lho yang sedang menjadi tren. Bisnis fashion juga semakin naik gaungnya. Raffi Ahmad yang wajahnya seringkali malang melintang di berbagai stasiun TV kini terjun ke bisnis fashion dengan brand RA Jeans. Kamu tentu sudah pernah mendengar lini fasion milik Raffi, kan? Ia memilih untuk memanfaatkan pendapatannya sebagai artis untuk mengelola bisnis agar dapat menunjang kehidupannya di masa depan. Selain bisnis fashion, Raffi juga memiliki bisnis makanan. Ia membuka restauran bakmi dengan nama Raja Nikmat bersama istrinya, Nagita.

Di usia muda yang seperti sekarang, kamu pun bisa memulai bisnis ciptaanmu sendiri. Jangan pernah takut akan mimpi-mimpimu yang menurut kebanyakan orang mustahil. Ingat, usia yang muda tidak menjadi penghalang kamu untuk meraih kesuksesan, Sahabat Trivia!

Kelebihan:

- Menjadi bos atas usaha kita sendiri

- Menjadi trendsetter atau teladan bagi anak muda lainnya

Tantangan:

- Mengeluarkan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis

- Memiliki tingkat risiko kegagalan yang tinggi

Kualifikasi yang harus kamu miliki:

- Memiliki passion yang besar di bidang bisnis dan di bidang yang ingin dijadikan bisnis

- Berani ambil risiko

- Tidak pantang menyerah


Nah Sahabat Trivia, setelah kamu melihat daftar pekerjaan tersebut, mungkin timbul rasa penasaran di benakmu mengenai pekerjaan apa saja yang memiliki gaji tertinggi. Berikut ini Trivia telah menyusun daftar bidang usaha dengan gaji tertinggi yang dihimpun dari Majalah SWA dan Qerja.com.


Daftar bidang usaha di Indonesia yang memiliki gaji tertinggi

Data diambil dari Majalah SWA dan Qerja.com

Berikut ini pekerjaan impian Sahabat Trivia. Kalau kamu? Apa pekerjaan impianmu?


Content writers: Yessica Yulia Kurniawan & Eunika Tania Barlian

Editors: Resty Amalia & Ulfa Sekar Langit

Graphic designer: Abidzhar Rahman

Video content creators: Ineza Wibowo & Nimas Tanti

Video editor: Yuwanda






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Begini Cara Mendapatkan Pekerjaan Impian dan Juga Menghasilkan Banyak Uang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week