Belajar dari Jupe, Cegah Kanker Serviks dengan 6 Tindakan Ini. Waspada, Kanker Serviks Bisa Menyerang Siapa Saja!

Belajar dari Jupe, Cegah Kanker Serviks dengan 6 Tindakan Ini. Waspada, Kanker Serviks Bisa Menyerang Siapa Saja!

32.5K
Berbagai pengobatan telah dijalani Jupe, namun penyakit yang dideritanya ini semakin parah sejak bulan Februari lalu. Selain biaya pengobatan yang tergolong mahal, risiko yang disebabkan kanker serviks ini tentu cukup membuat para perempuan mawas diri.

Walau sempat dinyatakan sembuh dari kanker serviks pada tahun 2015 lalu, Jupe kembali dinyatakan menderita kanker serviks satu tahun kemudian. Berbagai pengobatan telah dijalani Jupe, namun penyakit yang dideritanya ini semakin parah sejak bulan Februari lalu. Sahabat Trivia, khususnya kamu yang perempuan, juga perlu waspada terhadap kanker kedua terbanyak menyerang perempuan setelah kanker payudara ini. Kamu mungkin tahu bagaimana perjuangan Jupe dan beberapa artis lain melawan penyakit mematikan ini, tapi tahukah kamu apa sih sebenarnya kanker serviks itu?

photo credit: tribunnews

Sesuai namanya, kanker serviks atau kanker leher rahim adalah kanker yang menyerang area leher rahim atau area yang menghubungkan rahim dan alat kelamin. Penyebab utama munculnya kanker serviks adalah adanya virus Human Papilloma Virus (HPV) yang bersifat onkogenik. Selain biaya pengobatan yang tergolong mahal, risiko yang disebabkan kanker serviks ini tentu cukup membuat para perempuan mawas diri.

Walau biasanya kanker serviks ditularkan melalui hubungan seksual, namun bukan berarti mereka yang tak pernah melakukan hubungan seksual tak berisiko terkena penyakit ini loh. Untuk itu, ketahui dan pahami cara-cara pencegahannya berikut ini.

Menjaga kebersihan organ intim

photo credit: CW Group

Jupe sendiri pernah menyarankan para perempuan untuk selalu menjaga kebersihan organ intimnya masing-masing. Tahukah kamu, penyebaran virus ini bisa terjadi dari toilet, terutama toilet umum yang digunakan oleh banyak orang. Upayakan untuk tidak membersihkan organ vital di toilet umum yang kebersihannya tidak terjamin. Jika berpergian, sediakan tisu sendiri dan tidak menggunakan tisu di toilet umum, karena bisa jadi tisu tersebut telah tercemar beberapa virus. Saat menstruasi, rutinlah mengganti pembalut, maksimal 2-3 jam sekali.


Jika kamu merokok, mulai saat ini berhentilah!

photo credit: Help To Quit Smoking

Apa hubungannya rokok dengan kanker serviks yah? Jadi, di dalam rokok terkandung ribuan zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan, termasuk memicu tumbuhnya kanker. Zat-zat seperti nikotin, tar, dan karbon diaoksida dapat membuat darah kehabisan oksigen sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. Ditambah lagi, asap rokok dapat melemahkan sistem imun dalam melawan virus HPV. Di sisi lain, zat karsinogen yang terkandung dalam rokok justru memicu kerja virus HPV yang menjadi sel kanker.


Mulailah menjalani hidup sehat

photo credit: Star 101.7

Gaya hidup sehat tak hanya menghindari dari penyakit-penyakit ringan, pencegahan penyakit berat seperti kanker serviks justru diawali dari gaya hidup sehat. Perhatikan pola makan yang teratur, kebutuhan tubuh akan serat, cairan ,dan vitamin, hingga olahraga yang teratur. Kebiasan-kebiasaan ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat mengurangi risiko berbagai jenis penyakit.


Melakukan Pap Smear

photo credit: Momtastic

Pap smear adalah alat skrining untuk mendeteksi kanker serviks. Tes kanker serviks ini sebaiknya sudah dilakukan setiap perempuan sejak berusia 21 tahun dan dilakukan setiap 3 tahun sekali. Pada tes pap smear, leher rahim hingga panggul rahim akan diperiksa untuk mencegah terjadinya penyebaran kanker pada bagian tubuh lain.


Melakukan suntik vaksin HPV

photo credit: Sehat Magazine

Salah satu penyebab utama kanker serviks adalah adanya inveksi virus HPV tipe 16 dan 18, untuk itu vaksin HPV penting untuk dilakukan agar virus tak hidup dan menjadi kanker. Vaksinasi terhadap virus ini bahkan sudah dianjurkan dilakukan anak perempuan sejak berusia 11 tahun loh. Bagi yang belum menderita kanker serviks, pencegahan melalui vaksin HPV dianggap sangat ampuh. Namun, perlu diperhatikan, bahwa sama seperti konsumsi obat lainnya, vaksin HPV juga memiliki efek samping seperti demam ringan, sedikit gatal, dan kemungkinan bengkak pada bagian yang disuntik.


Tidak berganti-ganti pasangan dalam hubungan intim

Walau belum menikah, kesadaran akan hal ini tentu sudah harus dimiliki yah, Sahabat Trivia! Tak hanya bisa merusak hubunganmu dengan pasangan nanti, bergonta-ganti pasangan memiliki risiko besar terkena kanker serviks. Penularan virus HPV bisa terjadi saat salah satu organ intim terinfeksi virus.

BACA JUGA


Yuk Sahabat Trivia, mulai saat ini kita lakukan langkah pencegahan kanker serviks, sebelum terlambat. Kamu yang punya pengalaman mengenai kanker serviks, yuk bagikan kisahmu di Trivia.id untuk menginspirasi jutaan perempuan lain.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Jupe, Cegah Kanker Serviks dengan 6 Tindakan Ini. Waspada, Kanker Serviks Bisa Menyerang Siapa Saja!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week