Belajar dari Kecelakaan Sheila Marcia, Berikut Kebiasaan yang Sering Dilakukan Saat Menyetir Padahal Dapat Membahayakan Keselamatanmu!

Tribunnews

Belajar dari Kecelakaan Sheila Marcia, Berikut Kebiasaan yang Sering Dilakukan Saat Menyetir Padahal Dapat Membahayakan Keselamatanmu!

10.9K
Tidak hanya kondisi tubuh saja yang harus prima. Kondisi kendaraan kamu juga harus dalam keadaan yang baik, agar bisa digunakan juga dengan baik.

Kecelakaan yang dialami Sheila Marcia pada Sabtu, 6 Mei 2017 sangat menyita perhatian. Kecelakaan itu terjadi sangat cepat, Sheila Marcia, Vanesha, dan asistennya ini memang sedang dalam keadaan yang sangat kelelahan. Vanesha yang mengendarai mobil dari arah Cawang menuju Grogol memang dalam keadaan yang sedang mengantuk, kemudian dengan tiba-tiba bagian depan mobilnya menabrak truk yang ada di depannya. Kejadian ini membuat Sheila Marcia dan Vanesha serta asistennya mengalami luka-luka yang cukup serius. Malah hingga kini Vanesha masih lemah koma dan belum sadarkan diri sejak kecelakaan itu terjadi. Namun, kabar baik datang dari Sheila Marcia, karena dirinya kini sudah jauh lebih baik dan diperbolehkan pulang pada Selasa, 9 Mei 2017, kemarin. Nah, dari kasus kecelakaan yang dialami oleh Sheila Marcia ini banyak hal yang bisa kita pelajari. Berikut ini hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan saat ingin menyetir atau sedang menyetir.


1. Pastikan kamu dalam keadaan yang fit dan sadar dalam berkendara

Photo credit: Mobil123

Sebisa mungkin hindari berkendara dalam keadaan mengantuk apalagi sedang mabuk. Karena kalau sudah begini tidak hanya membahayakan kamu, tapi juga bisa membahayakan orang lain.


2. Periksa kondisi kendaraan

Photo credit: ebay

Tidak hanya kondisi tubuh saja yang harus prima. Kondisi kendaraan kamu juga harus dalam keadaan yang baik, agar bisa digunakan juga dengan baik.


3. Gunakan alat-alat keselamatan berkendara

Photo credit: otomotif

Menggunakan alat-alat keselamatan dalam berkendara adalah hal yang paling penting sebelum memulai berkendara. Gunakan sabuk pengaman atau jika kamu menggunakan motor, jangan lupa untuk menggunakan helm.


4. Jaga jarak aman

Photo credit: MotorkuID

Menjaga jarak aman saat berkendara merupakan kewajiban dari para pengendara. Jangan sampai jarak antara kendaraan kita dan orang lain terlalu dekat krena akan berisiko terjadi gesekan bahkan tabrakan.


5. Hindari menginginkan gadget saat berkendara

Photo credit: Kabar News

Jangan sampai fokus kamu terbelah antara berkendara dan menerima pesan atau telepon dari orang lain. Apalagi sekadar bermedia sosial. Karena hal ini sudah pasti sangat beresiko terjadinya kecelakaan. Fokus yang terbelah membuat kita tidak sadar dan memperhatikan sekitar.


6. Kalau memang ingin menyalakan lagu, pastikan volume musiknya tidak sampai memekakan telinga

Photo credit: heyheyhello

Mendengarkan musik di dalam mobil dengan volume yang keras dapat membauat kamu tidak fokus terhadap keadaan sekitar. Apalagi kalau ada yang membunyikan klakson dan suara klakson orang tersebut tidak terdengar olehmu karena suara musik yang terlampau keras. Hal itu bisa juga membahayakan nyawamu dan juga orang lain.


7. Fokuslah pada jalan dan patuhi peraturan lalu lintas

Photo credit: Sewa Mobil Kita

Berkendara pada jarak jauh maupun dekat, kamu sebagai pengendara sangat diwajibkan untuk selalu fokus pada keadaan jalanan. Perhatikan peraturan lalu lintas dan jangan lupa untuk selalu membawa surat-surat lengkap yang dibutuhkan seperti STNK dan SIM.

Semoga insiden kecelakaan ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita semua untuk senantiasa berhati-hati saat berkendara ya, Sahabat Trivia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Kecelakaan Sheila Marcia, Berikut Kebiasaan yang Sering Dilakukan Saat Menyetir Padahal Dapat Membahayakan Keselamatanmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week