Belajar dari Nugie, Yuk Peduli Lingkungan Sejak Dini. Millennials Jangan Mau Kalah!

Photo credit : instagram/nugietrilogi

Belajar dari Nugie, Yuk Peduli Lingkungan Sejak Dini. Millennials Jangan Mau Kalah!

1.3K
Lewat karya-karyanya, Nugie ingin menyampaikan bahwa sekecil kepedulian kita akan sangat berdampak pada kelestarian alam.

Hari ini, tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Konservasi Alam Nasional. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pada pentingnya konservasi alam dan kelestarian keanekaragaman hayati beserta ekosistemnya. Agustinus Gusti Nugroho atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Nugie merupakan salah satu publik figur yang aktif menerapkan pola hidup yang selaras dengan alam. Tidak hanya itu, ia juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan sekitar. Penasaran kan seperti apa cara penyanyi yang juga merupakan adik dari Katon Bagaskara ini berkontribusi untuk kelestarian alam? Berikut ulasannya.


Sejak SD telah membuat pupuk sendiri

Almarhum ayahnya, A.R Djuano, merupakan sosok penting yang mengajarkan Nugie untuk selalu hidup selaras dengan alam. Sejak kecil, ia telah diajarkan untuk disiplin menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan sampah di sekitar rumah, sampai menimbun sampah. Bahkan, sejak duduk di bangku sekolah dasar, ia telah diajarkan untuk mengumpulkan sampah dapur dan mengolahnya menjadi pupuk kompos.

Selain itu, ibu dari drummer band The Dance Company ini juga berperan penting untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik seperti menghemat air dan membersihkan selokan. Kebiasaan menjaga lingkungan itulah yang kemudian ia pegang teguh hingga sekarang, bahkan ia juga menanamkan pendidikan serupa pada kedua anaknya.


Photo credit : Bintang


Diangkat menjadi duta lingkungan

Tidak hanya untuk diri sendiri, Nugie juga aktif mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian alam. Ia sering diundang dalam seminar, diskusi, dan berbagai aksi nyata pelestarian alam. Kepedulian Nugie inilah yang kemudian membuatnya diangkat menjadi duta bagi organisasi internasional World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia yang aktif melakukan konservasi, penelitian dan restorasi lingkungan. Selain itu, ia juga menjadi duta lingkungan bagi Kementrian Lingkungan Hidup. Ia tidak segan untuk turun langsung bersama masyarakat guna melakukan aksi-aksi nyata penyelamatan alam.

Photo credit : WWF Indonesia


Gowes untuk kurangi emisi

Selain menjadi duta lingkungan, Nugie juga dipercaya menjadi Duta Ayo Olahraga oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 3 Mei 2017 lalu. Ia lalu melakukan salah satu program Kemenpora yaitu Gowes Pesona Nusantara dengan menjelajahi keindahan alam dan kekayaan budaya nusantara dengan bersepeda. Maka, tidak heran kalau kita sering melihat Nugie yang sedang bersepeda di tempat-tempat indah di berbagai daerah yang diunggah di akun instagramnya, @nugietrilogi.

Tidak hanya itu, kebiasaan Nugie bersepeda ketika menjalankan aktivitas sehari-harinya ini ternyata juga mulai diikuti oleh teman-teman bandnya di The Dance Company lho! Pongki, Aryo Wahab, dan Baim mengaku merasakan manfaat yang besar dengan bersepeda, salah satunya adalah tubuh yang bugar.

Photo credit : instagram/nugietrilogi


Pesan positif lewat karya

Sebagai penyanyi, Nugie sering menyampaikan pesan ajakan menjaga kelestarian alam melalui karya-karyanya, seperti pada kedua lagunya yang berjudul Pembuat Teh dan Burung Gereja. Bahkan, alam menjadi inspirasinya untuk memberi judul pada ketiga albumnya, Bumi (1995), Air (1996), dan Udara (1998).

Bersama sang kakak, Katon Bagaskara, Nugie membawakan sebuah lagu berjudul Jika Bumi Bisa Bicara yang menyampaikan kegelisahan mengenai kondisi alam yang semakin rusak.


Courtesy : youtube/nugie official


Selain itu, Nugie juga membawakan sebuah lagu berjudul Mulailah dari Diri Sendiri yang mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan seperti mengurangi penggunaan plastik, menanam pohon, menghemat air dan listrik, serta hal-hal kecil lainnya yang bisa kita lakukan untuk melestarikan alam.


Courtesy : youtube/WWF-Indonesia

BACA JUGA


Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kurangi 7 Kebiasaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Merusak Lingkungan Ini Yuk!

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Kurangi 7 Kebiasaan yang Tanpa Kamu Sadari Bisa Merusak Lingkungan Ini Yuk!

Sahabat Trivia, tak perlu hal-hal yang sulit, cukup mengurangi kebiasaan-kebiasaan berikut ini, kamu sudah berkontribusi dalam menjaga ...

Read more..

Lewat karya-karyanya, Nugie ingin menyampaikan bahwa sekecil apapun kepedulian kita akan sangat berdampak pada kelestarian alam. Wah, inspiratif sekali ya sosok penyanyi yang mulai berkarya di era 90-an, Sahabat Trivia! Semoga usaha Nugie untuk menjaga lingkungan dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia, khususnya kita sebagai generasi muda. Kalau Sahabat Trivia sendiri, apa yang sudah kamu lakukan untuk menjaga lingkungan dan kelestarian alam ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Nugie, Yuk Peduli Lingkungan Sejak Dini. Millennials Jangan Mau Kalah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar