Belajar dari Viralnya Video Kakak Adik yang Dituduh Homoseksual. Biar Nggak Berakhir Dibully Netizen, 5 Kegunaan Medsos Ini yang Perlu Kamu Manfaatkan!

photo credit: Dramabeans

Belajar dari Viralnya Video Kakak Adik yang Dituduh Homoseksual. Biar Nggak Berakhir Dibully Netizen, 5 Kegunaan Medsos Ini yang Perlu Kamu Manfaatkan!

299
Daripada mengunggah dan menyebarkan sesuatu yang belum dapat dipastikan kebenarannya, lebih baik gunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Beberapa hari lalu, sebuah video yang memperlihatkan dua orang laki-laki WNA berboncengan dan berpelukan di sepeda motor. Video tersebut viral setelah diunggah dan disebarkan oleh seorang ibu berinisial SM di akun Facebooknya. Dalam video tersebut, sang ibu menegur dan meminta kedua laki-laki itu untuk menghentikan apa yang tengah mereka lakukan yang dianggapnya tidak pantas. Video ini kemudian diberitakan oleh beberapa media online lokal yang membuat netizen beranggapan bahwa kedua laki-laki tersebut adalah pasangan homoseksual.

Namun, pada Selasa (26/12/2017) kemarin, sebuah posting-an dari akun @Runnizy di Twitter menyatakan bahwa dua laki-laki yang ada dalam video tersebut adalah kakak adik yang sudah 4 tahun tidak bertemu. Lewat tweet tersebut, @Runnizy melampirkan beberapa screenshot posting-an dari akun Facebook Aquarini Priyatna, seorang dosen Sastra Inggris Universitas Padjadjaran.

Posting-an tersebut merupakan repost dari seorang dosen yang mengklarifikasi bahwa dua laki-laki yang mengendarai motor adalah mantan mahasiswanya dan adiknya yang masih duduk di bangku SMP yang sudah lama tidak ia temui. Ia juga mengatakan bahwa menunjukkan afeksi seperti yang keduanya lakukan merupakan hal yang wajar dalam budaya mereka di Timur Tengah.


photo credit: Twitter/Runnizy

Beberapa jam setelah tweet itu tersebar, @Runnizy kembali mem-posting sebuah tweet yang melampirkan screenshot dari akun SM. Dalam posting-annya tersebut, SM menyatakan bahwa ia telah menemui pihak kerabat dari kakak beradik yang videonya ia viralkan dan juga meminta maaf atas perbuatannya yang menyebabkan kekisruhan di media sosial.

Kasus viral ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan media sosial. Daripada mengunggah dan menyebarkan sesuatu yang belum dapat dipastikan kebenarannya, lebih baik gunakan media sosial sebagai sarana untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Nih, 5 hal positif dan bermakna yang bisa kamu lakukan di media sosial!


1. Manfaatkan media sosial sebagai sarana menciptakan dan mempererat hubungan pertemanan

photo credit: Vacayholics

Menjalin hubungan pertemanan baru merupakan satu contoh hal positif yang bisa kamu lakukan di media sosial. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dalam komunitas yang kamu minati. Dengan cara ini, kamu dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan sama denganmu, yang akan memudahkan terciptanya sebuah hubungan tersebut.

Tapi ingat, ketika kamu sudah memiliki teman-teman baru di media sosial, kamu harus tetap menjaga hubungan pertemananmu yang sudah terjalin di luar dunia maya. Manfaatkan media sosial sebagai sarana penghubung dengan teman-teman yang sulit atau jarang kamu temui serta tempat berbagi hal-hal seru dengan teman-teman terdekatmu.


2. Bagikan pengetahuan serta konten positif yang kamu ketahui di media sosial

photo credit: sbs.com.au

Hal positif lain yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan keberadaan media sosial adalah membagikan ilmu pengetahuan serta konten yang dapat berguna bagi orang lain. Konten tersebut dapat berupa berita, tips, maupun karya fiksi yang informatif dan memiliki nilai yang bisa membuat siapapun yang melihatnya mempelajari hal baru atau lebih sadar terhadap suatu hal tertentu. Namun, harus selalu diingat bahwa sebelum membagikan sebuah konten, kamu perlu memastikan kesahihannya agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.


3. Gunakan media sosial sebagai alat untuk membangun personal branding

photo credit: SmallBizClub

Media sosial juga dapat menjadi alat untuk kamu membangun personal branding. Kamu bisa memulainya dengan mengatur profil akun-akun media sosialmu agar terlihat lebih rapi dan menarik, tanpa harus menghilangkan ciri khasmu. Selain itu, kamu juga bisa mengunggah konten-konten yang menunjukkan passion atau bakatmu. Misalnya, jika kamu tertarik di bidang fotografi, kamu bisa memanfaatkan akun Instagram milikmu sebagai tempat mengunggah foto-foto hasil jepretanmu. Jika personal branding-mu menarik, siapa tahu ada yang akan mengajak kamu bekerja sama untuk hal-hal seru dan menarik!


4. Manfaatkan media sosial sebagai wadah untuk mengembangkan bakat yang kamu miliki

photo credit: YouTube/Malukah

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu bisa memanfaatkan eksistensi media sosial sebagai wadah untuk mengembangkan bakat atau kemampuan yang kamu miliki. Jika kamu suka menulis, kamu bisa aktif membagikan karya-karyamu di Twitter atau Blogspot agar orang-orang juga memiliki akses untuk membacanya. Begitu pun jika kamu hobi bernyanyi: kamu bisa manfaatkan YouTube dan Soundcloud untuk mengunggah video atau audio cover yang kamu rekam. Nggak menutup kemungkinan kan kalau kamu bisa jadi seperti Raditya Dika atau bahkan Justin Bieber jika memanfaatkan media sosial dengan cara ini!


5. Jadikan media sosial sebagai tempat memulai sebuah bisnis

photo credit: moneytips

Media sosial juga bisa jadi tempat bagi kamu untuk memulai sebuah bisnis lho! Seperti yang sudah kita ketahui, bisnis online shop merupakan satu fenomena yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ada banyak sekali sosok-sosok inspiratif yang berhasil menuai kesuksesan lewat bisnis online yang dijalankan mereka. Nah, kamu juga bisa seperti orang-orang ini! Bisnis yang kamu jalani nggak harus sesuatu yang besar kok. Kamu bisa memulainya dengan menjual barang-barang yang kamu buat dan desain sendiri atau menjual pakaian-pakaian bekasmu yang masih layak dan menarik. Yuk, dicoba!

BACA JUGA


Hati-Hati Berita Hoax! 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Percaya Apalagi Menyebarkan Berita Kontroversial

Hati-Hati Berita Hoax! 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Percaya Apalagi Menyebarkan Berita Kontroversial

Nah, biar kamu nggak kena jebakan betmen lagi alias kemakan berita bohong, lakukan 5 hal berikut ini

Read more..

Dewasa ini, segala sesuatu yang tersebar di media sosial dapat membawa dampak bagi siapapun yang terkait. Maka dari itu, daripada menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan dengan ikut menyebarkan berita yang belum diketahui pasti kebenarannya, cobalah untuk menerapkan hal-hal positif di atas. Yuk, mulai jadi pengguna media sosial yang bijak dan cerdas!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Viralnya Video Kakak Adik yang Dituduh Homoseksual. Biar Nggak Berakhir Dibully Netizen, 5 Kegunaan Medsos Ini yang Perlu Kamu Manfaatkan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar

Crystal Monica | @alibabaalibabi

thanks Malam Tahun Baru