Benarkah Seblak Bikin Usus Buntu? Ternyata Ini Penyebab Utamanya dan Cara Mencegah Agar Kamu Tak Jadi Korbannya!

Photo credit: Bintang

Benarkah Seblak Bikin Usus Buntu? Ternyata Ini Penyebab Utamanya dan Cara Mencegah Agar Kamu Tak Jadi Korbannya!

725
Seorang ibu mengatakan anaknya terkena usus buntu karena sering mengonsumsi seblak. Apakah benar seblak yang dikonsumsi sang anak menjadi penyebabnya?

Mengonsumsi makanan yang sehat tentu saja menajdi kewajiban untuk kamu agar tubuh kamu selalu dalam keadaan yang prima. Namun, bukan berarti makanan yang dijual di pasaran dengan komposisi yang mungkin baru saja kamu temukan tidak layak dicicipi. Hanya saja, perlu kehati-hatian dalam memilih makanan yang cocok atau bisa diterima oleh tubuh kamu atau tidak. Belum lagi kalau kondisi badan kamu ternyata kurang fit, namun tetap kamu paksakan untuk mengonsumsi makanan yang memicu menurunnya kondisi tubuh kamu. Seperti yang belum lama ini terjadi pada seorang anak yang dikatakan oleh orang tuanya terkena usus buntu akibat mengonsumsi seblak. Meski hal ini diutarakan sang ibu berdasarkan diagnosis dari seorang dokter, namun pada kenyataannya bukan seblak yang menjadi "pelaku" utama dari sakitnya sang anak.

Kerupuk yang dimatangkan hingga menjadi lembek seperti seblak itu adalah makanan yang sangat bisa dikonsumsi oleh manusia. Mengingat usus kecil manusia bekerja dengan cepat dan sangat canggih untuk bisa mengonsumsi jenis makanan yang bertekstur seperti kerupuk seblak.

Namun, yang menjadi masalah adalah jika kamu mengonsumsinya dengan tidak bijak, misalnya, mengonsumsi seblak dalam jumlah banyak, tidak memperhatikan kebersihannya, dan tidak mengunyahnya dengan baik sebelum benar-benar kamu telan. Maka, tidak heran kalau daya tahan tubuh yang tidak prima dan mengomsumsi makanan dengan tidak memperhatikan hal-hal yang disebutkan sebelumnya, sangat mungkin jika kamu terkena penyakit tertentu, salah satunya yang tengah dialami anak dari orang tua yang menyebarkan informasi tersebut. Lalu bagaimana cara mengihindari agar kamu tidak terkena peradangan usus buntu? Berikut ini penjelasannya.


Jaga daya tahan tubuh

Photo credit: Hello Sehat

Menjaga daya tahan tubuh kamu menjadi hal yang penting agar dapat menghindari kamu dari berbagai penyakit yang datangnya baik dari virus atau bakteri di sekitar kamu.


Konsumsi makanan yang sehat

Photo credit: Diah Didi

Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh kamu adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat, seperti buah, sayur, daging dengan kadar lemak yang rendah, banyak meminum air mineral dan susu. Mengonsumsi makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna menjadi anjuran yang patut dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit. Namun, jika kamu sesekali ingin mencicipi jajanan yang dijual pedagang kaki lima, boleh-boleh saja, asal pastikan kamu dalam kondisi yang prima dan makanan tersebut juga bersih ya.


Makan dengan cara yang benar

Photo credit: Merdeka

Makan dengan cara yang benar juga menjadi salah satu kunci agar kamu terhindar dari peradangan usus buntu. Pastikan kamu mengunyah makanan kamu dengan baik sebelum benar-benar kamu telan. Biasanya dokter atau ahli gizi menyebutkan paling tidak kunyahlah makanan kamu hingga 30 kali.


Rajin olahraga

Photo credit: Hello Sehat

Olahraga dapat membuat tubuh kamu mengeluarkan racun-racun yang bisa menjadi pemicu turunnya daya tahan tubuh kamu. Jadi, jangan lupa olahraga yang teratur supaya tubuh tetap segar dan terhindar dari penyakit ya, Sahabat Trivia!


Pastikan makanan yang kamu makan di luar rumah itu bersih

Photo credit: Kawaii Beauty Japan

Jika kamu adalah tipe orang yang suka sekali jajan, pastikan makanan yang kamu incar atau ingin kamu konsumsi adalah makan yang proses pengolahan hingga bahan makanannya bersih. Jadi, kamu tidak akan khawatir akan kesehatan makanan itu sendiri.


Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin

Photo credit: Lifestyle Okezone

Setelah melaksanakan semua hal di atas dengan baik, salah satu tambahan yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi vitamin. Vitamin tentu berguna agar daya tahan tubuh kamu tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

BACA JUGA


Kesehatan Mental Sama Pentingnya dengan Kesehatan Fisik. Sebelum Menyesal, Jaga Kesehatan Mentalmu dengan 7 Kebiasaan Sederhana Ini!

Kesehatan Mental Sama Pentingnya dengan Kesehatan Fisik. Sebelum Menyesal, Jaga Kesehatan Mentalmu dengan 7 Kebiasaan Sederhana Ini!

Di usianya yang masih 22 tahun, Oka diisukan depresi hingga mengakhiri hidupnya. Sedih sekaligus miris yah, Sahabat Trivia

Read more..

Kasus yang menimpa seorang bocah yang menurut sang ibu terkena peradangan usus buntu karena seblak ini juga pelajaran bagi kita semua untuk berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Benarkah Seblak Bikin Usus Buntu? Ternyata Ini Penyebab Utamanya dan Cara Mencegah Agar Kamu Tak Jadi Korbannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar