Berani Solo Traveling? Kamu Akan Dapat 7 Keuntungan Ini Saat Jalan-Jalan Sendirian!

Sumber foto: Tumblr

Berani Solo Traveling? Kamu Akan Dapat 7 Keuntungan Ini Saat Jalan-Jalan Sendirian!

1.9K
Saat traveling sendirian dan bertemu dengan hal yang tak terduga, ini bukanlah petaka bagi perjalananmu. Kamu jadi dapat belajar 'berimprovisasi' dalam hidup.

Dari traveling, kamu akan menemukan pelajaran dan pengalaman berharga yang belum pernah kamu temukan sebelumnya dalam rutinitas kamu. Kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang baru yang bisa menjadi inspirasimu.

Banyak orang yang beranggapan kalau traveling harus dilakukan bersama teman-teman. Mungkin ini benar, tetapi tidak sepenuhnya benar juga. Terkadang, traveling sendirian memiliki sensasi yang berbeda dengan pada saat kamu traveling bersama teman-teman. Berikut ini 7 keuntungan traveling sendirian alias solo traveling yang tak akan kamu dapatkan saat traveling bersama orang lain.


1. Lebih terbuka pada pengalaman baru dan berani untuk keluar dari zona nyaman kamu

Sumber foto: tumblr

Saat kamu traveling sendirian, kamu akan lebih tertantang untuk melakukan hal baru yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Dan juga kamu lebih berani untuk keluar dari zona nyaman kamu. Hal ini berbeda pada saat kamu melakukan traveling dengan teman-teman. Kamu pun tak perlu repot berkompromi dengan teman atau takut merepotkan orang lain.


2. Belajar bagaimana menghadapi situasi tak terduga

Sumber foto: tumblr

Traveling tidak selalu berjalan mulus seperti yang telah direncanakan sebelumnya. Terkadang malah lebih banyak kondisi yang tidak direncanakan saat melakukan traveling. Saat traveling sendirian dan bertemu dengan hal yang tak terduga, ini bukanlah petaka bagi perjalananmu. Kamu jadi dapat belajar 'berimprovisasi' dalam hidup. Misalnya, saat jadwal penerbanganmu harus berubah, kamu jadi 'memutar' otak sendiri untuk mencari kegiatan apa yang membuatmu tak merasa bosan.


3. Menyadari kalau nilai dari pengalaman yang didapat tidak bisa dihitung dengan uang yang dikeluarkan

Sumber foto: isroiphotography

Bukan dari berapa banyak barang yang kamu beli di tempat destinasi liburanmu. Saat kamu kehilangan arah ke tempat yang kamu tuju, dan mendapat bantuan dari warga sekitar, kamu akan menyadari, hal-hal yang indah tak bisa diukur dari nominal uang semata.


4. Belajar lebih banyak budaya asing yang dijumpai

Sumber foto: Moveast.me

Saat pergi sendirian, tentunya kamu hanya bisa mengandalkan dirimu sendiri. Pergi ke daerah bahkan negara baru, kadang membuatmu harus menggunakan bahasa yang sebetulnya tak kamu kuasai. Namun, kamu hanya punya dirimu sendiri, sehingga mau tak mau, upaya yang kamu kerahkan untuk mempelajari bahasa maupun budaya di lokasi destinasimu lebih besar. Solo travelling juga membuatmu lebih terfokus pada tempat liburan dan kondisi sekitar.


5. Belajar untuk lebih mandiri dan menghargai kesendirian

Sumber foto: Bbc.com

Sifat kemandirian tentu sangat dibutuhkan saat traveling sendirian. Semakin sering kamu traveling sendirian, kemandirian kamu akan semakin terasah. Berbeda dengan traveling dengan orang lain, kamu akan cenderung 'menggantungkan' perjalanan kamu pada teman kamu, apalagi jika teman traveling berusia jauh lebih tua. Selain itu, dengan kamu traveling sendirian, kamu akan lebih menghargai pentingnya waktu kesendirian kamu. Menyadari bahwa ternyata kesendirian ada manfaatnya dan kamu membutuhkannya.


6. Meningkatkan kemampuan sosial kamu dalam mendapatkan teman baru dan berinteraksi penduduk setempat


Dengan berinteraksi dengan penduduk setempat dan mendapatkan teman baru, kamu akan meningkatkan kemampuan sosial kamu. Saat traveling sendirian kamu punya kesempatan banyak untuk berinteraksi dengan orang baru, misalnya ketika kamu berinteraksi dengan penumpang kereta lain yang duduk di kursi samping kamu, atau saat kamu bertanya pada penduduk setempat jika kamu tersesat.


7. Memiliki waktu dan ruang lebih banyak untuk memahami diri kamu sendiri

Sumber foto: Moveast.me

Tiap orang perlu memahami dirinya sendiri untuk mengembangkan dirinya menjadi lebih baik. Dengan traveling sendirian, kamu memiliki waktu yang banyak untuk memahami diri sendiri, dan mengetahui apa yang diri kamu mau dan butuhkan. Dengan traveling sendirian, kamu juga bisa menyadari hal hal baru dari dalam diri kamu yang sebelumnya belum pernah muncul dalam keseharian kamu. Ketika kamu traveling dengan teman kamu, kamu cenderung lebih memperhatiakn kebutuhan orang lain dan tidak jarang kamu mengabaikan kepentinganmu sendiri.

BACA JUGA


Tertantang Solo Traveling? 6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan!

Tertantang Solo Traveling? 6 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan!

Solo traveling dapat memberi 'rasa' yang berbeda pada liburanmu. Ketika kejenuhan melanda, pasti rasanya ingin pergi sejenak dari rutinitas ...

Read more..

Itulah 7 alasan traveling sendiri memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan dan lebih berkesan dibanding traveling dengan teman-temanmu. Banyak orang yang masih belum berani untuk traveling sendirian ke tempat yang jauh, namun apa salahnya untuk mencoba hal baru ini. Mungkin saja kamu lebih cocok traveling sendirian daripada traveling dengan teman-temanmu. Daripada kamu penasaran tidak ada salahnya untuk mencoba, kan?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berani Solo Traveling? Kamu Akan Dapat 7 Keuntungan Ini Saat Jalan-Jalan Sendirian!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bintoro Riadi | @torotoar

Silahkan login untuk memberi komentar