BitCoin Sebagai Tebusan untuk Kasus Virus Ransomeware WannaCry. Berikut Fakta-Fakta tentang BitCoin yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Photo credit: Fortune

BitCoin Sebagai Tebusan untuk Kasus Virus Ransomeware WannaCry. Berikut Fakta-Fakta tentang BitCoin yang Mungkin Belum Kamu Tahu

1.3K
Virus Ranssomeware WannaCry menghebohkan, para korban dituntut untuk membayar tebusan dengan BitCoin yang jika dirupiahkan harganya selangit.

Mengingat virus Ransomeware WannaCry yang berhasil membuat kehebohan di berbagai belahan dunia dengan merusak segala sistem yang ada di dunia cyber ini ternyata membuat kita semakin waspada dan tentunya belajar untuk bisa antisipasi sedini mungkin terhadap sistem komputer yang kita miliki. Berbagai cara mengatasi virus ini sudah beberapa kali digaungkan agar saat virus ini menyerang, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur terserang virus tersebut? Kita akan dituntut untuk membayar tebusan dengan menggunakan BitCoin. Apa itu BitCoin? Bagaimana cara menggunakannya? Apa fungsinya? Nah, berikut ini fakta-fakta tentang BitCoin yang mungkin belum kamu tahu.


Apa itu BitCoin?

Photo credit: focuSur

Ada beberapa versi yang menceritakan bagaimana sejarah BitCoin. BitCoin sendiri merupakan mata uang virtual yang bisa kamu gunakan untuk transaksi secara online. Bentuknya tentu tidak seperti mata uang yang selama ini kamu lihat sehari-hari yang dikeluarkan oleh bank. Namun, BitCoin sendiri berbentuk seperti file atau data-data dengan kode-kode yang unik dan berbeda satu dengan lainnya. BitCoin pun bisa disimpan di komputer atau flashdisk.


Tujuan dibuatnya BitCoin

Photo credit: Fortune

Banyak yang percaya kalau BitCoin ini sendiri dibuat oleh sekelompok orang yang memang ingin membuat persepsi baru dalam dunia transaksi online yang tujuan utamanya sendiri adalah mencari keuntungan. Diketahui bahwa transaksi dengan menggunakan BitCoin itu sendiri tidak bisa dibilang aman karena masih bersifat uji coba, transaksi yang terbilang instan, dan BitCoin bukan merupakan mata uang yang resmi. Namun, orang-orang yang sudah akrab dengan penggunaan BitCoin ini.


Sudah tersebar di seluruh dunia

Photo credit: Twitter

BitCoin sendiri sudah menyebar nyaris ke seluruh dunia dan banyak orang yang sudah menggunakannya untuk melakukan transaksi online. Namun, ada juga beberapa negara yang dengan tegas menolak menggunakan BitCoin sebagai alat transaksi online. Negara tersebut di antaranya China dan Singapura karena merasa kalau uang virtual ini memang sifatnya tidak aman. Selain itu, BitCoin juga dikhawatirkan akan mengganggu kestabilan transaksi online di negara tersebut.


Kelebihan dan kekurangan yang kita dapatkan ketika menggunakan BitCoin

Photo credit: Fortune

Kelebihan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan BitCoin ini sendiri adalah kita dapat melakukan transaksi pembayaran yang sifatnya ringkas dan cepat. BitCoin hanya bisa digunakan oleh orang yang memegangnya. Dalam menggunakannya pun tidak perlu menyertakan informasi pribadinya. Hal ini dianggap dapat memberikan keamanan informasi sang pemilik BitCoin. Kerugian dari penggunaan BitCoin sendiri adalah karena bentuknya yang berupa file yang memungkinkan file tersebut bisa saja rusak, hilang, atau terhapus jika terjadi sesuatu dengan tempat penyimpanan BitCoin yang kita miliki.

BACA JUGA


Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Virus Ransomware WannaCry Serang Dunia, Termasuk Indonesia! Tak Perlu Panik, Ini Dia 5 Tips Sederhana Amankan Komputer dan Datamu dari Serangan Cyber

Gara-gara virus Ransomware bernama WannaCry, file-file skripsi kamu mendadak tak bisa diakses? Mimpi buruk semua mahasiswa deh

Read more..

Beberapa orang mungkin tertarik dengan sistem pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan BitCoin. Namun, bagaimana pun dalam menggunakan BitCoin ini, baiknya kita selalu berhati-hati karena selain nilai tukarnya yang tidak pasti, keamanan serta pengawasan dari lembaga pemerintahan mengenai BItCoin itu sendiri masih lemah, bahkan tidak ada pengamanan dari pihak mana pun.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "BitCoin Sebagai Tebusan untuk Kasus Virus Ransomeware WannaCry. Berikut Fakta-Fakta tentang BitCoin yang Mungkin Belum Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar