Booktuber Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi. Ingin Menyebarkan Virus Cinta Membaca Lewat YouTube? Bisa Banget!

Booktuber via Instagram Kat O'Keffe

Booktuber Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi. Ingin Menyebarkan Virus Cinta Membaca Lewat YouTube? Bisa Banget!

1.2K
Saluran Youtube merupakan alat yang ampuh untuk menyebarkan kecintaan terhadap aktivitas membaca.

Pecinta buku seperti kamu tentu bisa mencium aroma khas yang ke luar dari lembar-lembar buku. Membaca baris demi baris kata di dalam sebuah buku bisa menghabiskan hampir separuh harimu. Tahukah kamu, ternyata banyak orang di luar sana yang belum menemukan kenikmatan seperti yang kamu rasakan ketika larut dalam sebuah bacaan?

Survei terbaru tentang minat baca di sejumlah negara menempatkan Indonesia di peringkat yang rendah. Central Connecticut State University merangking 61 negara dalam kategori World’s Most Literate Nations pada bulan Maret 2016. Indonesia tepat berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Prihatin dengan keadaan ini, kamu bisa lho menularkan minat bacamu pada banyak orang melalui channel Youtube. Tujuh booktuber ini akan memberikan inspirasi bagimu.


1. Katytastic

Pada video ini, Kat O’Keeffe atau yang biasa dipanggil Kat mengumpulkan dua belas buku koleksinya berdasarkan lagu-lagu Taylor Swift mulai dari Never Ever Getting Back Together, Red, hingga Shake It Off. Kamu bisa mengikuti Tailor Swift Tag ini atau membuat tag lagu versi penyanyi Indonesia seperti Raisa, Tulus, dan lain-lain.


2. Jessethereader

Booktour! Jesse mengajak kamu melihat koleksi buku-bukunya selama tiga puluh menit. Kamu juga bisa memperlihatkan buku-buku yang mengisi rak bukumu dengan membuat video seperti laki-laki kelahiran Missouri ini. Kamu akan turut memberikan referensi bacaan kepada orang-orang yang menonton video kamu.


3. Little Book Owl

Pemilik nama asli Catriona ini memberikan sejumlah tips agar kamu semakin banyak membaca buku. Kalau kamu punya tips khusus dalam membaca, kamu juga bisa membuat video seperti yang diunggah perempuan asal Australia ini.


4. Vincentvanstop

Mungkin ada beberapa buku yang kamu tidak sanggup selesai membacanya karena topik atau bahasanya berat. Nah, kamu bisa mengungkapkan pengakuan ‘memalukan’ ini seperti yang dilakukan Katie.


5. Abookutopia

Sasha bercerita tentang target bacaannya bulan Januari. Ia sebutkan judul buku-buku yang ingin ia baca. Apa target bacaanmu bulan ini?


6. Bookswithdylan

Banyak orang mungkin heran bagaimana kamu bisa membaca banyak buku dalam satu bulan. Kini saatnya kamu buka rahasiamu dengan menunjukkan menunjukkan kebiasaan membacamu seperti yang dilakukan Dylan pada video ini.


7. Polandbananasbook

Pepatah populer mengatakan don’t judge a book by its cover. Namun pada video ini, Christine Riccio justru memberikan sejumlah penilaian terhadap sampul buku yang ia koleksi. Ngaku saja, kamu pasti pernah membeli buku karena sampulnya bagus.

BACA JUGA


Bosan Lihat Foto Selfie di Instagram? Follow 7 Bookstagrammer Ini, Selain Menarik, Kamu Pasti Jadi Pengin Baca Buku!

Bosan Lihat Foto Selfie di Instagram? Follow 7 Bookstagrammer Ini, Selain Menarik, Kamu Pasti Jadi Pengin Baca Buku!

Menengok feed bookstagrammer merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan semangat membaca

Read more..

Nah, ide-ide sudah berdatangan. Kini saatnya beraksi menjadi booktuber dan sebarkan virus cinta membaca kepada seluruh dunia dan khusunya pada generasi muda Indonesia.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Booktuber Ini Bisa Kamu Jadikan Inspirasi. Ingin Menyebarkan Virus Cinta Membaca Lewat YouTube? Bisa Banget!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week