Bosan Jadi Pegawai? Inilah 7 Alasan Kamu Perlu Coba Jadi Entrepreneur. Masih Ragu Buat Coba?

Bosan Jadi Pegawai? Inilah 7 Alasan Kamu Perlu Coba Jadi Entrepreneur. Masih Ragu Buat Coba?

254
Kamu ingin terjun ke dunia bisnis juga tapi masih ragu untuk memulainya? Simak dulu yuk alasan anak muda tidak perlu takut untuk mencoba berwirausaha berikut!

Semakin hari, semakin banyak anak muda yang memilih untuk berwirausaha. Beragam alasan mereka kemukakan, mulai dari bosan menjadi pegawai, merasakan manfaat dari program kewirausahaan yang banyak dicanangkan di lembaga pendidikan, sampai keinginan untuk lebih mandiri. Berbagai usaha kreatif yang digagas oleh anak muda pun semakin marak bermunculan dan meramaikan dunia bisnis. Kamu ingin terjun ke dunia bisnis juga, tapi masih ragu untuk memulainya? Simak dulu yuk alasan anak muda tidak perlu takut untuk jadi entrepreneur berikut!


1. Jadilah bos untuk dirimu sendiri

Kamu sering mendengar cerita tentang atasan yang super perfeksionis dan suka memberi tugas tambahan kepada karyawannya? Atau jangan-jangan kamu sudah pernah merasakannya sendiri, Sahabat Trivia? Salah satu alasan yang membuat generasi muda ingin jadi entrepreneur adalah karena mereka bosan menjadi pegawai dan ingin menjadi bos untuk dirinya sendiri. Dapat mengatur keinginan kita sendiri dan menjalankan bisnis sesuai kesenangan kita adalah pencapaian terbesar yang akan kita raih jika kita fokus dalam menjalankan usaha yang sedang kita tekuni.

Photo credit: heyku

2. Menghidupi mimpimu sendiri

Pandji Pragiwaksono pernah mengatakan bahwa tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menghidupi mimpimu sendiri. Ungkapan tersebut agaknya cocok buatmu yang sudah lama memendam keinginan untuk berwirausaha namun belum berani memulai. Menggeluti dunia bisnis memang tidak mudah di tahun-tahun pertama, tapi tidak akan ada kata lelah dan menyerah jika kamu bertekad untuk mewujudkan mimpimu.

Photo credit: canadianbusiness

3. Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain

Selain memberikan manfaat untuk diri sendiri, berwirausaha juga dapat membantu orang lain untuk mendapatkan lapangan pekerjaan. Ketimpangan jumlah pencari kerja dan lapangan pekerjaan yang tersedia membuat generasi muda di sekitar kita masih banyak yang menjadi pengangguran. Dengan menjadi entrepreneur, kamu bisa menyerap tenaga kerja dari masyarakat di sekitarmu dan membuat mereka lebih produktif.

Photo credit: GettyImages

4. Memiliki kebebasan waktu

Pernah tidak terbayang di benakmu jika kita memiliki kebebasan waktu dalam bekerja? Itu merupakan hal mustahil jika kita masih bekerja di suatu instansi karena kita harus mengikuti jadwal yang ditetapkan. Namun, jika Sahabat Trivia memutuskan untuk berwirausaha, kamu bisa mengatur sendiri waktu kerjamu. Meski begitu, kamu harus tetap disiplin ya untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal!

Photo credit: SmallBusiness

5. Menjadikanmu orang super kreatif

Menjadi seorang entrepreneur bukanlah perkara yang mudah. Kamu akan terus dituntut untuk menciptakan inovasi agar produkmu tidak kalah bersaing dengan produk lain. Eits, tapi hal itu justru akan semakin membuatmu tertantang dan terus mengasah kreativitas. Buat kamu yang benar-benar berjiwa pantang menyerah, tantangan ini justru terasa sangat mengasyikan.

Photo credit: CreativeLine

6. Selalu terpacu untuk mendapatkan hasil terbaik

Meski usahamu sudah mulai membuahkan hasil, calon entrepreneur sukses tidak akan cepat puas dan selalu ingin mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun, ketika ia mengalami kegagalan, ia juga tidak akan begitu saja meratapi kegagalannya. Tidak ada usaha yang menghianati hasil, itulah yang selalu dipegang teguh oleh calon entrepreneur sukses. Meski tidak memiliki jenjang karier seperti pegawai kantoran, seorang entrepreneur memiliki kepuasan tersendiri ketika mengetahui produknya mendapat apresiasi dari masyarakat. Kamu sudah punya mental seperti itu belum?

Photo credit: Inc

7. No more Monday blues syndrome

Hayo, siapa nih yang sering malas-malasan ketika hari Senin datang? Monday blues syndrome atau rasa malas berlebihan untuk kembali pada rutinitas setelah akhir pekan seringkali menjangkiti pegawai kantoran. Tapi tidak dengan seorang entrepreneur, ia akan menyambut hari Senin sebagai hari baru dengan tantangan baru yang siap untuk ditaklukkan. Welcome, MONeyDAY!

Photo credit: careergirldaily

Itulah 7 alasan kamu tidak perlu ragu untuk mencoba berwirausaha. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai menekuni dunia bisnis. Jadi bagaimana, mau mencobanya sekarang?

BACA JUGA


Lulus Kuliah, Pilih Kerja atau Wirausaha? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

Lulus Kuliah, Pilih Kerja atau Wirausaha? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan

Kerja atau wirausaha? Yang mana yang lebih baik? Simak artikel ini untuk meyakinkan dirimu

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan Jadi Pegawai? Inilah 7 Alasan Kamu Perlu Coba Jadi Entrepreneur. Masih Ragu Buat Coba?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar