Bukti Kalau Anak IPS Itu Bisa Jadi Sohib yang Asyik dan Out of The Box Banget. Kamu yang Anak IPS Pasti Setuju Deh!

photo credit: sekolahpintar

Bukti Kalau Anak IPS Itu Bisa Jadi Sohib yang Asyik dan Out of The Box Banget. Kamu yang Anak IPS Pasti Setuju Deh!

667
Bukan cuma jago soal rusuh di kelas, jurusan yang diduga didominasi oleh orang-orang berotak kanan ini adalah jurusan tempat berkumpulnya orang-orang kreatif dan out of box.

Apa pun jurusannya sebenarnya sama pentingnya kok baik jurusan IPA atau pun IPS. Menjadi pelajar yang smart nggak bisa dilihat dari jurusan apa dia berasal karena cerdas nggak bisa diukur dari ilmu apa yang dipelajari, tapi dari ilmu apa dikuasai. Tapi tentu saja setiap jurusan punya ciri khas dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah keunikan dan kelebihan yang biasanya dimiliki oleh anak-anak IPS. Mau tahu apa saja keunikan kamu yang masuk di jurusan IPS? Yuk simak!


1. Dinamis dan inovatif

photo credit: sekolahpintar

Menjadi anak IPS, kamu akan dituntut menjadi lebih aktif dan sensitif pada perubahan-perubahan sosial yang terjadi dan berkembang di masyarakat, itulah sebabnya anak IPS cenderung lebih bisa bertahan dan cepat menyesuaikan terhadap perubahan yang ada. Dalam ilmu sosial secara tidak langsung kamu akan menjadi lebih dinamis, mudah berubah sesuai dengan apa yang diperlukan, lalu kreatif dalam berinovasi menciptakan hal-hal atau statement-statement baru yang lebih relevan dengan keadaan zaman.


2. Kreatif dan trend setter

Source: Keepo

Bukan cuma jago soal rusuh di kelas, jurusan yang diduga didominasi oleh orang-orang berotak kanan ini adalah jurusan tempat berkumpulnya orang-orang kreatif dan out of box. Daya imajinasi serta tingkat percaya diri yang tinggi membuat anak IPS juga jago untuk menciptakan hal-hal aneh, konyol, dan kreasi lainnya yang apalah banget. Nggak jarang juga hal-hal unik yang mereka ciptakan akan menjadi tren bagi anak-anak lain pada masanya.


3. Peka

Source: Setangkai

Gak usah tanyakan soal solidaritas dari anak IPS karena untuk urusan itu mereka jagonya. Anak IPS yang dituntut untuk sensitif dan peka terhadap isu dan perkembangan sosial yang ada, menuntut mereka untuk juga terbiasa peka bagi lingkungan sekitarnya, itulah kenapa kebanyakan mereka akan memiliki rasa kebersamaan yang tinggi dengan teman-temannya. Dengan sikap yang humoris dan humanis, anak IPS bisa dijadikan sahabat yang solid dan pengertian, loh.


4. Memiliki kemampuan public speaking yang baik

Source: Japanese Station

Di kelas IPS, nggak jarang akan terjadi diskusi dan debat. Hampir setiap mata pelajaran akan terjadi diskusi dan perdebatan karena hakikatnya ilmu sosial adalah ilmu yang mudah berubah dan dalam perubahannya tentu akan mengalami banyak penerimaan dan penolakan. Apalagi jika yang sedang dibahas adalah persoalan sosial yang sedang terjadi, maka akan banyak terjadi perbedaan pendapat. Di sinilah kemampuan kamu berbicara di depan umum akan terlatih dengan lebih banyak terjadi diskusi terbuka kamu akan terbiasa untuk percaya diri ketika nantinya harus berbicara di depan orang banyak.


5. Sociable dan humble


Source: Psychologia

Kamu akan sangat jarang melihat anak IPS yang pendiam dan kaku. Hampir semua anak IPS itu tingkat jiwa sosialnya tinggi, itulah yang membuat orang lain ketika berteman dengan anak IPS akan merasa nyaman. Tahu kan kenapa kelas IPS sering sekali berisik di kelas dan jauh sekali dari kata hening? Mereka selalu berinteraksi dengan orang lain, mengobrol dengan teman sekelas, atau bahkan banyak tanya kepada guru. Dengan memiliki jiwa sosial yang tinggi dan mengerti tentang keberagaman tingkat sosial yang ada di masyarakat, membuat anak IPS menjadi manusia yang lebih memiliki kerendahan hati kepada manusia lainnya.


6. Bukan sekadar hemat tapi akurat

Source: Dailymail.co.uk

Bukan hanya sebagai mata pelajaran, jiwa ekonomi juga diterapkan oleh anak IPS dalam kehidupan sehari-hari. Hemat yang bukan sekadar irit, tapi lebih kepada perhitungan untung rugi dalam setiap tindakannya. Anak IPS nggak cuma bicara soal hitung-hitungan uang loh, tetapi juga memperhatikan aspek lain seperti aspek sosial, ekonomi, manajemen dan berbagai isu perkembangan situasi zaman saat ini. Itulah kenapa, kebanyakan para pengusaha yang berasal dari jurusan IPS akan memiliki bisnis yang lebih cepat berkembang dan berkelanjutan.


7. Prospek yang menjanjikan

Source: Student Guide

Coba kamu pikirkan, bidang pekerjaan apa yang tidak membutuhkan anak IPS? Bahkan di perusahaan atau bidang yang berkaitan dengan keilmiahan dan penelitian pun membutuhkan pemikir-pemikir sosial untuk memanajemen keuangan perusahaan, manajemen organisasi bagi karyawan, bahkan dengan banyaknya persoalan sosial dan ekonomi yang terjadi sekarang ini.

BACA JUGA


Inilah 7 Tanda Jika Kamu Cocok Masuk Jurusan IPA. Cek Yuk!

Inilah 7 Tanda Jika Kamu Cocok Masuk Jurusan IPA. Cek Yuk!

Trivia coba bantu kasih tahu tanda-tanda kamu lebih cocok di jurusan IPA. Siapa tahu karakter kamu cocok dengan ciri-ciri di bawah ini ya

Read more..

Ayo, setuju nggak dengan 7 kelebihan di atas buat kamu yang anak IPS?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bukti Kalau Anak IPS Itu Bisa Jadi Sohib yang Asyik dan Out of The Box Banget. Kamu yang Anak IPS Pasti Setuju Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yieravita Ujungan Ratu | @yieravita

Silahkan login untuk memberi komentar