Jika Orang yang Kamu Kenal Memiliki Pemikiran Bunuh Diri, Inilah 7 Tindakan Pencegahan yang Bisa Kamu Lakukan

Jika Orang yang Kamu Kenal Memiliki Pemikiran Bunuh Diri, Inilah 7 Tindakan Pencegahan yang Bisa Kamu Lakukan

7.1K
Seseorang yang memiliki pemikiran bunuh diri biasanya telah memberi ‘tanda-tanda’ kepada orang di sekitarnya. Sayangnya, tak banyak yang peka sehingga tak menyadari hal tersebut.

Tahukah Sahabat Trivia, dilansir dari iasp.info, setiap tahunnya ada 800 ribu orang yang meninggal akibat bunuh diri di seluruh dunia. Dengan kata lain, ada 1 nyawa yang hilang karena bunuh diri setiap 40 detiknya! Meskipun jarang dibicarakan, nyatanya angka tersebut sudah terbilang sangat besar untuk kasus kematian. Baru-baru ini yang cukup menghebohkan adalah kasus bunuh diri seorang pria di Jakarta yang melakukan bunuh diri dengan menyiarkannya secara langsung melalui media sosial. Menurut pengakuannya, video tersebut sengaja dibuat sebagai kenang-kenangan untuk sang istri. Walau terkesan sepele, penyebaran video ini memiliki dampak yang sangat berbahaya loh, Sahabat Trivia. Bukan tak mungkin, video ini menyebabkan werther effect, yakni memicu seseorang yang kondisi kejiawaannya sedang tidak stabil, sehingga berpotensi melakukan tindakan serupa.


Seseorang yang memiliki pemikiran bunuh diri biasanya telah memberi ‘tanda-tanda’ kepada orang di sekitarnya. Sayangnya, tak banyak yang peka sehingga tak menyadari hal tersebut.

Mereka biasanya mulai secara tersirat membicarakan keinginan bunuh diri (misalnya, “Saya berharap, saya tidak pernah dilahirkan"), mulai mencari cara untuk bunuh diri, putus asa, merasa tak memiliki masa depan, sering mengujat dan membenci diri sendiri, lebih suka menyendiri, atau mengucapkan perpisahan walau dengan kesan bercanda.

Coba Sahabat Trivia ingat-ingat, apakah ada teman atau orang yang kamu kenal mengalami tanda-tandanya tersebut? Jika ada, jangan pernah mengabaikan atau menganggap remeh tanda tersebut. Sekalipun diungkapkan bagai candaan, bisa jadi hal tersebut adalah indikasi pemikiran bunuh diri yang serius. Segera lakukan langkah pencegahan dengan 7 cara berikut ini.


1. Tanyakan langsung secara baik-baik

Topik mengenai pemikiran bunuh diri tentu bukanlah topik yang mudah untuk dibicarakan begitu saja. Tapi, ketika kamu sendiri masih ragu apakah orang yang kamu kenal memiliki pemikiran tersebut atau tidak, langkah terbaik adalah dengan menanyakannya secara langsung. Menunjukan bahwa kamu peduli padanya tidaklah cukup. Berilah kesempatan kepadanya untuk menceritakan perasaannya juga. Hal ini juga dapat membantunya melepaskan perasaan kesepian dan negatif yang ia miliki.


2. Jadilah pendengar yang baik

Jika dia telah mau membicarakan perasannya, dengarkanlah dengan baik. Hindari memotong omongannya atau menyalahkannya atas pemikiran negatif yang ia miliki. Ketika ia sudah mulai terbuka padamu, hal tersebut merupakan pertanda baik, juga sekaligus tanda bahwa ia memang membutuhkan bantuan.


3. Bersimpatilah

photo credit: | UX Magazine
ption>

Hal yang tak kalah menyedihkan dari isu bunuh diri yang disiarkan di media sosial adalah respon sebagian masyarakat yang mengetahuinya. Berbagai komentar mulai dari hujatan, sindiran, hingga candaan untuk segera menyelesaikan tindakan bunuh diri mengikuti kabar ini. Jangan sampai kamu melakukan hal tersebut yah, Sahabat Trivia.

Ketika mendengar dan menghadapi orang yang berpotensi bunuh diri pastikan untuk tidak menghakimi, dan menerima penjelasannya dengan sabar.


4. Tetaplah menjadi dirimu sendiri

photo credit: Onlymyhealth

Tak perlu berupaya keras untuk mencari kata-kata motivasional atau menenangkan dirinya. Jadilah dirimu sendiri, karena jika kamu memang peduli, intonasi, dan tindakan yang kamu lakukan akan mencerminkan hal tersebut. Biarkan dia meyakini bahwa kamu memang betul peduli dan dia tidak sendirian.


5. Jangan pernah meremehkan masalah mereka

Pastikan kamu menanggapi pembicaraan mengenai isu ini secara serius. Setiap manusia memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah.

Bunuh diri tidak disebabkan oleh faktor tunggal, menurut WHO selalu ada faktor biologis, psikologis, dan sosial dalam tiap kasus bunuh diri.

6. Menemaninya meminta bantuan profesional

photo credit: apptoto

Tawarkan diri untuk menemaninya meminta bantuan profesional. Pastikan untuk meminta bantuan pada pihak yang tepat. Kamu juga bisa melakukan konsultasi sebelumnya dengan psikolog yang berada di dekat dengan lingkunganmu. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi komunitas Into The Light di Indonesia. Komunitas Into The Light ini merupakan Komunitas pencegahan bunuh diri berbasis bukti ilmiah dan hak asasi manusia. Kamu bisa menghubungi mereka melalui email intothelight.email@gmail.com dan langsung menceritakan permasalahanmu di sana. Dengan visi menumbuhkan kepedulian masyarakat, khususnya remaja, dalam isu kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri di Indonesia, Into The Light memberikan pelayanan edukasi mengenai pencegahan bunuh diri, juga pendampingan ke profesional yang bersangkutan.


7. Jangan abaikan kesehatan jiwamu sendiri

photo credit: TED

Menghadapi seseorang yang sedang depresi hingga memiliki pemikiran bunuh diri bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika orang yang kamu hadapi adalah orang yang kamu cintai. Bukan tak mungkin kamu pun akan merasakan kesedihan yang dalam.

Maka, pastikan untuk tidak melupakan kesehatan mentalmu sendiri. Jika perlu, carilah orang yang kamu percaya sebagai teman berbagi dan mintalah dukungan dari mereka.

Ingat, bunuh diri dapat dicegah! Nah, Itulah 7 tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan, jika ada orang yang kamu kenal memiliki pemikiran bunuh diri. Jangan pernah berasumsi, berkomentar negatif, atau justru membully mereka, karena hal ini justru dapat membuat mereka semakin enggan untuk mencari bantuan.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jika Orang yang Kamu Kenal Memiliki Pemikiran Bunuh Diri, Inilah 7 Tindakan Pencegahan yang Bisa Kamu Lakukan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar