Cara Biar Bisa Kuliah ke Korea. Buat Kamu yang Pengin dan Mimpi Banget, Cara Ini Bisa Kamu Ikuti!

photo credit: koreahalal

Cara Biar Bisa Kuliah ke Korea. Buat Kamu yang Pengin dan Mimpi Banget, Cara Ini Bisa Kamu Ikuti!

2.4K
Bukan hanya sekedar berkunjung, namun juga menempuh pendidikan. Terbukti dengan semakin meningkatnya mahasiswa asing dari tahun ke tahun setelah Korean Wave (K-Wave) atau gelombang Korea.

Korea Selatan dengan segala pesonanya, dimulai dari musik, film, drama bahkan teknologi, membuat penduduk dunia ingin datang ke sana. Bukan hanya sekedar berkunjung, namun juga menempuh pendidikan. Terbukti dengan semakin meningkatnya mahasiswa asing dari tahun ke tahun setelah Korean Wave (K-Wave) atau gelombang Korea.


Niatmu untuk belajar di Korea. Beneran kuliah di Korea untuk belajar dan bisa ketemu idola?

photo credit: kultscene

Namun, bagi kamu yang ingin mencoba pendidikan di Korea Selatan hanya karena ingin bertemu dengan sang idola, lebih baik luruskan lagi niatnya. Idola di sana akan jarang sekali berada di kampus karena kesibukannya yang segudang. Biasanya mereka akan mengikuti perkuliahan online. Belum lagi perbedaan budaya yang nantinya akan dihadapi. Jika hanya sebatas niat bertemu dengan idola, pastinya akan sangat sulit sekali bertahan. Walaupun sama-sama di negara Asia, namun kita juga harus tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di sana. Norma serta aturannya wajib kita pahami, demi kelangsungan dan kenyamanan hidup kita di negeri ginseng.


Muslim di negeri ginseng

photo credit: koreahalal

Apalagi untuk muslim yang akan pergi ke sana. Korea Selatan dikenal dengan budaya minumnya. Namun, bukan berarti hal itu negatif karena tujuan minum di sana adalah agar lebih akrab dan jamuan bagi senior ke juniornya. Jika menolak, kamu akan dianggap aneh. Sebagian masyarakat di sana sudah mengerti bahwa umat muslim tidak boleh minum-minuman keras. Akan sulit sekali menemukan makanan tanpa daging babi juga di sana. Paling mudah wisatawan akan memakan mie instan jika mau menghindari makan babi. Bukan berarti mie instan tersebut halal, banyak juga yang menggunakan olahan babi di dalamnya. Biasanya untuk produk mie instan yang halal, mereka akan membubuhkan cap halal.


Gimana caranya kuliah di Korea?

photo credit: blogspot

Keterbatasan dana dan bahasa menjadi penghalang yang umum bagi para peminat. Namun jangan khawatir, Pemerintah negeri ginseng ini memberikan beasiswa pendidikan gratis bagi orang-orang yang ingin menempuh pendidikan di negara pembuat film Train to Busan. Program tersebut adalah Korean Government Scholarship Program (KGSP). Tidak perlu takut apabila tidak bisa berbahasa Korea karena sebelum memulai perkuliahan, kita diwajibkan untuk mengikuti kursus bahasa Korea di salah satu universitas yang ditunjuk oleh tim beasiswa selama satu tahun dan biaya ditanggung oleh pemerintah Korea Selatan. Beasiswa ini mencakup tiket pesawat pulang pergi, biaya pendidikan, biaya hidup dan tempat tinggal, asuransi dan penelitian. Besaran beasiswa S1 dengan S2 tentu berbeda.


Ada dua cara untuk apply beasiswa:

1. Melalui kantor Kedutaan Besar (kedubes) Korea Selatan yang ada di masing-masing negara

Di sini kamu bisa memilih tiga universitas yang dituju. Nanti, tim mereka yang akan mengirimkan aplikasi kita ke universitas tersebut. Seleksi lewat kedutaan besar sendiri ada beberapa tahap wawancara dan finalnya adalah tes kesehatan.


2. Langsung kirim aplikasi ke universitas yang ingin dituju

Jalur ini hanya diperbolehkan untuk mendaftar pada satu universitas. Perhatikan jadwal pembukaan pendaftaran pada universitas yang diinginkan karena ada beberapa universitas yang jadwal penerimaan mahasiswanya lebih cepat dari pendaftaran KGSP. Seleksi akan dilakukan langsung oleh pihak universitas. Tahap wawancara ini menggunakan bahasa Inggris.

Beasiswa ini diburu oleh ribuan orang dengan kuota terbatas. Perhatikan persyaratan yang dibutuhkan. Jangan sampai ada yang terlewat. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan lolos tidaknya kamu. Pemilihan kertas dan folder file juga dipilih yang bagus. Hal tersebut membuktikan keseriusan kamu dalam mendaftarkan beasiswa.

BACA JUGA


Tembus Studi Master di Korea via Beasiswa Korean Government Scholarship Program dengan 9 Tips Berikut

Tembus Studi Master di Korea via Beasiswa Korean Government Scholarship Program dengan 9 Tips Berikut

Pengalaman adalah guru yang paling berharga. Ketika kita telah berusaha maksimal, belajar dari kegagalan, pantang menyerah, dan pasrah ...

Read more..

Jangan malas untuk mencari informasi tambahan. Sering-seringlah mengakses portal beasiswa online. Banyak pula scholarship hunter yang sudah berhasil membuat blog dan membagikan kisah suksesnya kepada pejuang beasiswa lainnya.

Jadi jangan takut bermimpi!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Biar Bisa Kuliah ke Korea. Buat Kamu yang Pengin dan Mimpi Banget, Cara Ini Bisa Kamu Ikuti!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Emma Rahmawati | @emmarahmawati

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week