Cara Memulai Usaha Rumahan. Kamu pun Bisa Lho Mulai dari Sekarang. Jemput Kesuksesanmu dari Usia Muda!

photo credit: lifecellcream

Cara Memulai Usaha Rumahan. Kamu pun Bisa Lho Mulai dari Sekarang. Jemput Kesuksesanmu dari Usia Muda!

506
Era globalisasi menawarkan peluang usaha bagi yang mampu membaca kesempatan tersebut.

Era globalisasi menawarkan peluang usaha bagi yang mampu membaca kesempatan tersebut. Untuk memulai usaha, beberapa hal harus menjadi pertimbangan agar usaha yang dirintis bisa mencapai kesuksesan. Salah satu peluang usaha yang bisa dicoba dan memiliki prospek yang cukup menjanjikan adalah usaha rumahan.

Usaha rumahan cocok dijalankan olehmu yang masih sekolah atau kuliah, yang mungkin belum bisa sepenuhnya fokus terjun di usaha tersebut. Bisa dibilang usaha ini adalah sampinganmu. Tempatmu belajar usaha dan mengisi waktu luangmu juga. Daripada nongkrong-nongkrong terus dan nggak menghasilkan apa-apa, kan bisa banget buatmu melakukan sesuatu yang mungkin remaja seusiamu kebanyakan belum pikirkan, yaitu memulai usaha rumahan.

Lalu jenis usaha seperti apa yang bisa dirintis walaupun hanya di rumah? Beberapa jenis usaha yang bisa coba kamu lakukan seperti, usaha jahit, buat kue, juas jus, jual pulsa, dropship, reseller, jasa desain, jual kosmetik, dan lain-lain. Beberapa jenis usaha ini bisa dijalankan di rumah dan pastinya hasil yang didapat juga cukup menjanjikan jika kamu cukup pandai menangkap peluang usaha rumahan yang potensial.

Apa saja tips dalam memulai usaha rumahan? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan dalam memulai usaha rumahan.


photo credit: wisebread

1. Tentukan modal

Hal yang paling penting dalam memulai usaha adalah modal. Jadi ketika kamu mau memulai jenis usaha rumahan tertentu, tentukan besaran modal yang kamu anggarkan. Kalau kamu hanya reseller sih kamu nggak perlu modal banyak.


2. Jenis usaha

Selanjutnya, setelah kamu memiliki modal yang cukup, lihatlah peluang usaha rumahan apa yang cocok dijalankan di lokasi tempat tinggalmu. Kamu bisa mulai cari tahu barang apa yang banyak disukai di sekitarmu atau di kota tempat tinggalmu. Kalau sudah menemukan hal-hal yang dibutuhkan, kamu akan lebih mudah menemukan barang apa yang mau kamu jual.


3. Cara memasarkan

Cara pemasaran adalah hal yang tak kalah penting. Kamu nggak mau bukan usaha yang kamu rintis tidak berjalan mulus akibat cara pemasaran yang kurang tepat? Cara pemasaran bisa kamu lakukan melalui, sosial media, promosi dari mulut ke mulut, pasang iklan, dll. Pakai media sosial buat memasarkan barang daganganmu dan mengembangkan usahamu. Kamu bisa rajin promosi, upload foto, maupun upload video-video menarik untuk menarik perhatian banyak orang terhadap usahamu.


photo credit: rd

4. Kembangkan usahamu dan strategi jualanmu

Agar usahamu bisa sukses dan menjadi besar, jangan lupa menyisihkan dana yang diperuntukan untuk semakin menambah produksi usaha. Kamu bisa kembangkan jenis barang daganganmu dan melakukan inovasi terhadap produk yang kamu jual. Kamu juga bisa pakai kreativitasmu untuk mempromosikan barang daganganmu. Misalnya, dengan cara membuat give away, kuis, gimmick di media sosial akun jualanmu.


5. Pilih partner usaha

Kalau usahamu memang sudah mulai besar dan permintaannya lumayan tinggi, maka tidak ada salahnya kamu ajak orang lain untuk berkolaborasi denganmu. Kamu juga bisa minta orang lain membantumu untuk melayani konsumen.

BACA JUGA


Yuk Belajar Berbisnis Sedari Muda! 5 Usaha Ini Cocok Buat Kamu Para Generasi Millennial yang Ingin Mencoba Berbisnis

Yuk Belajar Berbisnis Sedari Muda! 5 Usaha Ini Cocok Buat Kamu Para Generasi Millennial yang Ingin Mencoba Berbisnis

Buat kamu para generasi millennial yang tertarik belajar berbisnis, simak bisnis berikut yang bisa kamu rintis untuk memulainya

Read more..

Gimana, Sahabat Trivia? Sudah siap memulai usaha rumahanmu saat ini?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Memulai Usaha Rumahan. Kamu pun Bisa Lho Mulai dari Sekarang. Jemput Kesuksesanmu dari Usia Muda!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arif Gunawan | @arifmanunited

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week