Catcall, Pelecehan Terhadap Perempuan yang Tak Bisa Ditoleransi. Lindungi Dirimu dengan 5 Tindakan Ini!

photo credit: Chicago Tribune

Catcall, Pelecehan Terhadap Perempuan yang Tak Bisa Ditoleransi. Lindungi Dirimu dengan 5 Tindakan Ini!

654
Tindakan catcall tak bisa dianggap sepele. Saat jalan, lalu digoda kumpulan pria yang bertanya "Cewek, mau ke mana?" atau "Teteh, cantik banget sih." Iih bikin males banget kan?

Sahabat Trivia, kamu pernah dipanggil-panggil orang tak dikenal saat melalui jalan tertentu? "Cewek, mau ke mana?" atau "Teteh, cantik banget sih." Ingat yah, Sahabat Trivia, itu bukan pujian, melainkan bentuk pelecehan seksual! Jika pernah, kamu berarti telah menjadi korban catcalling tuh. Catcall membuat perempuan seolah-olah berada pada level yang lebih rendah dari para pelakunya. Rasanya, hampir setiap perempuan pernah mengalaminya yah. Entah berupa siulan, salam, atau bahkan kata-kata yang tak pantas diucapkan mungkin pernah kamu dengar.

Benar-benar bikin malas kan, Sahabat Trivia? Bukan hanya menganggu, tak jarang catcaller juga membuat para korbannya ketakutan dan merasa nggak aman, apalagi jika mereka sampai berani mendekati korbannya.

Fakta catcall merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual terhadap perempuan, sebetulnya membuat tindakan ini tak bisa dibiarkan begitu saja. Jika tindakan menjengkelkan ini terjadi lagi padamu, inilah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya.


Jangan merespon jika membahayakan keselamatanmu

photo credit: street harassment

Perhatikan kondisi lokasi atau jalan yang kamu lalui. Jika kamu mengalami catcall saat berada di tempat yang sepi, sebaiknya percepat langkahmu dan tak perlu merespon catcallers. Jika jalan tersebut sering kamu lalui dan tindakan catcall juga sering kamu alami di sana, sebaiknya kamu mencari jalan alternatif agar tak perlu menghadapi mereka lagi.


Jika situasi sekitarmu cukup aman, balas catcallers dengan suara yang tegas

photo credit: GifAmerica

Biasanya pelaku catcall bergerombol, karena tak sendiri itulah yang membuat mereka jadi lebih berani menggoda perempuan di jalan atau di mana pun. Coba perhatikan situasi sekitarmu, jika masih banyak orang berlalu lalang, tak ada salahnya kamu membalas perlakukan catcallers ini dengan suara yang tegas dan cukup terdengar orang lain di sekitarmu. Selain tindakan ini bisa membuat nyali para pelaku menciut, orang di sekitarmu juga akan mengetahui kejadian tak menyenangkan yang kamu alami.


Pura-pura menelepon


Para catcaller ini biasanya melakukan aksinya untuk mendapat perhatianmu, maka jika kamu terlihat sibuk dengan urusanmu bisa mengurangi niat mereka untuk menggodamu. Pura-puralah berbicara di telepon dengan suara pelan, agar kamu terlihat sibuk, tapi juga tak menarik perhatian mereka.


Foto wajah pelaku

photo credit: The Odyssey Online

Lakukan tindakan ini jika kamu berada di lokasi yang ramai dan cukup aman. Mengambil foto wajah pelaku bisa membuat mereka terkejut dan berpikir bahwa kamu akan melaporkan tindakan mereka, sehingga mereka akan berpikir dua kali untuk melakukan hal yang sama.


Memberi teguran dengan nada tegas namun tetap sopan

photo credit: TheGloss

Kamu juga bisa memberikan teguran pada mereka secara tegas. Sampaikan perasaan tak nyamanmu dengan percaya diri pada mereka. Jika mereka masih membalasmu dengan perkataan yang tidak menyenangkan, tinggalkan mereka begitu saja. Cara ini bisa jadi membuat mereka menyadari kesalahan mereka, karena bisa jadi mereka kira tindakan mereka hanya bentuk keisengan, padahal tidak. Yah, jika mereka tetap tidak sadar, paling tidak kamu sudah membuat mereka kesal sendiri karena k telah berani melawan.

BACA JUGA


Kutipan R.A Kartini Terindah. Pesan Cinta dan Semangat Juang Tinggi untuk Semua Perempuan di Indonesia

Kutipan R.A Kartini Terindah. Pesan Cinta dan Semangat Juang Tinggi untuk Semua Perempuan di Indonesia

Melalui kutipan kata mutiara dari sosok perempuan hebat legenda Indonesia, R.A Kartini, kita bisa banyak belajar dan semakin termotivasi

Read more..

Kamu yang pernah menjadi korban catcall, apa yang kamu lakukan saat menghadapinya, Sahabat Trivia?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Catcall, Pelecehan Terhadap Perempuan yang Tak Bisa Ditoleransi. Lindungi Dirimu dengan 5 Tindakan Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week