Ciri-Ciri Kamu Rendah Diri. Hati-Hati, Memelihara Sifat Ini Membuat Sekitarmu Selalu Terlihat Negatif, Loh!

photo credit: All-Consuming Books

Ciri-Ciri Kamu Rendah Diri. Hati-Hati, Memelihara Sifat Ini Membuat Sekitarmu Selalu Terlihat Negatif, Loh!

2.1K
Apa yang kamu pikirkan bisa menentukan kebahagiaanmu. Nah, Sahabat Trivia, perasaan rendah diri kadang secara tidak langsung mencegahmu untuk merasa bahagia.

Siapa pun mungkin saja memiliki sifat rendah diri. Ketika kamu merasa lebih rendah daripada orang di sekitarmu, duh, rasanya pasti tidak nyaman, kan? Tapi, sadarkah kamu, apa yang terjadi pada hidupmu, sangat bergantung dari apa yang kamu pikirkan? Dua orang berbeda yang mengalami satu kejadian yang sama, bisa saja memiliki perasaan yang jauh berbeda. Apa yang kamu pikirkan bisa menentukan apakah kamu bisa bahagia atau tidak. Nah, Sahabat Trivia, perasaan rendah diri kadang secara tidak langsung mencegahmu untuk merasa bahagia. Jika kamu lebih sering memiliki perasaan negatif daripada positif, coba cek ciri-ciri bahwa kamu rendah diri di bawah ini, jangan-jangan, sifat itulah penyebabnya.


1. Kamu merasa takut memberikan pendapat pribadimu di hadapan banyak orang

photo credit: gurl

Saat ingin memberi pendapat atau tanggapan, kamu berpikir berkali-kali sebelum mengucapkannya. Kamu berusaha menebak-nebak apa yang akan orang lain pikirkan dan katakan setelah kamu mengutarakan pendapatmu. Selanjutnya, kamu akan merasa pendapatmu tak cukup oke untuk didengarkan orang lain, sehingga ujung-ujungnya kamu tetap diam.


2. Kamu sering membandingkan dirimu dengan orang lain

photo credit: LovePanky

Baik disadari atau tidak, kamu sering memberi perhatian lebih pada orang lain yang kamu pikir lebih sukses darimu. Tapi, bukannya merasa terinpirasi, kamu justru merasa terindimidasi. Setelah proses membandingkan, diam-diam kamu memiliki pemikiran negatif tentang dirimu sendiri, bahwa kamu tak cukup baik, cantik, pintar, dan sebagainya. Bukannya berfokus pada perkembangan dirimu, kamu jadi tenggelam dalam pikiran negatif tersebut.


3. Kamu terlalu sering meminta maaf, bahkan untuk hal yang bukan salahmu

photo credit: Tumblr

Tak ada yang salah dengan meminta maaf, tentu saja. Tapi, jika kamu meminta maaf padahal kamu tidak melakukan kesalahan sama sekali, apakah meminta maaf tetap perlu? Sikap ini biasanya secara spontan terjadi, karena kamu sering merasa bersalah dan rendah diri.


4. Kamu membeli barang-barang yang tidak kamu sukai

photo credit: The Atlantic

Ketika membeli sesuatu, apa yang ada di pikiranmu? Apakah secara tak sadar kamu memikirkan pendapat orang lain jika kamu mengenakan barang yang akan kamu beli daripada seleramu sendiri? Jika iya, seringkali kamu berakhir membeli barang yang tak terlalu kamu sukai.


5. Kamu terlalu cepat menyerah

photo credit: Dramabeans

Rendah diri erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Kamu mungkin merasa tak cukup mampu untuk meraih apa yang kamu impikan, sehingga mudah bagimu untuk menyerah.


6. Saat menerima kritikan, kepercayaan dirimu merosot seketika

photo credit: Bustle

Kritikan sebetulnya baik untuk mengembangkan diri. Namun, tak semua kritikan perlu kamu pikirkan. Beberapa orang bahkan memberi kritik dengan tidak serius. Tapi, jika seseorang memberimu kritikan, dengarkanlah secara objektif, dan periksa apa yang bisa kamu perbaiki. Jadi, alih-alih terbawa emosi dan makin tak percaya diri, kamu jadi bisa lebih baik lagi.


7. Kamu merasa orang lain tak menyukaimu

photo credit: Thought Catalog

Bisa jadi kamu merasa kurang pintar atau kurang cantik, sehingga berpikir orang-orang yang baru kamu temui tak mau menerimamu. Akhirnya, justru kamu yang menjauh dan tak mencoba mengenal mereka lebih jauh.

Sahabat Trivia, saat kamu membaca tanda-tanda di atas, kamu pun pasti telah menyadari dampak negatif dengan memiliki sikap rendah diri kan? Selain kamu akan kehilangan banyak kesempatan, kamu pun akan merasa tak cukup baik dalam berbagai hal. Kamu jadi tak bisa berfokus pada hidupmu dan hidup bahagia. Yuk, ah kita buang sifat jelek ini dengan selalu berpikir positif baik pada dirimu sendiri maupun pada orang lain.

Kamu pernah merasakan hal di atas? Ceritakan pengalamanmu di kolom komentar yuk, Sahabat Trivia!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ciri-Ciri Kamu Rendah Diri. Hati-Hati, Memelihara Sifat Ini Membuat Sekitarmu Selalu Terlihat Negatif, Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week