Ciri-Ciri Kartini Masa Kini dan Masa Depan. Adakah Karaktermu di Antaranya?

photo credit: Gita Davitri Devi

Ciri-Ciri Kartini Masa Kini dan Masa Depan. Adakah Karaktermu di Antaranya?

3K
Perempuan berjiwa seperti Kartini tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri, berikut ini ada 8 ciri perempuan yang berjiwa seperti Kartini. Adakah kamu di antaranya?

Sebagai warga Indonesia, siapa yang tak mengenal sosok Raden Ajeng Kartini? Perempuan yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah ini lahir pada 21 April 1879 dan ia meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada usia 25 tahun. Ia adalah seorang tokoh asli Jawa dan merupakan pahlawan Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Membicarakan tentang kebangkitan perempuan pribumi, pada saat ini memang sudah banyak bermunculan perempuan-perempuan tangguh yang siap berlaga dalam krisisnya hak dan kewajiban perempuan. Dalam masa feminisme, muncul reaksi atas kultur seksisme atau dominasi sosial berdasarkan jenis kelamin. Utamanya adalah melawan kekerasan seksual. Bertumpu pada pandangan bahwa penindasan terhadap perempuan terjadi akibat sistem patriarki. Tubuh perempuan merupakan objek utama penindasan terhadap perempuan oleh kekuasaan laki-laki.

Berbagai tantangan yang akan dihadapi oleh perempuan Indonesia makin banyak. Akan disayangkan jika perempuan Indonesia tidak meneruskan apa yang sudah Kartini bangun pada saat itu. Kesempatan haruslah dimanfaatkan semaksimal mungkin. Kartini masa sekarang dan masa depan harus lebih berani dan menunjukkan hal yang lebih positif. Jadikan mental para perempuan Indonesia menjadi mental yang berani, yang berani tampil dan bersaing dengan perempuan-perempuan hebat di luar.

Perempuan berjiwa seperti Kartini tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri, berikut ini ada 8 ciri perempuan yang berjiwa seperti Kartini. Adakah kamu di antaranya?


photo credit: powerofpositivity

1. Perempuan yang pemberani

Perempuan yang kuat dan berani menghadapi tantangan hidup. Ia tidak melarikan diri dengan situasi kehidupan yang membuat dirinya takut. Mungkin saja memang ia takut, tetapi ia tidak akan membiarkan rasa takutnya menghancurkan keberaniannya.


2. Mengasihi dirinya sendiri

Ia mampu menerima dirinya dengan apa adanya. Ia sayang dan peduli dengan apa yang ada apa dirinya. Sekalipun ia salah, ia tetap akan menerima kesalahan yang ia perbuat dan akan memperbaiki dengan hal yang benar.


photo credit: youqueen

3. Tidak bergantung pada siapapun

Perempuan yang mandiri, tidak akan menggantungkan hidupnya pada orang lain. Tidak hanya soal finansial, tetapi juga mental dan emosionalnya. Ia tidak akan jatuh hanya karena perkataan orang lain.


4. Murah hati dan peduli kasih

Kekuatan perempuan adalah kelemahan hati dan lemah lembutnya. Tidak heran jika perempuan akan menggunakan perasaannya yang lemah lembut untuk menghadapi sesuatu. Tapi, jangan disalah artikan bahwa lemah lembut bukan berarti lemah ya.



5. Mengikuti setiap apa yang hati nuraninya katakan

Perempuan yang kuat akan memiliki nilai dan prinsip dalam hidupnya. Ia tidak akan mudah mengubah apa yang sudah ia pikirkan atau lakukan.


6. Orang lain melihatnya sebagai role model

Perempuan yang hebat pasti diteladani oleh orang lain. Kepribadiannya yang baik, tegas, dan bijaksana akan menjadikan ia teladan bagi orang di sekitarnya.


photo credit: huffpost

7. Dapat membahagiakan dirinya sendiri

Kebahagiaan perempuan yang kuat, tidak bergantung pada orang lain. Perempuan yang kuat dapat menciptakan kebahagiaannya sendiri.


8. Jujur

Perempuan yang kuat, tidak akan menyembunyikan rasa emosi dan perasaannya. Ia akan jujur dan terbuka tentang perasaannya karena ia tahu bahwa orang yang menyembunyikan semua itu akan mengganggu kesehatan mentalnya.

BACA JUGA


Kutipan R.A Kartini Terindah. Pesan Cinta dan Semangat Juang Tinggi untuk Semua Perempuan di Indonesia

Kutipan R.A Kartini Terindah. Pesan Cinta dan Semangat Juang Tinggi untuk Semua Perempuan di Indonesia

Melalui kutipan kata mutiara dari sosok perempuan hebat legenda Indonesia, R.A Kartini, kita bisa banyak belajar dan semakin termotivasi

Read more..

Adakah karaktermu di antaranya? Jika belum ada, yuk maju untuk bisa jadi Kartini masa kini dan masa depan!


#TriviaWritingCompetition




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ciri-Ciri Kartini Masa Kini dan Masa Depan. Adakah Karaktermu di Antaranya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Erika Meylinda | @erikameylinda

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week