Daftar 9 Film Berlatar Jogja untuk Mengobati Kangenmu pada Jogja

Photo credit: inovasee

Daftar 9 Film Berlatar Jogja untuk Mengobati Kangenmu pada Jogja

24.7K
Sebuah kota terkadang bisa sangat membuat kita rindu. Jogja, salah satunya. Bila kamu sedang rindu dengan Jogja, tapi sedang tidak bisa mengunjunginya dalam waktu dekat, film-film ini bisa kamu tonton.

Jogja merupakan salah satu kota yang paling sering dijadikan tempat berlibur atau menuntut ilmu. Oleh karena itu, tidak heran banyak kenangan yang akan kamu dapatkan bila berkunjung ke kota ini. Lama tak mengunjungi Jogja, kamu pasti merindukan Kota Gudeg ini. Sambil menunggu saat liburan, kamu bisa menonton 9 film ini untuk mengobati rindumu sementara.


1. Java Heat

Java Heat merupakan film kolaborasi dua negara, Amerika dan Indonesia. Film ini disutradarai oleh Conor Allyn. Bila kamu menyukai film action, kemungkinan kamu akan menyukai film ini. Dibintangi oleh Kellan Lutz, Ario Bayu, dan Atiqah Hasiholan, kamu pasti terkagum-kagum dengan efek film ini. Film ini bercerita soal bom bunuh diri yang menyerang pesta amal. Bom ini menyebabkan Sultana (Atiqah Hasiholan) tewas. Hashim (Ario Bayu), seorang detektif ditugaskan untuk menyelidiki kasus ini. Kamu bisa menemukan Taman Sari, Plasa Ngasem, hingga Candi Borobudur di film ini.


2. Siti

pic credit: lidianofiani23

Siti merupakan film independen yang disutradari oleh Eddie Cahyono. Film ini berkisah tentang tokoh utama Siti (Sekar Sari) yang digambarkan terlilit utang besar. Oleh karena itu, Siti harus bekerja keras dengan menjual peyek di sekitar Pantai Parangtritis. Malam harinya, Siti menjadi pemandu karaoke ilegal. Selain mengambil latar Pantai Parangtritis, Siti juga memiliki pesan moral yang bagus. Tidak heran film ini meraih penghargaan sebagai film terbaik di Festival Film Indonesia 2015.


3. Kapan Kawin?

pic credit: ngobrolinfilm

Film bergenre drama ini dimainkan oleh Adinia Wirasti dan Reza Rahadian. Di bawah arahan Ody C. Hararap, film ini mengangkat isu sosial betapa perempuan sering ‘diteror’ untuk segera menikah. Hal ini dialami oleh Dinda (Adinia Wirasti), seorang general manager di hotel bintang empat di Jakarta. Meski sudah sukses, Dinda belum mendapatkan pasangan hingga usianya mencapai 30 tahun. Hal ini membuat kedua orang tua Dinda terus mendesak Dinda untuk menikah. Film ini tidak hanya akan membuatmu kagum dengan suasana Jogja, akan tetapi pesan moral yang coba disampaikannya akan menginspirasimu.


4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

pic credit: iberita

Film biografi tokoh nasional Tjokroaminoto ini disutradarai oleh Garin Nugroho. Film ini dimainkan oleh aktor profesional seperti Didi Petet, Alex Komang, dan Reza Rahadian. Di film ini, Garin juga menambahkan tokoh-tokoh nasional penting lainnya seperti Soekarno dan Agus Salim. Di film ini, kamu bisa melihat Museum Pertanian Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu lokasi shootingnya.


5. The Philosophers

pic credit: moviexplorers

The Philosophers merupakan film science fiction produksi Amerika dan Indonesia yang mengambil latar di Indonesia. John Huddles merupakan sutradara sekaligus penulis skenario film ini. Selain diperankan oleh aktor dan aktris Amerika, film ini juga dibintangi oleh Cinta Laura. Di dalam trailernya, kamu sudah bisa melihat Candi Prambanan yang digambarkan dengan indah. Efeknya sendiri sangat menarik sehingga patut kamu tonton.


6. Talak 3

pic credit: peace-and-light

Talak 3 merupakan film garapan Hanung Bramantyo. Film ini berkisah tentang Risa (Laudya Cynthia Bella) dan Bagas (Reza Rahadian) yang rumahnya terancam disita oleh bank padahal mereka sudah bercerai. Akhirnya, mereka harus bekerja sama untuk mengumpulkan uang. Pada saat itulah cinta tumbuh kembali di antara mereka hingga mereka memutuskan untuk rujuk kembali. Sayangnya, ternyata Bagas sudah menalak Risa sebanyak tiga kali. Film ini mengambil lokasi shooting di Jogja. Kamu bisa melihat Alun-Alun Kidul di film ini.


7. Raksasa dari Jogja

pic credit: youtube

Film dari buku laris karya Dwitasari ini disutradarai oleh Monty Tiwa. Cerita ini bermula ketika Bian (Karina Salim) yang merasa sakit hati atas beberapa hal di hidupnya. Saat ia kuliah di Jogja, akhirnya Bian menemukan harapan kembali setelah bertemu Gabriel (Abrar Ardian), seorang penderita gigantisme. Dari judulnya saja, kamu bisa menebak latar film ini sebagian besar ada di Jogja.


8. Sang Pencerah

pic credit: bintang

Film bertema sejarah tokoh ini lagi-lagi disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Kali ini tokoh yang menjadi pemeran utama adalah Kyai Haji Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah, yang diperankan oleh Lukman Sardi. Film ini mengisahkan perjuangan Ahmad Dahlan saat melawan kesyirikan yang kala itu merajalela di Indonesia. Film ini mengambil gambar di beberapa tempat, salah satunya di Kotagede, Jogja.


9. Ada Apa dengan Cinta 2

pic credit: blognyaivan

Film Ada Apa dengan Cinta 2 merupakan kelanjutan dari Ada Apa dengan Cinta? yang tayang 14 tahun lalu. Film ini disutradarai oleh Riri Riza serta dimainkan oleh pemain yang sama dengan film pertamanya, minus Ladya Ceryl, pemeran Alya. Ada Apa dengan Cinta? 2 berkisah tentang bagaimana Rangga (Nicholas Saputra) dan Cinta (Dian Sastrowardoyo) bertemu di Jogja yang akhirnya kembali membuka kenangan serta masa lalu mereka. Sebagian besar latar film ini diambil di Jogja dan Magelang. Banyak spot menarik yang bisa kamu temukan di film ini selain kegantengan Nicholas Saputra.


Terbukti ada banyak sekali tempat di Jogja yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi shooting. Bukan hanya keindahan lokasinya, akan tetapi karena mudahnya membuat orang lain baper dengan film berlatar Jogja. Jadi film mana yang sudah membuatmu baper dan ingin segera ke Jogja?

Baca juga: 15 Daftar Film yang Wajib Kamu Tonton di Tahun 2016




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Daftar 9 Film Berlatar Jogja untuk Mengobati Kangenmu pada Jogja". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Sofiati Mukrimah | @sofiatimukrimah

Penyuka kucing, keju mozzarella di pizza, dan make up. Enggak baperan, kecuali dipancingnya keterlaluan.

Silahkan login untuk memberi komentar