Selamat Hari Aksara Internasional. Berikut Daftar Buku Puisi Pilihan yang Kamu Wajib Baca. Pecinta Karya Sastra Puisi, Siap-Siap Terhanyut Yah!

photo credit: Revi

Selamat Hari Aksara Internasional. Berikut Daftar Buku Puisi Pilihan yang Kamu Wajib Baca. Pecinta Karya Sastra Puisi, Siap-Siap Terhanyut Yah!

1.2K
Puisi nampaknya sudah sangat lekat dengan kita sejak masih SD. Jika saat ini kamu masih mencintai jenis karya sastra puisi, wajib banget untuk kamu baca buku-buku puisi dari berbagai penulis ini nih!

Sebagian orang mungkin merasa mempelajari atau mendalami karya sastra jenis puisi itu berat. Kamu harus perhatikan kata-demi kata, menyesuaikan rima, apakah puisi ini akan sampai dan dimengerti, dan lain sebagainya. Puisi pada dasarnya sudah sangat lekat dengan kita sejak masih sekolah dasar. Kamu si generasi 90an mungkin juga ingat tokoh Rangga yang sangat mencintai sastra dan pandai menulis puisi yang jadi idaman wanita hingga saat ini. Kalau ingat Rangga, pasti kita juga jadi ingat sosok sastrawan Chairil Anwar yang karyanya juga menjadi bacaan Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta. Namun, kali ini bukan Rangga yang akan kita bahas, melainkan karya sastra jenis puisi beserta para penulisnya.

Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita dapatkan jika rajin membaca karya sastra, terutama kamu yang memiliki hobi menulis bahkan bercita-cita untuk jadi penulis. Dengan membaca karya sastra, kamu bisa memperkaya kosa kata, diksi, bahkan bisa juga belajar tentang sejarah, politik, seni dan budaya melalui karya sastra. Jadi semakin tertarik dengan karya sastra ya, Sahabat Trivia! Nah, berikut ini aacanya da daftar buku puisi yang wajib kamu baca nih, Sahabat Trivia. Pilih ya mana yang lebih kamu suka!


1. Non Specific karya Anya Rompas

Citizen6

Gratiagusti Chananya Rompas atau yang lebih akrab disapa dengan nama Anya rompas ini akhirya telah merilis buku puisi keduanya yang berjudul Non Specific. Sebelumnya Anya Rompas berhasil menerbitkan karyanya yang berjudul Kota Ini Kembang Api, kini dirinya sudah memiliki karya berikutnya. Tak berbeda dari buku sebelumnya yang berisikan puisi karya-karyanya, kali ini dalam buku yang berjudul Non Specific ini juga dirinya menghadirkan karya puisi yang nikmat untuk dibaca!


2. Aan Mansyur

Revi

Kutipan, kata-kata bijak yang mampu memotivasi, serta kata mutiara yang menyejukan hati rasanya sudah sempurna dilahap oleh sastrawan Aan Mansyur. Puisi-puisinya pun berhasil membuat kita terhanyut akan diksi yang dia gunakan. Beberapa buku Aan Mansyur yang wajib kamu baca di antaranya adalah Cinta yang Marah, Melihat Api Bekerja, Lelaki Terakhir yang Menangis di Bumi, Sebelum Sendiri, dan beberapa karya lainnya yang tak kalah apik!


3. Sapardi Djoko Damono

Scoop

Siapa yang tak kenal dengan Sapardi Djoko Damono, kalau kamu pecinta sastra paling tidak kamu pernah baca karya dari sastrawan kece satu ini. Banyak sekali buku puisi yang sudah beliau terbitkan, dan banyak pula dari buku puisi tersebut yang berhasil membuat para pembacanya begitu terbawa, hingga tak cukup membacanya dalam satu kali waktu saja. Berikut ini, buku puisi Sapardi Djoko Damono yang wajib kamu baca meski hanya sekali saja.

Buku puisi pertamanya ia terbitkan pada tahun 1988 yang berjudul Suddenly the Night, selanjutnya berjudul Puisi Indonesia Sebelum Kemerdekaan terbit pada 2003, lalu Kolam (2009), Bilang Begini, Maksudnya Begitu (2010), Namaku Sita (2012), Sutradara Itu Menghapus Dialog Kita (2012), dan Tiga (2012).

Kamu wajib baca nih, minimal salah satu buku puisi karya Sapardi ini nih!


4. Seno Gumira Ajidarma

Kulacino

Sastrawan yang sudah kurang lebih 20 tahun berkecimpung di dunia sastra ini memang menjadi salah satu sastrawan yang banyak penggemarnya sesama pecinta sastra tentunya. Sudah banyak sekali karya yang dirinya buat. Tidak hanya puisi, beliau juga membuat cerita pendek yang bisa membaca kamu kedalam alur cerita saat membacanya. Seolah menjadi bagian dari cerita yang ia buat. Buku-buku cerpen dan puisinya juga tidak kalah memukau dan membuat kita tidak bosan saat membacanya.

Sebut saja buku Saksi Mata yang terbit pada 1994, Jazz, Parfum dan Insiden, Sebuah Pertanyaan untuk Cinta, Penembak Misterius, Dilarang Menyanyi di Kamar Mandi, Sepotong Senja untuk Pacarku, Matinya Seorang Penari Telanjang, Linguae, Aku Kesepian Sayang Datanglah Menjelang Kematian, dan masih banyak lagi. Nah, dari karya sastra yang pernah dia buat, mana yang paling kamu suka nih, Sahabat Trivia?


5. Joko Pinurbo


Nah, kalau yang satu ini baru saja diluncurkan nih Sahabat Trivia, tepatnya pada Sabtu, 5 Agustus 2017 lalu. Joko Pinurbo memang bukan orang asing di dunia karya seni sastra jenis puisi. Beliau nampaknya begitu mencintai sastra sehingga sudah banyak sekali karya yang beliau ciptakan. Salah satunya adalah buku puisi yang kemarin baru diluncurkan bertempat di Gramedia Central Park Mall, Jakarta yang mana judul bukunya adalah Buku Latihan Tidur.

"Bagi saya, Buku Latihan Tidur merupakan kumpulan puisi yang paling memusingkan, karena menuntut kecermatan dan ketelatenan ekstra dalam penyuntingannya. Hampir semua puisi di dalam buku ini pernah dipublikasikan di media massa, namun kemudian berkali-kali disunting dan direvisi," ujar Jokopin, biasa Joko Pinurbo disapa.

Ia menjelaskan bahwa dalam buku Buku Latihan Tidur ini akan ada hal-hal khusus yang tergambarkan, misalnya tentang keunikan bahasa Indonesia, masalah keberagaman, dan situasi sosial belakangan ini. Nampaknya kecintaan Jokopin mengarang puisi sejak dirinya duduk di bangku Sekolah Menengah Atas. Kepenyairannya mulai dikenal sejak dirinya menerbitkan kumpulan puisi Celana, pada tahun 1999. Sejak saat itu buku-buku puisinya pun berlairan. Kurang lebih sudah ada 11 buku puisi yang pernah ia buat, dan kini dirinya pun kembali menerbitkan buku puisi berjudul Buku Latihan Tidur. Kabarnya buku Buku Latihan Tidur ini merupakan masterpiece-nya jokopin, karena buku ini menjadi buku puisi Jokopin yang paing kreatif dan yang pernah terbit. Buku Latihan Tidur ini menjadi pencapaian Jokopin dalam berpuisi.

Dalam peluncuran Buku Latihan Tidur karya Jokopin ini, selain dihadiri oleh kerabat dan para penggemar puisi, tampak juga hadir penyair Sapardi Djoko Damono dan Gratiagusti Chananya (Anya) Rompas, yang mana mereka didaulat untuk membacakan puisi favorit mereka yang ada dalam buku ini. Penyanyi Oppie Andaresta juga tidak kalah membuat suasana menjadi syahdu karena menampilkan musikalisasi puisi beberapa karya Jokopin ini. Wah, kamu wajib baca buku Jokopin yang satu ini nih, Sahabat Trivia!

BACA JUGA


Rachel Amanda dan Deretan Artis Ini Jago Nulis Puisi. Ada yang Sudah Luncurkan Buku Puisi Sendiri Loh!

Rachel Amanda dan Deretan Artis Ini Jago Nulis Puisi. Ada yang Sudah Luncurkan Buku Puisi Sendiri Loh!

Bukan hanya jago, beberapa di antaranya juga telah sukses menulis buku puisi sendiri

Read more..

Wah, jadi semangat deh nulis puisi kalau sudah membaca buku-buku puisi di atas. Mana nih yang paling kamu suka, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Hari Aksara Internasional. Berikut Daftar Buku Puisi Pilihan yang Kamu Wajib Baca. Pecinta Karya Sastra Puisi, Siap-Siap Terhanyut Yah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar