Dari Kesulitan yang Aku Alami di Masa Kecil, Membuatku Belajar Tentang Hal-Hal Ini

photo credit: Tumblr

Dari Kesulitan yang Aku Alami di Masa Kecil, Membuatku Belajar Tentang Hal-Hal Ini

461
Orang-orang disekitar kami kerap mengiba, tapi hal itu tidak menjadikan kami mudah menengadahkan tangan dengan meminta-minta pertolongan orang lain.

Aku memiliki masa kecil yang luar bisa indah, meski ketika remaja aku berada dititik terbawah disepanjang hidupku. Bertahan dari ancaman kelaparan, tidak memiliki uang cukup untuk tetap bisa bersekolah. Hal-hal itulah yang pernah kurasakan dimasa lalu. Orang-orang disekitar kami kerap mengiba, tapi hal itu tidak menjadikan kami mudah menengadahkan tangan dengan meminta-minta pertolongan orang lain. Ada upaya dan kerja keras yang tidak bisa dibayangkan oleh siapapun selama bertahun-tahun, hingga akhirnya kami bisa lepas dari keadaan sulit itu.


Meskipun sulit, kami mencoba untuk selalu bersyukur

photo credit: Tumblr

Meski sulit untuk makan sehari tiga kali, tak sedikit pun kami kufur nikmat sebagai seorang makhluk Tuhan yang diciptakan sempurna. Bahkan masa-masa itu begitu sangat kurindukan karena kami bertujuh bapak, ibu, ketiga kakak laki-lakiku dan juga adik bungsuku, selalu bersama apapun keadaanya.


Sabar itu memang indah buahnya

photo credit: Broken strings

Kini, keadaan sudah membaik. Aku bisa membeli apapun yang kuinginkan, makanan-makanan enak yang dulunya hanya bisa kubayangkan saja melalui TV layar 21inch di rumah. Meski tak lagi berkumpul bersama, dimana ketiga kakak laki-lakiku sudah menikah, bapak yang sudah berpulang lebih dulu 4 tahun yang lalu. Setidaknya meski tidak sesering dulu, kami masih bisa menjalin komunikasi dan silahturami untuk tetap saling mendekatkan diri.

BACA JUGA


Mendaki Gunung Bersama Sahabat, Angan-Angan Terliar Sekaligus Impian Tertinggi yang Sulit Direalisasikan. Kok Gitu? Berikut Ulasannya!

Mendaki Gunung Bersama Sahabat, Angan-Angan Terliar Sekaligus Impian Tertinggi yang Sulit Direalisasikan. Kok Gitu? Berikut Ulasannya!

Bahkan, kami pernah menjadikan sebuah pendakian bersama sebagai impian. Lalu kenapa hanya sebatas itu

Read more..

Aku anggap apa yang teradi saat ini, sebagai harga atas apa yang sudah kami pertahankan sejak dulu. Kini kami bisa mempraktikan kerja keras itu kepada keluarga kecil kami masing-masing, sehingga nantinya kami bisa menghindari kondisi yang sama dimasa depan atau setidaknya kami sudah tahu harus bertindak bagaimana jika hal buruk itu kembali menyapa.

#30DayWritingChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dari Kesulitan yang Aku Alami di Masa Kecil, Membuatku Belajar Tentang Hal-Hal Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hamdatun Nupus | @hamdatunnupus

Silahkan login untuk memberi komentar