Dengan 9 Tips ala Paulo Coelho Ini, Jadikan Pengalaman Jalan-Jalanmu Berbeda

Dengan 9 Tips ala Paulo Coelho Ini, Jadikan Pengalaman Jalan-Jalanmu Berbeda

3.3K

Paulo Coelho adalah seorang penulis yang berjiwa petualang. Sudah lama dia menyadari bahwa perjalanan adalah cara terbaik untuk belajar. Dia berharap bahwa pelajaran yang didapatnya selama melakukan perjalanan dapat dia bagikan kepada sesama traveler seperti dirinya. Sembilan hal berikut dapat kamu jadikan inspirasi untuk melakukan perjalanan dengan sensasi pengalaman yang berbeda.

1. Jangan kunjungi museum yang ada di kota yang kamu datangi



Photo credit: thedigitalphotographytutorial.com


Mungkin saran ini terdengar agak aneh, tetapi cobalah dipikir ulang. Ketika kamu sedang mengunjungi suatu kota, bukankah lebih menarik kalau kamu melihat keadaannya saat ini daripada keadaannya di masa lalu?



2. Kunjungilah tempat nongkrong yang ada di kota itu



Photo credit: jorolee.wordpress.com


Tempat nongkrong adalah tempat orang-orang berkumpul dan mengobrol. Belilah sebuah koran dan nikmati lalu lalang orang. Ketika seseorang mengajak bicara, sekonyol apa pun, berilah respon yang baik. Kamu tidak bisa menilai seseorang hanya dari tampak luarnya saja. Dalam suasana seperti ini, kamu akan benar-benar merasakan kehidupan sesungguhnya di kota tersebut dengan berinteraksi dengan orang-orang yang ada di kota tersebut.



3. Bersikaplah terbuka



Photo credit: greenweddingshoes.com


Pemandu wisata terbaik adalah penduduk lokal yang tahu keadaan kota yang kamu sedang kunjungi dan hal apa yang bisa dibanggakan dari kota tersebut, tetapi tidak bekerja untuk sebuah agen perjalanan wisata tertentu. Telusurilah jalan-jalan, ajak bicara orang yang kamu temui di sana, dan tanyai dia (Dimanakah letak alun-alun kota? Dimanakah letak kantor pos?). Jika dia tidak memberi jawaban yang memuaskan, tanya orang lain. Dijamin hari itu juga kamu akan mendapat teman jalan-jalan yang menyenangkan.



4. Cobalah untuk jalan-jalan sendiri



Photo credit: backpackr.org


Memang akan lebih menguras tenaga dan tak akan ada yang menjagamu, tetapi hanya dengan cara ini kamu akan benar-benar berpetualang. Dengan bepergian secara berkelompok, kemampuan bahasa/komunikasimu tidak akan terasah dan kamu akan lebih tertarik untuk mengobrol daripada menikmati tempat yang kamu kunjungi.



5. Jangan membandingkan segala sesuatu yang ada di kota asalmu dengan kota yang kamu kunjungi



Photo credit: pheed.com


Jangan bandingkan apa pun – harga, standar kebersihan, kualitas hidup, alat transportasi, apa pun! Kamu jalan-jalan bukan untuk membuktikan bahwa hidupmu lebih baik dari hidup orang lain. Tujuanmu adalah untuk mengetahui kehidupan mereka, apa yang bisa kamu pelajari darinya, dan bagaimana mereka menghadapi dan menjalani hidup mereka.
Yakinlah bahwa setiap orang akan memahamimu

Jika kamu tak menguasai bahasa kota (atau negara) yang sedang kamu kunjungi, jangan khawatir. Paulo Coelho telah mengunjungi berbagai tempat yang bahasanya tak ia kuasai, tetapi ia tetap bisa memperoleh bantuan, panduan, saran-saran yang penting, bahkan pacar. Banyak orang berpikiran bahwa jalan-jalan sendirian akan membuat mereka tersesat. Hal terpenting yang kamu butuhkan adalah selalu membawa kunci kamar hotel dan apabila kemungkinan terburuk terjadi, carilah taksi dan tunjukkan alamat hotelmu.



6. Jangan terlalu banyak membeli sesuatu



Photo credit: writernikhilpro01.wordpress.com


Gunakan uangmu hanya untuk hal-hal yang harus kamu bawa, seperti tiket menonton pertunjukan, restoran, dan kendaraan. Akhir-akhir ini, dengan kemajuan ekonomi global dan teknologi internet, kamu bisa membeli apapun yang kamu inginkan tanpa harus membayar biaya kelebihan muatan.



7. Jangan jalan-jalan hanya dalam waktu satu bulan



Photo credit: theantiquedoor.blogspot.com


Lebih baik kamu tinggal di sebuah kota selama empat sampai lima hari daripada mengunjungi lima kota dalam seminggu. Sebuah kota, layaknya seorang wanita, memerlukan waktu untuk dirayu hingga menunjukkan siapa dirinya yang sebenarnya.



8. Jalan-jalan adalah sebuah petualangan



Photo credit: pinterest.com


Henry Miller selalu berkata bahwa lebih baik mencari gereja yang jarang dikunjungi orang daripada pergi ke Roma dan mengunjungi Kapel Sistina bersama dengan dua ratus ribu wisatawan lain. Telusuri jalan-jalan dan gang-gang di kota yang kamu kunjungi, dan nikmati kebebasan mencari sesuatu yang kamu belum/tidak tahu, tetapi bisa mengubah hidupmu.


Selamat mencoba dan temukan pengalaman yang berbeda :)




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dengan 9 Tips ala Paulo Coelho Ini, Jadikan Pengalaman Jalan-Jalanmu Berbeda". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Imam Hidayat | @imamhidayat

Trapped in the past, dreaming in the present, living in the future.

Silahkan login untuk memberi komentar