Deretan Penyair Muda yang Produktif dan Berprestasi Bersama Karya-Karyanya

Photo credit: blogspot

Deretan Penyair Muda yang Produktif dan Berprestasi Bersama Karya-Karyanya

2K
Muda, cerdas, dan cinta akan sastra, merekalah yang menggaungkan karya sastra hingga mendunia.

Puisi bukan sekadar rangkaian kata yang indah, namun puisi juga salah satu bentuk komunikasi. Seseorang bisa dengan mudah mengunggapkan kegundahan, ketakutan, kebahagiaan, keresahan, dan berbagai emosi lainnya melalui puisi. Seseorang yang pandai merangkai kata menjadi sebuah puisi yang indah dan penuh makna dapat juga disebut sebagai penyair. Di Indonesia, banyak sekali penyair kenamaan yang karyanya sungguh menggugah hati para penikmat karyanya. Beberapa di antaranya mungkin sudah berusia matang, namun tidak sedikit juga penyair-penyair hebat dengan usia yang masih terbilang muda.

Nah, berikut ini deretan penyair dan sastrawan muda Indonesia yang produktif dan berprestasi. Coba cek! Mungkin salah satunya adalah idola kamu nih, Sahabat Trivia.


1. Kedung Darma Romansha

Photo credit: Indie Book Corner

Kedung Darma Romansha merupakan sastrawan yang aktif dalam membuat karya yang berkenaan tentang kehidupan dan perempuan. Ia tidak hanya aktif dalam membuat karya puisi dan karya sastra lainnya. Ia juga aktif dalam pertunjukkan teater. Karya-karya Kedung pun sudah banyak dimuat di media. Kini usianya memasuki 33 tahun.


2. Bernard Batubara

Photo credit: bisikanbusuk

Pria yang kini berusia 28 tahun tersebut merupakan seorang sastrawan yang aktif dalam membuat puisi dan tulisan kreatif yang cukup terkenal di kalangan anak muda pecinta sastra Indonesia. Kalau kamu ingat film Radio Galau FM, film tersebut merupakan hasil karya tulisannya. Salah satu karya lainnya yang terkenal berjudul Angsa-Angsa Ketapang.


3. Adimas Imanuel

photo credit: blogspot

Salah satu sastrawan muda Indonesia berusia 26 tahun yang banyak digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia adalah Adimas Imanuel. Karya-karyanya yang cukup terkenal adalah bukunya yang berisikan puisi “Empat Cangkir Kenangan”, “Plesir Mimpi”, “Di Hadapan Rahasia” dan “Suaramu Jalan Pulang yang Kukenali”. Pada tahun 2016 lalu, Adimas bahkan pernah diundang Melbourne Emerging Writers Festival.


4. Fileski

Photo credit: Duta Selaparang

Sastrawan muda yang kini berusia 29 tahun merupakan sastrawan yang cukup terkenal di kalangan anak muda. ia merupakan lulusan Teater Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya. Ia tidak hanya aktif dalam membuat sebuah karya puisi, ia juga aktif dalam membuat lagu. Bahkan, kini ia aktif dalam berbagai kegiatan musikalisasi puisi dan motivator untuk anak-anak muda pecinta sastra.


5. Esha Tegar Putra

Photo credit: salihara org

Satu lagi sastrawan muda yang namanya juga dikenal oleh banyak anak muda Indonesia yang mencintai sastra adalah Esha Tegar Putra. Ia merupakan salah satu sastrawan muda Indonesia yang cukup disegani. Ia pernah menjadi salah satu sastrawan yang ikut berkontribusi dalam “Padang Literary Biennale” pada tahun 2014 lalu. Kumpulan puisinya dalam “Pinangan orang Ladang” banyak menuai apresiasi. Ia pun sangat menunjukkan kecintaannya dengan sastra dengan dengan mengajar pada jurusan Sastra Indonesia di Universitas Bung Hatta, Padang.

Tidak semua orang memiliki rasa yang 'lezat' dalam menyalurkan kata-kata menjadi kalimat-kalimat puisi yang indah. Namun, bukan berarti hal tersebut tidak bisa dipelajari. Pada dasarnya manusia memiliki bakat untuk menjadi seorang penulis bahkan penyair, tinggal bagaimana manusia itu sendiri mengasahnya agar semakin mantap dalam menghasilkan sebuah karya.

Nah, salah satu cara untuk mengasah kemampuan merangkai kata layaknya penyair adalah dengan menghadiri berbagai macam pelatihan tentang karya sastra. Seperti acara Malam Puisi Tangerang - PoetVersary #4 yang telah berhasil dilaksanakan pada Sabtu, 16 Desember 2017 lalu di Semanggi Center Cikokol. Acara Malam Puisi Tangerang - PoetVersary #4 ini diselengarakan oleh Komunitas Roeang Kata yang memang merupakan penggiat Malam Puisi Tangerang yang sudah berlangsung selama 4 tahun lamanya. Acara Malam Puisi Tangerang kali ini mengusung tema 'ibu'. Tema ini diambil sebagai pengingat bahwa seorang ibu merupakan manifestasi yang sudah mendidik, memberikan semua jalan untuk dapat terus belajar dan berkarya.

Nah, dalam acaranya para sastrawan ini terdapat berbagai rangkaian acara seru, di antaranya Workshop Pembacaan Puisi, Bincang Literasi, Buku Antologi Malam Puisi Tangerang, Pementasan Komunitas, Live Artwork. Dalam acara yang sudah terlaksana pada bulan Desember lalu ini, ada banyak sekali para sastrawan dan penyair serta para pecinta puisi yang datang meramaikan acara tersebut.

BACA JUGA


William Shakespeare, Penyair yang Mendunia. Inilah 6 Fakta dari  Kisah Hidupnya yang Bisa Kamu Teladani

William Shakespeare, Penyair yang Mendunia. Inilah 6 Fakta dari Kisah Hidupnya yang Bisa Kamu Teladani

Selama ini William Shakespeare dikenal dengan karya-karya sastranya yang mendunia. Namun kisah hidup William Shakespeare ini juga tak kalah ...

Read more..

Wah, seru banget ya Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Deretan Penyair Muda yang Produktif dan Berprestasi Bersama Karya-Karyanya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar