Tips Detox Sebelum Puasa yang Penting untuk Tubuh. Ternyata, Mudah Kok Sahabat Trivia!

photo credit: cleaneatingmag

Tips Detox Sebelum Puasa yang Penting untuk Tubuh. Ternyata, Mudah Kok Sahabat Trivia!

937
Sebelum kita melakukan olahraga, baiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot-otot tubuh tidak tegang. Sama halnya dengan berpuasa, sebelum menjalaninya kita pun melatih tubuh agar bisa menyesuaikan

Ramadan adalah bulan suci bagi umat muslim di seluruh dunia, saat semua muslim di seluruh dunia akan berlomba-lomba untuk melakukan ibadah. Bisa dibilang, bulan Ramadan adalah bulan yang paling spesial di antara bulan yang lainnya. Maka dari itu, penting banget buat kamu menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa nanti, Sahabat Trivia. Kamu nggak mau kan kesehatannya tergganggu saat bulan puasa nanti? Sebagai contoh, sebelum kita melakukan olahraga, baiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot-otot tubuh tidak tegang. Sama halnya dengan berpuasa, sebelum menjalaninya kita pun melatih tubuh agar bisa menyesuaikan. Dengan kata lain, kita melakukan detox untuk tubuh kita, sebelum puasa.

Apalagi saat menjalani puasa kita dihadapkan pada kondisi cuaca yang ekstrem dan tidak menentu. Wah, jadi double deh. Kamu pun diwajibkan harus menjaga kesehatan agar kebal dari segala penyakit. Lalu, detox apa saja yang harus kita lakukan sebelum puasa? Jangan bingung lagi, ikuti panduannya berikut ini, Sahabat Trivia.


Selalu rutin minum air putih

photo credit: Carob Cherub


Selalu dan tidak pernah bosan mengingatkan agar selalu rutin minum air putih. Dianjurkan untuk minum 8-10 gelas sehari. Karena manusia mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan, namun tidak akan bisa bertahan tanpa air. Setiap hari, bahkan menjelang bula puasa pun kita harus tetap rajin mengonsumsi air putih, lebih-lebih saat melakukan ibadah puasa. Dengan selalu rutin minum air putih, maka kamu pun akan terhindari dari dehidrasi. Daripada harus minum teh atau kopi, lebih dianjurkan untuk minum air putih ya, Sahabat Trivia.


Doyan pedas dan asin? Ayo, mulai dikurangi

photo credit: amazon


Siapa sih yang tidak tergoda dengan makanan pedas dan asin? Rasanya yang selalu menggugah selera, membuat kita selalu sayang untuk melewatkannya. Sebaiknya, menjelang puasa kamu sudah harus bisa mengurangi jenis makanan ini, Sahabat Trivia. Dikarenakan, kalau kamu terlalu sering konsumsi makanan yang pedas dan asin, saat puasa nanti kamu akan lebih cepat merasakan haus.


Jangan ngemil terus dong!

photo credit: mepnyc

Mendekati waktu puasa, baiknya sih kamu harus sudah mengurangi kegiatan favoritmu yaitu ngemil. Penting lho, Sahabat Trivia. Tujuannya adalah agar tubuh kita terbiasa untuk makan hanya seperlunya saja, sehingga pada saat puasa pun pola makanmu tetap terjaga. Boleh-boleh saja sih ngemil, asalkan dengan camilan yang sehat, seperti buah-buahan atau kacang-kacangan. Dengan begitu, berat badanmu pun akan tetap ideal kan?


Atur waktu tidurmu, Sahabat Trivia

photo credit: sleepfoundation


Saat puasa nanti, kamu akan bangun dini hari untuk sahur. Buat kamu yang suka tidur larut malam, ada baiknya mulai sekarang biasakan untuk tidur lebih awal dan jangan begadang. Selain lebih sehat, kamu pun jadi terbiasa bangun untuk sahur kan?


Dari sekarang, mulai banyak konsumsi makanan berserat

photo credit: cleaneatingmag

Saat bulan puasa nanti, kamu akan mengalami perubahan pola makan yang berbeda dengan hari sebelumnya. Kalau tidak bisa diatur dengan baik, akan berdampak negatif pada kesehatan dan kegiatan kamu. Untuk mengakalinya, kamu bisa mulai perbanyak makanan yang mengandung serat tinggi, seperti gandum, sayuran dan buah-buahan.

BACA JUGA


Makanan Wajib Selama Bulan Ramadan. Sehat Jalani Puasa, Tetap Segar dan Anti Lemas!

Makanan Wajib Selama Bulan Ramadan. Sehat Jalani Puasa, Tetap Segar dan Anti Lemas!

Saat puasa, tentu saja kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar bisa bugar dalam menjalani aktivitas selama menjalani puasa

Read more..

Semoga saat menjalani puasa di bulan Ramadan nanti, badan kita pun tetap bugar sehingga akan siap untuk menjalani ibadah selama 1 bulan ke depan. Selamat berpuasa, Sahabat Trivia.








Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Detox Sebelum Puasa yang Penting untuk Tubuh. Ternyata, Mudah Kok Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar