Di Hari Buku Nasional, Berani Baca Buku yang Bikin Merinding? Inilah 5 Buku Horor Indonesia yang Layak Kamu Baca!

Photo Credit : yeaharip

Di Hari Buku Nasional, Berani Baca Buku yang Bikin Merinding? Inilah 5 Buku Horor Indonesia yang Layak Kamu Baca!

2.8K
Saat ini banyak buku horor Indonesia yang tak kalah menarik untuk dibaca dan disejajarkan dengan karya luar negeri. Penasaran? Simak 5 buku horor yang menjadi rekomendasi bacaan di hari buku nasional berikut!

Tidak banyak pembaca yang memilih buku horor untuk menemani waktu luangnya. Pembaca masih terjebak pandangan bahwa karya horor Indonesia hanya melulu menawarkan ketakutan dan perasaan tegang akan hadirnya hantu dan makhluk tak kasat mata lainnya. Padahal, saat ini banyak buku horor Indonesia yang tak kalah menarik untuk dibaca dan disejajarkan dengan karya luar negeri. Penasaran? Simak 5 buku horor yang menjadi rekomendasi bacaan di hari buku nasional berikut!


1. Kumpulan Budak Setan – Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, Ugoran Prasad

Horor tidak melulu soal hantu, itulah yang ingin disampaikan oleh tiga penulis dalam buku ini, yaitu Eka Kurniawan, Intan Paramaditha, dan Ugoran Prasad. Meski begitu, suasana mencekam begitu terasa dalam kedua belas cerpen yang tersaji di buku ini. Ketiga penulis menghadirkan cerita horor yang mencampurkan dongeng dan mitos dengan sangat lancar. Eka Kurniawan mengajak pembaca merenungkan pesan-pesan tersirat yang coba dihadirkannya, Intan Paramaditha sangat lihai memainkan perasaan pembacanya lewat cerpen-cerpen ‘berdarah’, sedangkan Ugoran Prasad pandai membangun imaji dan metafora untuk menimbulkan ketegangan pembaca. Kumpulan Budak Setan membawa penyegaran di tengah karya film dan buku horor Indonesia yang saat itu banyak membalut horor dengan seksualitas.


Photo Credit : instagram/kotakata


2. Sihir Perempuan – Intan Paramaditha

Kehadiran Intan Paramaditha sebagai penulis horor Indonesia patut mendapat apresiasi lebih, pasalnya ia sangat pandai mencampurkan mitos dan dongeng dengan pandangan-pandangannya mengenai femininitas dalam 11 cerpennya di kumpulan cerpen “Sihir Perempuan” ini. Buku yang meraih penghargaan 5 besar Khatulistiwa Literary Award tahun 2005 ini baru saja dicetak ulang oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. So, buat Sahabat Trivia yang ingin merasakan ketegangan dan keunikan tema yang diusung penulis dalam buku ini, segera deh ke toko buku sebelum kehabisan!


Photo Credit : instagram/yunisaputri_


3. Gerbang Dialog Danur – Risa Saraswati

Heboh film “Danur” yang dirilis pada akhir Maret 2017 lalu membuat nama Risa Saraswati naik daun, tidak terkecuali dengan novel karyanya yang mendasari pembuatan film tersebut “Gerbang Dialog Danur”. Penulis menulis novel ini berdasarkan pengalaman pribadinya sebagai seorang indigo yang berteman dengan lima hantu Belanda yang mendiami rumahnya. Tidak hanya kelima hantu tersebut, Risa juga sering berkomunikasi dengan makhluk-makhluk tak kasat mata tersebut mengenai kisah hidup mereka. Sepanjang cerita, pembaca dibuat bergidik dengan kejadian masa lalu yang membuat makhluk-makhluk tersebut masih bergentayangan di dunia.

Namun, dari kisah-kisah pilu tersebut, penulis ingin menyampaikan pesan kepada pembaca untuk mengisi kehidupan dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak gegabah untuk mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri.


Photo Credit : yeaharip


4. Misteri Patung Garam – Ruwi Meita

Ruwi Meita tidak habis-habisnya mendapat pujian dari pembaca mengenai novel horor-thriller berjudul “Misteri Patung Garam” yang ditulisnya. Pengungkapan kasus mengenai pembunuh yang menghabisi korbannya dengan sadis ini disajikan dengan alur yang sederhana namun sangat detail. Dari halaman pertama, pembaca disuguhkan suasana menegangkan dan teka-teki mengenai siapa pembunuh berdarah dingin tersebut. Ketika membaca novel ini, Sahabat Trivia tidak akan menyangka bahwa ada penulis Indonesia yang menuliskan novel horor-thriller dengan sangat runtut dan baik seperti Ruwi Meita.


Photo Credit : mewrimembaca


5. Misteri Lemari Antik – Abdullah Harahap

Berbicara mengenai horor Indonesia, tidak lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Abdullah Harahap. Meski karyanya sering dianggap picisan dan murahan karena bercerita mengenai horor yang dibalut adegan sex, penulis kelahiran 1943 ini terus berkarya dan novel-novelnya selalu laku terjual, bahkan beberapa diangkat ke layar kaca. Salah satu novel karyanya yang patut dibaca adalah “Misteri Lemari Antik” yang ditulis dengan cita rasa sejarah dan kondisi sosial masyarakat Indonesia yang kental di era 1920 sampai 1940-an. Bagi Sahabat Trivia yang mengaku berani, harus baca karya-karya Abdullah Harahap untuk memuaskan rasa penasaran sebagai penikmat karya horor!


Photo Credit : bukalapak

BACA JUGA


Peringati Hari Buku Nasional dengan Baca Lima Novel Sastra Pilihan yang Baru Saja Cetak Ulang Ini

Peringati Hari Buku Nasional dengan Baca Lima Novel Sastra Pilihan yang Baru Saja Cetak Ulang Ini

Buku-buku yang dicetak ulang berikut memang selalu diserbu oleh penggemar sastra, tak heran jika Sahabat Trivia harus segera membelinya jika ...

Read more..

Seiring dengan perkembangan zaman, karya horor Indonesia juga mengalami perkembangan pesat dari segi penceritaan, pemilihan tema, akulturasi budaya daerah dan budaya asing, serta kemampuan penulis yang membuat karya horor semakin kaya warna. Jadi, di antara lima buku horor di atas, mana yang ingin Sahabat Trivia baca terlebih dahulu?





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Di Hari Buku Nasional, Berani Baca Buku yang Bikin Merinding? Inilah 5 Buku Horor Indonesia yang Layak Kamu Baca!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar

Puput Palipuring Tyas | @poetsoenarjo

Misteri Patung Garam, buku terbaik dari Gagasmedia