Dieng, Negeri di Atas Awan Ini Patut Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih. Berikut Alasannya!

Piknik Asik

Dieng, Negeri di Atas Awan Ini Patut Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih. Berikut Alasannya!

525
Indonesia ini indah, sangat sayang untuk kalian lewatkan. Sebelum melangkah ke negeri orang, baiknya kita singgah di tiap daerah di negeri sendiri. Kamu nggak akan nyesel datang ke Dieng!

Sahabat Trivia, adakah salah satu di antara kalian yang berasal dari negeri di atas awan? Indonesia memiliki banyak daerah yang dijuluki sebagai negeri di atas awan, lho. Puji syukur saya pernah ke salah satunya, yaitu Dieng, bersama orang terkasih. Kisah perjalanan yang sangat berharga dan berkesan dalam hidup saya. Saya akan memberi daftar wisata beserta alasan mengapa Dieng patut kamu kunjungi bersama orang terkasih, baik itu pasanganmu, keluarga, atau teman-teman.


Romantisme Gunung Prau

Piknik Asik

Buat kamu yang doyan naik gunung, Gunung Prau harus banget masuk ke dalam daftar pendakianmu. Gunung dengan ketinggian 2.565 mdpl ini menyimpan banyak spot romantis. Kalau kamu mau melakukan pendakian sekaligus mengeksplor daerah Dieng, bisa kok! Kamu bisa melalui jalur Dieng yang berada di daerah Wonosobo. Perihal romantisme di Gunung Prau, kamu bisa menikmati matahari terbit dengan warna keemasan yang keren banget. Kamu juga bisa menjumpai padang bunga daisy yang cantik daaaan hamparan bukit mirip dengan bukit di serial televisi, Teletubbies. Nah, kurang romantis apa coba?


Golden sunrise di Bukit Sikunir

Travel Kompas

Buat Sahabat Trivia yang nggak kuat mendaki gunung, jangan lesu dulu. Di kawasan Dieng ada bukit yang bisa dicapai dengan berjalan kurang lebih hanya 15 menit saja. Bukit yang menyimpan golden sunrise ini didapuk sebagai salah satu golden sunrise terindah di Indonesia. Nama bukitnya adalah Sikunir. Duh, bayangin deh hangatnya mentari pagi yang berangsur naik dari ufuk timur. Mantap Jiwa!


Menatap telaga warna dari Batu Ratapan Angin

Indonesia Tourism

Di Dieng juga ada telaga warna, lho! Serunya, kamu bisa melihatnya dari atas, biar makin terlihat cantik warnanya. Ada gardu pandang yang disebut Batu Ratapan Angin. Nggak sulit kok untuk mencapai ke atasnya, kecuali memang kamu seperti saya yang mengidap phobia ketinggian. Tapi, semua terbayar lunas saat kamu bisa memandang cantiknya telaga warna dengan latar pegunungan yang berwarna hijau segar. Kamu juga bisa menikmati semilir angin sejuk. Dijamin bisa buat kamu enggan beranjak.


Menikmati bintang di Candi Arjuna

Pegi Pegi

Kompleks candi yang terbuka ini cocok banget buat kamu pecinta langit. Pada waktu tertentu, kamu bisa menikmati bentangan bima sakti di Candi Arjuna. Memang, kalau malam, loket sudah tutup, tapi tidak menghalangi kamu untuk berburu indahnya bintang di malam hari. Tapi, jangan lupa pakai jaket yang tebal, ya. Suhu normal saat malam hari di sana kira-kira di bawah 20 derajat celcius. Itu pun tergantung musim. Kalau musim kemarau, lebih dingin lagi!


Menyantap mie ongklok khas Wonosobo

Foody

Makanan khas Dieng yang terletak di Wonosobo ini adalah mie ongklok. Campuran mie kuning dan sayuran disiram dengan kuah kental yang rasanya khas, ditambah dengan sate sapi yang telah dibumbui. Duh, nikmat tiada tara. Saya punya rekomendasi mie ongklok enak ada di terminal Wonosobo. Meski penjual keliling dengan gerobak, tapi rasanya juara!


Jangan lupa membeli carica

Mesin Kemasan

Bukan hanya kentangnya aja yang terkenal, tapi ada juga buah carica. Buah yang mirip dengan pepaya ini hanya bisa kita temui di Dieng, loh! Saking miripnya dengan pepaya, saya pernah tertukar loh. Saya kira perkebunan pepaya, ternyata carica. Oleh-oleh khas Wonosobo ini biasanya diolah dalam bentuk manisan, meski ada pula olahan dalam bentuk keripik. Penasaran dengan rasanya? Yuk, segera berkunjung ke Dieng!

BACA JUGA


Di Balik Kawah Sileri di Dieng yang Meletus, 7 Pesona Pemandangan Dieng Ini Pasti Membuatmu Terpukau

Di Balik Kawah Sileri di Dieng yang Meletus, 7 Pesona Pemandangan Dieng Ini Pasti Membuatmu Terpukau

Warga dikagetnya dengan meletusnya kawah Sileri yang ada di Dieng. Akibatnya 10 orang luka-luka dan segera dilarikan ke rumah sakit terdekat ...

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, itulah daftar wisata dan alasan kenapa kamu harus mengunjungi Dieng. Untuk Sahabat Trivia yang berada di Jakarta, kalian bisa naik bus jurusan Wonosobo hingga ke terminal Wonosobo, lalu naik bus ke Dieng. Penginapan di sana juga murah, lho. Indonesia ini indah, sangat sayang untuk kalian lewatkan. Sebelum melangkah ke negeri orang, baiknya kita singgah di tiap daerah di negeri sendiri. Kamu nggak akan nyesel datang ke Dieng!

#30DaywritingChallenge


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dieng, Negeri di Atas Awan Ini Patut Kamu Kunjungi Bersama Orang Terkasih. Berikut Alasannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dindaratri | @dindaratrimardika

18+

Silahkan login untuk memberi komentar