Diundang ke Nikahan Mantan, Datang Nggak Yah?  Coba Cek Dulu 10 Kondisi Ini!

photo credit: YouTube

Diundang ke Nikahan Mantan, Datang Nggak Yah? Coba Cek Dulu 10 Kondisi Ini!

468
Masa nggak datang sih, kan mau silaturahmi tetap terjaga, eits, yakin nih tujuannya silaturahmi doang?

Mantan punya pacar lagi belum apa-apa rasanya dibandingkan mantan naik pelaminan. Betul nggak? Kamu yang jawab 'betul' sambil ngangguk-ngangguk, artinya kamu belum move-on tuh! Harusnya sih kalau sudah move on, mantan menikah atau tidak, sudah tak memberi pengaruh yang besar pada perasaanmu. Tapi, kalau tiba-tiba kamu dapat undangan pernikahan mantan, baiknya datang nggak yah? Masa nggak datang sih, kan mau silaturahmi tetap terjaga, eits, yakin nih tujuannya silaturahmi doang?


1. Jika kamu putus secara baik-baik, dan tak ada emosi yang tertinggal

photo credit: Asia Reviewer Maniac

Tidak semua perpisahan terjadi dengan pertengkaran atau banjir air mata kan. Begitu pula dengan momen putus berbagai pasangan, tak semuanya dipenuhi drama dan konflik. Nah, jika kamu dan mantan adalah salah satunya, yang putus secara baik-baik, tanpa emosi yang berlebihan, dan kini pun tak saling bermusuhan, maka kamu boleh saja datang ke resepsi mantan.


2. Jika kini kamu dan mantan menjadi teman

photo credit: patricia

Adegan putusmu dipenuhi drama dan perasaan emosional, tapi itu sudah lama sekali berlalu, dan kamu maupun mantan sudah saling memaafkan. Bahkan kini kamu dan mantan bisa kembali berteman seperti saat belum jadian dulu. Ya sudah, datang saja.


3. Jika kamu telah bahagia dengan pasangan barumu

photo credit: vietbao

Saat ini kamu pun sudah memiliki pasangan baru, walau belum naik ke pelaminan, tapi paling tidak kamu telah memastikan tak memiliki perasaan apa pun pada sang mantan. Silakan datang saja, tapi pastikan pasanganmu mengizinkan atau minta ditemani saja sekalian.


4. Jika pasangan baru mantan memiliki masalah denganmu, nggak usah datang deh

photo credit: enews.imbc

Pernah memiliki pengalaman yang tidak mengenakan dengan pasangan baru mantan? Misalnya, kamu kepergok stalking Instagram mantan olehnya sampai dapat DM teguran dari sang pacar? Atau justru kamu yang merasa tak suka dengan pacar baru mantan karena masih merasa belum rela. Waduh, sudah deh di rumah saja kalau begini.


5. Jika kamu masih menyimpan perasaan walau sedikit, nggak usah datang deh

photo credit: Synopsis

Namanya juga mantan, walau akhirnya berpisah, tapi kan pernah melalui masa-masa indah bersama. Pembelaan! Coba jujur dengan dirimu sendiri, masih merasa perlu mengenang masa-masa indah hingga rutin stalk Instagramnya?


6. Jika kamu takut menimbulkan ketidaknyamanan pada keluarga mantan dan pasangannya, nggak usah datang deh

photo creidt: Alienco photography

Saat berpacaran dulu, kamu dan orang tua mantan sudah begitu dekat. Mereka bahkan sudah menganggap kamu sebagai anaknya sendiri. Tapi, urusan jodoh, tak selalu dalam kendali orang tua. Saat anaknya menemukan pasangan baru, mau tak mau orang tua pun perlu menyesuaikan diri dan menjaga perasaan pacar baru anaknya. Jadi, nggak usah heran, kalau tiba-tiba mereka pun merasa tak nyaman dengan kehadiranmu dan tak lagi memperlakukanmu seperti saat masih jadi pacar anaknya dulu.


7. Jika kamu hanya ingin menunjukkan kamu sudah move-on dan baik-baik saja

photo credit: Dramabeans

Jika kamu ingin dan merasa perlu menunjukkan padanya atau siapa pun yang ada di acara resepsinya nanti, bahwa kamu sudah betul-betul move-on dan baik-baik saja, percayalah bahwa sesungguhnya kamu belum move on dan tidak baik-baik saja. Karena jika kamu baik-baik saja, tak ada perasaan ingin membuktikan apa pun pada siapa pun.


8. Jika hubungan kamu, mantan, dan pasangan baru mantan baik-baik saja

photo credit: asianwiki

Ternyata kamu, mantan, dan pasangan baru mantan berada dalam satu lingkaran pertemanan. Saat putus denganmu dan jadian dengan pasangan barunya yang ternyata teman kalian juga, kamu tidak merasa ada yang salah. Yah, namanya juga belum jodoh, kan. Nah, kalau itu yang saat ini ada di pikiranmu, kamu boleh siap-siap kondangan sekarang.


9. Jika kamu merasa akan menangis melihat mantan di pelaminan, sudah kamu main ke dufan bareng teman saja

photo credit: photobucket

Masih ingat kisah Risna, perempuaan Sulawesi Selatan yang menangis di pelaminan dan memeluk sang mempelai pria yang pernah pacaran dengannya 7 tahun lamanya? Tak perlu ada Risna-Risna lain, sedih sih pasti kalau masih sayang, eh ditinggal nikah. Tapi ingat, perasaanmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Kasihan kan mempelai wanita yang harus mengalami momen tak mengenakan di hari spesialnya, belum lagi perasaan keluarga dan pandangan miring dari tamu dan warga sekitar. Kalau memang belum move on, mending ajak teman main ke dufan atau one day trip dan bikin dirimu happy.


10. Jika kamu ternyata nggak diundang, ya sudah ke kondangan lain aja

photo credit: I Sold My Soul For Book

Sudah galau mau datang atau tidak ke nikahan mantan, ternyata nggak diundang? Bagus dong, jadinya nggak perlu galau.

BACA JUGA


Mantan Menikah Duluan Bikin Dunia Terasa Runtuh. Ternyata Bukan Hanya Soal Cinta,  Inilah 7 Alasan Kamu Sulit Menerimanya

Mantan Menikah Duluan Bikin Dunia Terasa Runtuh. Ternyata Bukan Hanya Soal Cinta, Inilah 7 Alasan Kamu Sulit Menerimanya

Begini rasanya melihat mantan menikah dengan orang lain. Bukan karena cinta, dunia ini seperti runtuh kala melihat mantan menikah, namun ...

Read more..

Kalau dari 10 poin di atas, kamu memenuhi kriteria untuk datang ke nikahan mantan, nggak apa-apa kok datang saja, hitung-hitung sekalian riset catering dan gedung buat acara resepsimu nanti. Setuju?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Diundang ke Nikahan Mantan, Datang Nggak Yah? Coba Cek Dulu 10 Kondisi Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar