Efek Negatif Kebanyakan Ngikutin Postingan Para Seleb dan Influencer Medsos yang Nggak Kamu Sadari

Photo credit: hellogiggles

Efek Negatif Kebanyakan Ngikutin Postingan Para Seleb dan Influencer Medsos yang Nggak Kamu Sadari

294
Kamu follow akun media sosial idolamu dan seringstalking foto atau videonya? Tanpa kamu sadari, ada efek negatif yang ternyata kamu dapatkan dari influencer media sosial atau seleb kesayangan kamu.

Mempunyai seseorang yang dapat kamu jadikan motivasi atau panutan untuk hidup memang penting. Selain kisah-kisah perjuangan hidup mereka dan bakat yang dimiliki mereka membuatmu mengidolakan bahkan sampai meniru kebiasaan mereka tanpa kamu sadari. Kebiasaan mereka yang biasanya kamu tiru seperti gaya bahasa yang digunakan, gaya berpakaian, sampai pada kebiasaan mengumbar aib teman sendiri.

Tidak ada yang salah apabila kebiasaan-kebiasaan negatif mereka hanya kamu amati lewat media sosialnya saja, tidak untuk kamu tiru. Kamu yang sudah menginjak masa dewasa ini pasti tahu kan mana yang positif dan negatif? Kamu follow akun media sosial idolamu dan sering stalking foto atau videonya? Tanpa kamu sadari, ada efek negatif yang ternyata kamu dapatkan dari influencer media sosial atau seleb kesayangan kamu lho.


Omongan yang kasar

Photo credit: Youtube

Tidak sedikit selebgram yang kamu ikuti di Instagram dalam Instagram Story-nya mengeluarkan kata-kata yang kasar, bahkan ketika sedang berbicara dengan temannya. Penyebutan kata-kata kasar seperti menyebut beberapa nama hewan sampai alat kelamin ini sebaiknya tidak kamu contoh ya, Sahabat Trivia. Kalau kamu terbiasa dengan omongan kasarmu, bisa saja tanpa sadar kamu mengeluarkan kata-kata tersebut ketika sedang berbicara ke guru dan orangtuamu. Bahaya deh!


“Ini drama season yang ke berapa deh?”

Photo credit: Tumblr

Drama yang dimaksud bukan serial drama Korea ya, drama disini mengenai sesuatu hal yang terlalu di lebih-lebihkan oleh selebritis atau selebgram. Tidak heran kalau haters mereka memberikan komentar pedas seperti “Ah kebanyakan drama!”, “Ini drama season yang ke berapa deh?”, “Pasti pura-pura tuh, kebanyakan drama”, dan lainnya. Tanpa kamu sadari, kamu juga bisa menciptakan drama di kehidupan kamu yang tujuannya untuk menarik perhatian gebetanmu, temanmu, atau pengikutmu di media sosial. Duh, jangan dibuat drama deh, Sahabat Trivia. Masih banyak kegiatan lain yang lebih berfaedah loh!


Ketika masalah itu datang, satu-dua aib tersebar

Photo credit: ahchealthenews

Pernah tidak sih melihat pertengkaran yang terjadi antara selebritis atau selebgram satu sama lain? Kamu sebagai penggemar dari salah satu mereka mungkin membela idola kesayangmu atau hanya menyimak pertengkaran online yang terjadi di media sosial. Entah mereka bertengkar disebabkan oleh hal kecil atau besar. Tidak jarang kamu temukan salah satu dari mereka justru mengumbar aib lawannya. Hal ini dapat berdampak buruk ke kamu dan pengikut-pengikut mereka di media sosial. Bukannya lebih baik masalah tersebut diselesaikan secara jalur pribadi tanpa harus mengumbar aib seseorang? Dan lebih enak kan kalau masalahmu diselesaikan secara langsung.


Gaya berpakaian yang terbuka

Photo credit: Pinterest

Selebritis tanah air maupun selebgram memang seringkali mengundang perhatian penggemar dan orang sekitarnya dengan cara berpakaian mereka. Tidak heran kalau pengikut mereka juga mengikuti gaya berpakainnya. Gaya berpakaian mereka tidak jarang menuai kontroversi juga. Misalkan, salah satu selebritis atau selebgram yang mengupload foto mereka menggunakan bikini. Banyaknya pengikut mereka biasanya meninggalkan sebagian komentar yang mendukung dan sebagian lagi yang tidak mendukung, tidak jarang pula mereka menerima komentar yang melecehkan.

Perlu diingat Sahabat Trivia, budaya kita berbeda dengan budaya luar, dan masih banyak yang “kaget” kalau melihat sesuatu yang terbuka. Kamu memang tidak dilarang untuk memposting atau memakai pakaian yang cukup terbuka, namun pikir-pikir lagi deh. Takutnya pelaku pelecehan seksual bisa mengincarmu.


Hedonisme

Photo credit: Shutterstock

Seringkali konten video selebritis maupun selebgram dipenuhi dengan kehidupan mereka yang serba ada dan selalu bahagia membuatmu iri, bukan? Pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan merupakan definisi dari hedonisme. Cara tersebut misalnya dengan pergi ke diskotik, berbelanja suatu barang secara berlebihan, atau lebih mudahnya dikatakan buang-buang uang.

Sahabat Trivia, sebenarnya untuk mendapatkan kebahagiaan dan melupakan kesedihanmu bisa dilakukan tanpa harus menghabiskan banyak uangmu kok. Paling mudahnya adalah kamu curhat ke sahabat atau keluargamu, berjalan-jalan ke taman dekat rumahmu, atau menonton film. Sayang bukan uangmu? Mendingan kamu tabung uangmu buat membeli sesuatu yang benar-benar sedang kamu butuhkan dan menunjang kegiatan atau kariermu.


Show off yang berlebihan

Photo credit: recesslv

Tergiurnya kamu dengan foto barang-barang mewah, keliling dunia, dan selalu makan makanan yang enak dari para selebritis maupun selebgram ternyata bisa menimbulkan efek negatif tanpa kamu sadari loh. Kalau mereka sudah bisa menghasilkan uang sendiri lewat kariernya, sementara kamu yang masih bergantung pada orang tua sebaiknya jangan membeli sesuatu yang melampaui batasmu deh. Nggak apa-apa sih kalau kamu membelinya dari usaha tabunganmu, tapi kalau harus memaksa meminta uang ke orangtuamu demi terlihat “wah” di sosial media? Coba kamu pikir-pikir lagi betapa kerja kerasnya mereka untuk menghidupi keluargamu.


Mabuk-mabukan

Photo credit: forlitoday

Beberapa selebgram mengupload foto atau video yang menunjukkan mereka sedang meminum minuman beralkohol. Mungkin tanpa kamu sadari, apa yang mereka konsumsi membuatmu tertarik dan ikutan mengonsumsi minuman yang sama, salah satunya alkohol ini. Bahkan beberapa video mereka terlihat mereka bersama teman-temannya minum sampai keadaan mabuk. Kamu yang menilai hal ini keren dan kekinian, pada akhirnya meniru perbuatan mereka. Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi minuman beralkohol atau lebih baik tidak sama sekali karena untuk ke depannya akan berdampak buruk bagi kesehatanmu.


The most dangerous, drugs

Photo credit: cnn

Seorang selebritis menjalani pekerjaannya menguras waktu yang sangat banyak. Jadwal shooting film dan sinetron, berada diatas panggung, tampil di acara talkshow dan kesibukan lainnya membuat si selebritis ini harus tetap terlihat fresh, ceria, dan mempunyai daya tahan tubuh yang tinggi. Beberapa selebritis pada akhirnya harus terjerumus pada obat terlarang alias narkoba. Alasan mereka menggunakan narkoba adalah agar tetap bisa tampil fresh dihadapan publik dan untuk membuat tubuh mereka tidak mudah lelah. Tidak sedikit pula penggunaan narkoba untuk mendapatkan rasa senang yang lebih sehingga membuat kesedihanmu terlupakan, dan tanpa kamu sadari, kamu juga terjerumus dalam narkoba. Sahabat Trivia, kamu harus benar-benar menolak yang satu ini, di samping narkoba hanya memberimu ketenangan dan kebahagiaan yang sifatnya sementara saja, tubuhmu perlahan akan rusak oleh narkoba.

BACA JUGA


Fans Berat Bruno Mars, Michelle Obama Dapat Kejutan Ini dari Sang Idola. Sweet Banget!

Fans Berat Bruno Mars, Michelle Obama Dapat Kejutan Ini dari Sang Idola. Sweet Banget!

Lama mengidolakan Bruno Mars, akhirnya Michelle Obama dapat kejutan ini. Manis banget deh fans dan idolanya ini

Read more..

Tidak dilarang untuk kamu mengidolakan siapapun, tirulah mereka yang memberikan dampak positif dan jadikan pelajaran bagi mereka yang memberikan dampak negatif, bukan untuk ditiru. Jadilah penggemar yang pintar ya, Sahabat Trivia! Carilah juga idola yang banyak memberikan efek positif pada hidupmu!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Efek Negatif Kebanyakan Ngikutin Postingan Para Seleb dan Influencer Medsos yang Nggak Kamu Sadari". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Umara | @nadiaumara

Silahkan login untuk memberi komentar