Fakta-Fakta Menarik tentang Buah Apel. Bahkan Ada yang Pakai Buah Ini Buat Minta Maaf, Loh!

Image source: Pinterest

Fakta-Fakta Menarik tentang Buah Apel. Bahkan Ada yang Pakai Buah Ini Buat Minta Maaf, Loh!

522
Buah apel menjadi simbol permintaan maaf di kalangan masyarakat Korea.

Siapa di dunia ini yang tidak tahu buah apel? Kita mendapatinya di pasar sampai swalayan besar. Kita memakannya dalam keseharian baik secara langsung, sebagai jus, maupun olahan kue yang manis. Kita bahkan mendengar namanya di pelajaran sekolah yang menyebutkan bahwa buah ini menginspirasi teori gravitasi bumi yang dicetuskan oleh Albert Einstein. Namun demikian, seberapa jauh kamu tahu tentang buah yang memiliki beragam varietas ini? Nah, ketahui fakta-fakta menarik tentang buah apel di sini, yuk!


1. Apel sebenarnya merupakan anggota keluarga mawar

Image source: Pixabay

Bersama pir, aprikot, ceri, plum, dan raspberi, apel adalah anggota keluarga tumbuhan Rosaceae. Jadi, buah ini masih punya hubungan kerabat dengan bunga mawar.


2. Terdapat hari khusus untuk merayakan pohon apel

Image source: The Spruce

Setiap tahun di bulan Januari hari ke-6, terdapat perayaan bernama Apple Tree Day yang juga disebut dengan Put a Doctor Out of Busineness Day karena buah ini kaya manfaat buat kesehatan. Pada sejarahnya, Hari Pohon Apel ini mulanya diperuntukkan untuk merayakan sebuah pohon apel tua yang usianya mencapai dua abad, kemudian berkembang menjadi hari perayaan apel itu sendiri


3. Buah klasik yang sering muncul dalam sastra dan cerita dewa-dewa

Image source: real dream

Selain dipercaya sebagai buah terlarang yang dimakan Hawa, banyak mitologi dan sastra yang melibatkan buah apel. Kamu tentu tidak asing dengan kisah Snow White aka Putri Salju yang diracun penyihir melalui perantara buah apel. Kemudian, ada pula idiom yang berbunyi apple of my eyes dalam perbendaharaan kata bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai "jantung hati". Lalu, dalam mitologi Yunani, Dewi Eris melempar buah apel emas bertuliskan "untuk yang tercantik" pada sebuah pesta sehingga menjadi rebutan para dewi dan memicu terjadinya perang Troya.


4. Permainan bobbing for apples

Image source: Irish Mirror

Tahukah kamu bahwa 25 persen buah apel terdiri dari air? Itulah mengapa mereka mengapung dan bukannya tenggelam ketika tercebur ke dalam air. Fakta ini dimanfaatkan untuk permainan bobbing for apples yang biasa dilakukan saat Halloween. Permainan ini mengharuskan pesertanya untuk mengambil sebanyak mungkin apel yang mengapung dalam bak air hanya dengan menggunakan mulut. Bayangkan jika apel ini tenggelam, lalu peserta harus ikut menyelam ke dalam air dan jadi kesulitan bernapas, kan?


5. Perkebunan apel jadi daya tarik wisatawan

Image source: NY Daily News

Sebut saja di Malang, terdapat agrowisata yang mana kamu bisa petik sendiri apel langsung dari pohonnya. Kalau mau mencicipi sensasi memetik buah apel di luar negeri, coba saja negara-negara penghasil apel terbesar dunia, seperti Amerika, Turki, Italia, dan Polandia.


6. Phobia apel

Image source: Baltana

Ada-ada saja ketakutan umat manusia. Salah satunya rasa takut terhadap apel, tak peduli seberapa nikmat dan memikat bentuknya. Phobia ini kemudian disebut dengan malusdomesticaphobia. Malus domestica merupakan nama ilmiah untuk pohon apel orchard.


7. Memberikan apel merupakan cara minta maaf ala orang Korea

Image source: Dramabeans

Kebiasaan unik ini kerap muncul dalam drama Korea. Tilik saja di drama Because This Is My First Life, ketika Soo-ji memberikan apel pada Ho-rang yang sedang bersama Ji-Ho. Ho-rang pun menerima buat apel tersebut sebagai ungkapan permintaan maaf dari Soo-Ji yang sebelumnya telah berbuat jahat dan berkata kasar kepadanya. Semenjak peristiwa apel tersebut ketiganya menjadi teman akrab.

Dalam bahasa Korea, kata apel dan minta maaf (apology) ternyata memiliki kata yang sama yaitu sa-gwa. Itulah mengapa apel menjadi simbol permintaan maaf. Idol Korea dalam kehidupan nyata juga kerap menggunakan cara ini untuk minta maaf. Misalnya, tahun 2010, Shindong Super Junior minta maaf pada IU karena menyela kata sambutan aktris bertubuh mungil ini pada pidatonya di ajang penghargaan Inkigayo. Lalu, tahun 2012, Gary membagikan jus apel saat syuting Running Man untuk minta maaf karena dirinya pernah ngambek dan ingin keluar dari tim reality show tersebut.

BACA JUGA


Ditemukan Buah Durian Raksasa yang Bisa Bikin Kamu Melongo! Deretan Buah-Buahan Ini Juga Ukurannya Super Gede, Loh!

Ditemukan Buah Durian Raksasa yang Bisa Bikin Kamu Melongo! Deretan Buah-Buahan Ini Juga Ukurannya Super Gede, Loh!

Ternyata baru-baru ini pecinta durian dibuat heboh karena ditemukannya buah durian raksasa. Diperkirakan ukuran durian ini mencapai 1,5 ...

Read more..

Nah, kalau kamu mau minta maaf pada teman penggemar K-Pop dan drama Korea, coba beri dia apel, deh! Fakta nomor berapa yang baru banget buat kamu, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fakta-Fakta Menarik tentang Buah Apel. Bahkan Ada yang Pakai Buah Ini Buat Minta Maaf, Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Silahkan login untuk memberi komentar