Fakta-Fakta tentang Kartini. Yuk, Kenal Lebih Dekat Lagi dengan Sosok Pahlawan Emansipasi Wanita Ini

photo credit: harian.analisadaily

Fakta-Fakta tentang Kartini. Yuk, Kenal Lebih Dekat Lagi dengan Sosok Pahlawan Emansipasi Wanita Ini

2.5K
Peringatan hari Kartini di setiap tanggal 21 April jangan hanya kamu jadikan sebagai momentum saja. Cari tahu juga tentang siapa dan fakta-fakta dari seorang Kartini.

Dari sekian banyaknya sosok pahlawan perempuan yang ada di Indonesia, Kartini dipilih sebagai simbol dari emansipasi wanita dan juga keseteraan untuk bisa mendapatkan hak yang sama dengan kaum laki-laki. Begitu banyak kisah hidup Kartini yang menginspirasi, pemikiran-pemikirannya juga berhasil menggebrak dan menarik perhatian.

Sebagai perempuan masa kini, sudah saatnya kita bisa melakukan banyak hal yang bermanfaat karena zaman sudah memudahkan semuanya. Jangan mau kalah dong dengan Kartini, beliau semangat melakukan berbagai macam perubahan di saat banyaknya keterbatasan. Peringatan Hari Kartini di setiap tanggal 21 April jangan hanya kamu jadikan sebagai momentum saja. Coba yuk cari tahu lebih dalam mengenai fakta-fakta tentang Kartini. Tentunya semakin banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dan ini akan berguna untuk kamu juga kan, Sahabat Trivia.

Sebagai salah satu bentuk kita memperingati Hari Kartini, baca 5 fakta tentang Kartini yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat kamu. Yuk, kepoin!


1. Ternyata, Kartini fasih berbahasa Belanda lho!

photo credit: Kompasiana

Pemilik nama lengkap Raden Ajeng Kartini, dulunya hanya mengenyam bangku pendidikan dasar sekolah anak-anak Belanda. Meskipun begitu, berkat kecerdasannya siapa yang menyangka, ternyata dirinya sangat menguasai tata bahasa Belanda dengan sangat baik. Bahkan, orang-orang Belandanya sendiri pun merasa sangat kagum kepada dirinya. Surat-surat yang ia tulis dengan bahasa Belanda banyak yang meragukan jika itu ditulis oleh dirinya karena itu tertulis seperti orang Belanda asli yang menulisnya. Namun, semua keraguan itu terbantahkan. Kartini memang pandai berbahasa Belanda dan menurut penelitian, surat itu memang ditulis oleh Kartini.

Hal ini bisa sekali untuk kita tiru, Sahabat Trivia. Meskipun kita sendiri tetap harus mencintai bahasa asal kita, tidak ada salahnya untuk belajar bahasa-bahasa asing lainnya. Karena itu bisa kita gunakan sebagai skill yang bisa kita jadikan kelebihan untuk bisa bersaing di zaman yang persaingannya semakin maju ini.


2. Seorang perempuan yang suka berbisnis

photo credit: Ghiboo

Siapa bilang hanya laki-laki yang bisa menjadi seorang pebisnis sukses? Lihatlah Kartini, selain dia memperjuangkan emansipasi untuk wanita, ternyata dirinya juga seorang entrpreneur lho, Sahabat Trivia. Dia mendirikan sebuah bengkel ukir kayu untuk para pemuda di daerah Rembang. Di Jepara, bisnis ukiran kayu seperti ini memang sudah menjadi bisnis yang banyak dilakukan oleh orang-orang atau bisa juga dibilang sebagai tulang punggung perekonomian.


3. Buku Kartini awalnya berjudul "Dari Gelap Menuju Terang"

photo credit: Tokopedia

Sebelum akhirnya buku Kartini yang berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang" diterbitkan, judul awalnya ialah "Dari Gelap Menuju Terang". Buku fenomenal ini berisi tentang kumpulan-kumpulan surat dari R.A Kartini yang ia tulis untuk para sahabatnya di Eropa. Buku ini disusun oleh J.H. Abendanon, Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda. Dia adalah salah satu sahabat pena dari Kartini.


4. Dia menolak ritual untuk mencium kaki suami

photo credit: Wawasan Cepat

Sebelum akhirnya dia memutuskan untuk menyetujui permintaan sang ayah untuk menikah dengan pria yang dijodohkan untuknya. Dia menerimanya, dengan berbagai macam syarat, salah satunya ialah agar bisa diperbolehkan mengajar, mendirikan sekolah bagi anak-anak perempuan, dan diperbolehkan untuk bisa mencapai mimpi-mimpinya. Nah, dalam sebuah tradisi pernikahan feodal Jawa, ada momen atau ritual saat sang istri mencium kaki sang suami. Kartini menolak untuk melakukannya, menurutnya itu merupakan salah satu bentuk sebuah penindasan kepada kaum perempuan. Ini bentuk bukti nyata, di tengah masalah yang sedang dihadapinya, Kartini selalu berusaha dan tidak lupa untuk bisa mewujudkan semua mimpi-mimpinya. Nah, kamu juga dong, Sahabat Trivia!


5. Sosok pemberani yang sering mengirimkan surat kepada pemerintahan

photo credit: harian.analisadaily

Perempuan yang wafat pada usia yang cukup muda, yaitu 25 tahun ini memang sejak muda sudah sering menuliskan surat-surat yang ia tujukan kepada pemerintahan Hindia Belanda. Tidak hanya surat-menyurat dengan para sahabatnya, Kartini pun menulis surat protes kepada pemerintahan Hindia Belanda. Dirinya mengusulkan agar bahasa Melayu dan Belanda dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan.

Bahkan, surat pertamanya adalah tentang pengajuan program beasiswa untuk bisa sekolah di Belanda. Permohonan beasiswa itu pun disetujui, lalu Kartini pun meminta pengajuan kembali untuk bisa mendapatkan beasiswa di Batavia. Namun, sangat disayangkan, karena pernikahannya, beasiswa itu pun tidak jadi diberikan kepadanya melainkan kepada seorang pemuda bernama Salim dari Riau.

BACA JUGA


Saya adalah Kartini Hari Ini, yang Punya Mimpi dan Ingin Hidup Berarti. Apakah Kamu Juga?

Saya adalah Kartini Hari Ini, yang Punya Mimpi dan Ingin Hidup Berarti. Apakah Kamu Juga?

Setiap kita adalah Kartini, punya cerita dengan alur dan twist yang otentik, yang hanya bisa disuarakan oleh kita sendiri

Read more..

Dari kisah hidup R.A Kartini kita banyak belajar, untuk mewujudkan sebuah mimpi-mimpi itu jalannya memang tidak pernah mudah. Ada ujian dan proses yang harus dihadapi. Namun, tantangan itulah yang akan membuat kamu semakin kuat dan dekat dengan semua impian yang kamu inginkan. Tetap semangat!






Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fakta-Fakta tentang Kartini. Yuk, Kenal Lebih Dekat Lagi dengan Sosok Pahlawan Emansipasi Wanita Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week