Fenomena Hujan Es Wajar Lho Ternyata. Berikut Penjelasannya!

photo credit: CBC

Fenomena Hujan Es Wajar Lho Ternyata. Berikut Penjelasannya!

2.2K
Malahan, hujan es yang terjadi beberapa hari yang lalu, menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah dapat terlihat ciri-cirinya dan tidak terjadi dengan spontan.

Baru-baru ini warga Jakarta dibuat heboh dan terkejut karena ada hujan es yang mengguyur sebagian wilayah Jakarta, yaitu Jakarta Timur dan Selatan. Wajar saja memang jika banyak yang terkejut karena biasanya hujan turun hanya berupa air dan kali ini turun berupa kristal-kristal es. Banyak juga yang mengaitkan dengan hal-hal yang aneh. Padahal sebenarnya fenomena hujan es ini sangat wajar lho, Sahabat Trivia. Malahan hujan es yang terjadi beberapa hari yang lalu, menurut Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sudah dapat terlihat ciri-cirinya dan tidak terjadi dengan spontan. Biasanya hujan es ini memang terjadi di antara transisi musim kemarau ke hujan atau sebaliknya. Hal ini terjadi akibat penumpukan partikel dalam awan sebelum hujan turun.


Hujan es biasa terjadi pada wilayah yang tropis

photo credit: Jusuf Punya

Jadi, hujan es itu bisa terjadi pada wilayah yang memiliki iklim tropis. Biasa juga terjadi di wilayah yang memiliki lingkungan relatif sejuk dan juga sering hujan. Indonesia termasuk salah satu yang masuk dalam kategorinya. Tidak heran jika di Jakarta pun terjadi hujan es. Waktu normal turunnya hujan es itu sekitar beberapa menit sampai beberapa jam dan tidak menyebabkan kerusakan selama ukurannya tidak terlalu besar.


Sebelum turun hujan es, satu hari sebelumnya akan terasa panas

photo credit: Lifestyle

Tanda-tanda yang biasanya terjadi sebelum hujan es adalah satu hari sebelumanya udara selama satu hari terasa sangat panas juga gerah. Hal ini terjadi karena radiasi matahari yang cukup kuat, kelembapan juga cukup tinggi.


Terjadi karena awan bernama Cumolo Nimbus (CB)

photo credit: IlmuPengetahuan

Awan Cumolo Nimbus (CB) ini biasanya berada di ketinggian 5 km di atas permukaan laut. Jadi, di posisi 5 km di atas permukaan laut ini adalah posisi titik beku dan suhunya mencapai nol derajat celcius. Lalu, awan ini pun naik hingga mencapai 7 sampai 10 km di atas permukaan laut. Jadi, karena awan yang berada di ketinggian yang melebihi batas wajarnya, massa uap air yang dibawa oleh awan ini pun memiliki suhu yang cukup dingin. Suhu yang dingin inilah yang membuat air mengkristal menjadi es.


Angin membawa kristal-kristal es

photo credit: Dakwatuna

Kristal-kristal ini dibawa oleh angin yang berhembus dan membuat satu sama lain saling menempel dan membentuk bongkahan es cukup besar. Sementara itu, jika awan Cumolo Nimbus ini tidak cukup lagi menampung beban bongkahan-bongkahan es tersebut, maka bongkahan es akan jatuh turun ke bumi dan bentuknya seperti hujan es.


Terjadilah hujan es

photo credit: CBC

Selama perjalanannya turun ke bumi, sebagian es harusnya mencair karena suhu di bumi yang semakin hangat akan membuat bongkahan es tersebut cair. Namun, jika bongkahan esnya terlalu besar dan tidak sempat mencair sepenuhnya, maka saat jatuh ke bumi bentuknya pun masih tetap berbentuk es. Nah, inilah yang disebut dengan hujan es.

BACA JUGA


Hujan Es, Hujan Ikan,  Hingga Hujan Darah! Berikut Ini 7 Hujan Teraneh yang Pernah Terjadi di Dunia

Hujan Es, Hujan Ikan, Hingga Hujan Darah! Berikut Ini 7 Hujan Teraneh yang Pernah Terjadi di Dunia

Kalau hujan air sih sudah biasa, tapi apa jadiya kalau terjadi hujan ikan dan darah

Read more..

Sekarang Sahabat Trivia sudah tahu kan bagaimana hujan es terjadi? Mulai sekarang nggak ada lagi kan yang mengaitkan hal-hal aneh dengan fenomena alam yang satu ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Fenomena Hujan Es Wajar Lho Ternyata. Berikut Penjelasannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week