Festival Literasi yang Sayang untuk Dilewatkan Para Pencinta Seni dan Pegiat Literasi di Indonesia!

Photo Credit : instagram/rizkaedmanda

Festival Literasi yang Sayang untuk Dilewatkan Para Pencinta Seni dan Pegiat Literasi di Indonesia!

973
Sering iri dengan negara lain yang punya beragam festival literasi dengan konsep menarik? Ingin ikut serta tapi terkendala biaya? Jangan khawatir, lima festival literasi yang diadakan di Indonesia ini tidak kalah menarik untuk dikunjungi!

Pemerintah Indonesia sedang menggalakan gerakan literasi bagi masyarakatnya. Di bangku sekolah, pemerintah mewajibkan siswa untuk membaca buku non pelajaran sebelum memulai pelajaran di kelas. Selain itu, pemerintah juga berupaya untuk memperbaiki fasilitas perpustakaan dan ruang baca publik guna mendukung gerakan ini.

Di Indonesia sendiri saat ini telah banyak diadakan festival literasi berskala regional maupun internasional dengan konsep unik yang mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya pecinta seni dan pegiat literasi. Konsep yang ditawarkan tidak hanya mengenai aktivitas membaca dan menulis, namun juga dalam tataran seni yang lebih luas. Lima festival literasi ini sayang untuk dilewatkan oleh pecinta seni dan pegiat literasi, simak yuk!


1. Ubud Writers and Readers Festival

Ubud dikenal sebagai salah satu pusat seni dan budaya di Bali. Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) hadir sebagai salah satu festival literasi dan seni bertaraf internasional yang banyak mendatangkan tokoh sastra dan seni dari seluruh penjuru dunia. Tidak hanya itu, UWRF juga memberi kesempatan bagi penulis Indonesia yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengadakan seleksi penulis emerging Indonesia yang dikuratori oleh penulis-penulis senior Indonesia. Tahun 2017 ini penyelenggaraan UWRF memasuki tahun ke-14 dan rencananya akan digelar pada 25-29 Oktober 2017 dengan mengambil tema Origins.


Photo Credit : youthmanual


2. Makassar Internasional Writers Festival

Makassar Internasional Writers Festival (MIWF) merupakan festival literasi pertama dan satu-satunya di Indonesia Timur. Festival ini diselenggarakan oleh Rumata’ Artspace dan tahun ini memasuki tahun ke tujuh. Sama halnya dengan UWRF, penulis yang hadir dalam acara ini tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Tahun ini MIWF akan diselenggarakan pada 17-20 Mei 2017 di Fort Rotterdam Makasar dengan mengambil tema Diversity.


Photo Credit : revi


3. Festival Pembaca Indonesia

Indonesia Readers Festival atau Festival Pembaca Indonesia mulai diadakan pada tahun 2010 oleh Goodreads Indonesia. Festival ini diselenggarakan untuk mewadahi para pecinta buku di Indonesia, sekaligus sebagai sarana meningkatkan minat baca di Indonesia. Tahun 2016 lalu, festival ini digelar pada tanggal 10-11 Desember 2016 di Museum Nasional Jakarta. Pengunjung dapat melakukan berbagai hal di sana, seperti mengikuti workshop, menonton bioskop, serta diselenggarakan Anugerah Pembaca Indonesia sebagai acara puncak festival ini.


Photo Credit : uinjkt

4. Borobudur Writer and Cultural Festival

Borobudur Writer and Cultural Festival (BWCF) yang diadakan oleh Samana Foundation ini bertujuan sebagai wadah pertemuan antar komunitas serta diskusi antar penulis dan pekerja seni. Festival yang mulai berlangsung sejak tahun 2012 ini konsisten mengambil tema kearifan lokal. Tahun 2016 lalu, festival ini mengangkat tema “Setelah 200 Tahun Serat Centhini: Erotisisme & Religiusitas Dalam Kitab-kitab Nusantara”. Belum ada pengumuman resmi untuk pelaksanaan festival BWCF tahun ini, kita tunggu saja, Sahabat Trivia!


Photo Credit : harianjateng


5. MocoSik, Book and Music Festival

Festival yang memadukan buku dan musik ini baru pertama kali digelar di Yogyakarta pada 12-14 Februari 2017 lalu. MocoSik merupakan gabungan dari dua kata yaitu ‘moco’ yang artinya baca dan ‘sik’ yang berarti musik. Berbeda dengan festival kebanyakan, pengunjung wajib membeli tiket berupa buku seharga Rp 50.000 jika ingin menikmati festival ini. Selama tiga hari, panitia acara merancang berbagai kegiatan seperti diskusi dan talkshow, serta menghadirkan artis ibu kota untuk memeriahkan acara ini. Rencananya, festival ini akan menjadi festival tahunan, tertarik untuk datang tahun depan?


Photo Credit : socialmediafeed

BACA JUGA


Hai Kamu Penggemar Buku, Dari 7 Tipe Pembaca di Indonesia Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Hai Kamu Penggemar Buku, Dari 7 Tipe Pembaca di Indonesia Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Walau katanya minat baca di Indonesia masih terbilang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Kamu sebagai penggemar buku, tentu ...

Read more..

Selain kelima festival di atas, masih banyak festival berskala regional maupun internasional lain yang dibuat untuk mendukung budaya literasi yang dicanangkan pemerintah. Bagaimana Sahabat Trivia, festival literasi apa yang ingin kamu kunjungi tahun ini?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Festival Literasi yang Sayang untuk Dilewatkan Para Pencinta Seni dan Pegiat Literasi di Indonesia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar