Festival Seni dan Tradisi di Asia Tenggara di Tahun 2017. Catat Tanggalnya dan Bersiaplah untuk Menghadirinya!

holidaysgenius

Festival Seni dan Tradisi di Asia Tenggara di Tahun 2017. Catat Tanggalnya dan Bersiaplah untuk Menghadirinya!

2.8K
Bagi kamu yang gemar traveling, tahun 2017 bisa dibilang tahun penuh keberuntungan karena hampir di setiap bulannya ada long weekend! Tertarik untuk melihat ferstival seni di Asia Tenggara berikut?

Apakah kamu sudah membuat rencana liburan untuk tahun 2017? Tak hanya destinasi wisata yang menarik, ada baiknya kamu mendatangi suatu tempat saat masyarakat setempat mengadakan perayaan budaya. Selain menyuguhkan pemandangan dan pengalaman menarik, kamu juga dapat mempelajari budaya suatu tempat dengan lebih mendalam. Interaksi dengan masyarakat lokal juga akan lebih mudah dibangun. Kamu pun bisa mendapatkan kisah perjalanan yang tak terlupakan.

Berikut ini Trivia sudah merangkum tujuh festival di Asia Tenggara dan tanggal-tanggalnya yang berguna untuk merencanakan liburanmu di tahun 2017!


Tet Nguyen Dan (Vietnam)

Tet Nguyen Dan (Vietnam) - Photo Credit: vietbao
Photo Credit: vietbao

Tanggal: 27 Januari – 2 Februari 2017

Lokasi: Kota-kota besar di Vietnam

Tet Nguyen Dan adalah festival tahun baru yang diadakan di Vietnam. Penduduk Vietnam percaya bahwa pada festival ini, arwah para leluhur kembali ke bumi dan merayakan bersama mereka. Selain itu, Tet Nguyen Dan adalah perayaan ulang tahun masal bagi penduduk Vietnam karena mereka menghitung usia berdasarkan tahun lahir tanpa mempedulikan tanggal lahir setiap individu. Festival ini dimeriahkan dengan adanya parade dan pertunjukkan di jalanan kota-kota besar di Vietnam.


Songkran Festival (Thailand)

Songkran Festival (Thailand) - Photo Credit: Holidaysgenius
Photo Credit: Holidaysgenius

Tanggal: 13-16 April 2017

Lokasi: Bangkok atau Chiang Mai

Songkran Festival adalah festival yang dirayakan di negeri gajah putih, Thailand. Songkran dirayakan untuk memperingati Tahun Baru  umat Buddha . Festival ini sangat seru dan terbukti mampu menarik perhatian turis-turis dari berbagai belahan dunia. Orang-orang akan turun ke jalan dan melakukan ‘perang’ air dimana mereka akan menembakkan senapan air atau menyiramkan air dari ember kepada satu sama lain. ‘Perang’ air ini melambangkan penyucian diri di mana orang-orang membersihkan diri untuk memulai awal baru di tahun yang baru.


Boun Ban Fai Rocket (Laos)

Boun Ban Fai Rocket (Laos) - Photo Credit: Event-carnival
Photo Credit: Event-carnival

Tanggal: 5-9 Mei 2017

Lokasi: Desa di sekitar ibukota Vientiane seperti Nason, Natham, Thongmang, Kern, Pakhanhoung, dan lain-lain

Sesuai namanya, festival ini adalah festival roket yang diadakan di desa-desa di hampir seluruh Laos. Dalam festival ini, orang-orang akan membuat roket besar warna-warni yang akan ditembakkan ke angkasa. Pemilik roket yang meluncur paling tinggi akan mendapatkan hadiah. Festival ini dirayakan di awal musim hujan di Laos untuk menghormati Dewa Hujan yang bernama Phaya Thaen agar hujan turun dan panen dilancarkan. Sebagai pengunjung, kamu dapat menikmati berbagai makanan tradisional yang disajikan. Kamu juga dapat menyaksikan pertunjukkan tari yang ditampilkan. 


Festival Lentera, Candi Borobudur (Indonesia)

Festival Lentera, Candi Borobudur (Indonesia) - Photo Credit: Yogya-backpacker
Photo Credit: Yogya-backpacker

Tanggal: 11 Mei 2017 (dini hari)

Lokasi: Candi Borobudur, Jawa Tengah, Indonesia

Bertepatan dengan Hari Raya Waisak, Festival Lentera diadakan sebagai salah satu dari rangkaian kegiatan memperingati kelahiran, pencerahan, dan kematian Sang Buddha Sidharta Gautama. Banyak umat Buddha dari berbagai daerah datang dan berkumpul di Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha terbesar di dunia untuk melakukan doa, ritual, dan meditasi. Setelah berdoa dan bermeditasi, mereka akan melepaskan lentera kertas ke angkasa sebagai lambang melepaskan amarah, hawa nafsu, dan energi negatif lainnya. Meski sangat erat kaitannya dengan upacara keagamaan, turis dipersilakan untuk menghadiri dan turut serta dalam Festival Lentera ini. 


Festival Panen Padi, Bali (Indonesia

Festival Panen Padi, Bali (Indonesia - Photo Credit: Zoombali
Photo Credit: Zoombali

Tanggal: 1 Mei – 30 Juni 2017

Lokasi: Bali, Indonesia

Festival Panen Padi dirayakan setiap tahunnya oleh masyarakat Bali untuk menghormati dewi padi, yakni Dewi Sri. Salah satu kegiatan yang menarik adalah balap kerbau atau biasa disebut Makepung. Festival ini merupakan hasil akulturasi dengan pendatang dari Madura dan biasanya diadakan di daerah Jembrana, Bali. 


Bon Om Tuk atau Dragon Boat Races (Kamboja)

Bon Om Tuk Atau Dragon Boat Races (Kamboja) - Photo Credit: Stowawaymag
Photo Credit: Stowawaymag

Tanggal: 3-5 November 2017

Lokasi: Sungai Tonle Sap, Phnom Penh, Kamboja

Bon Om Tuk atau Festival Kapal Naga diadakan di akhir musim hujan untuk menyambut datangnya musim kemarau di Kamboja. Selain balapan Kapal Naga, festival ini juga dimeriahkan dengan parade, pertunjukkan kebudayaan, serta pesta kembang api. Festival ini dilakukan sekaligus untuk menjaga tradisi yang sudah ada sejak abad ke-12.


Loi Krathong (Thailand)

Loi Krathong (Thailand) - Photo Credit: BookThailandNow
Photo Credit: BookThailandNow

Tanggal: 4 November 2017

Lokasi: berbagai kota di Thailand seperti Chiang Mai, Ayutthaya, dan Sukhothai

Festival Loi Krathong adalah festival yang sangat memukau sehingga sayang dilewatkan apabila kamu mengunjungi Thailand pada bulan November. Dalam festival ini, angkasa akan berhiaskan cahaya kerlap-kerlip. Orang-orang menyalakan lilin yang diletakkan di kapal kecil dari daun pisang (yang disebut krathong), mengisinya dengan sesajian, dan menerbangkan dengan lentera kertas secara bersamaan ke angkasa.  Selain itu, kapal-kapal kecil berisi lilin dan sesaji itu juga akan dihanyutkan di sungai dan danau. Festival ini bertujuan untuk mengajarkan manusia untuk ikhlas,  melepaskan kesengsaraan di masa lalu, dan menyongsong masa depan yang lebih baik. Bagi penggemar fotografi, festival ini akan sangat memanjakan kamu.


Itulah beberapa festival seni di Asia Tenggara yang bisa kamu hadiri di tahun ini. Jadi, tak ada salahnya kan memasukkan acara-acara tadi ke agenda liburanmu?

BACA JUGA


Ingin Berwisata ke Jogja? Catat 7 Event Budaya Berikut di Rencana Traveling-mu Tahun Depan!

Ingin Berwisata ke Jogja? Catat 7 Event Budaya Berikut di Rencana Traveling-mu Tahun Depan!

Jogja merupakan salah satu kota yang tidak boleh kamu lewatkan saat traveling. Tak hanya destinasi wisata, event budaya Jogja ini mampu ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Festival Seni dan Tradisi di Asia Tenggara di Tahun 2017. Catat Tanggalnya dan Bersiaplah untuk Menghadirinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yoana WK | @YoanaWida

In love with stars, sea, and woods. Addicted to exchange currency with experience. Full time traveler, part time social worker. Follow my journey on Instagram: yoana.widkris

Silahkan login untuk memberi komentar